Ingin Kerja Di Rumah? Kamu Bisa Coba Peluang Usaha Online Ini

0
601

Memiliki pekerjaan merupakan impian semua orang. Namun, rasa bosan bisa saja muncul jika melakukan rutinitas yang sama tiap harinya atau dengan pekerjaan yang sama. Selain itu, pekerjaan yang telah lama dikerjakan juga bisa menciptakan rasa malas. Akan tetapi, kondisi-kondisi itu hanya tercipta apabila kurang mensyukuri apa yang telah dimiliki.

Bekerja bisa menjadi hal yang menyenangkan, jika itu sesuai dengan apa yang diinginkan. Memang menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita atau passion, bukanlah perkara yang mudah, tetapi kamu bisa mencobanya dengan membuka usaha.

Dengan membuka usaha, tentu kamu bisa membuat suatu usaha yang sesuai dengan keinginan. Semua hal yang berawal dari keinginan, maka bisa dijalani dengan hati yang ikhlas dan maksimal. Semua akan dilakukan tanpa paksaan dan melakukan suatu hal tanpa paksaan pasti akan memperoleh hasil yang terbaik.

Cara mengetahui passion diri sendiri

Berbicara mengenai keinginan atau passion, maka ini bukan termasuk dalam perkara yang sulit. Tetapi tidak sedikit orang yang belum mengetahui passion dirinya. Padahal untuk mengetahui hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Kamu dapat mengetahui kegemaranmu pada suatu hal atau passion, yaitu dengan cara membandingkan kegiatan mana yang kamu lakukan sampai kamu lupa waktu, lupa makan, dan kamu sangat serius mengerjakan hal itu. Bahkan dalam kondisi lelah pun, kamu tetap memaksakan dirimu untuk melakukannya. Berarti itulah yang kamu cari selama ini.

Awali Bisnis Modal Kecil dari Passionmu

Jika kamu sudah menemukannya, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus menentukan bisnis apa yang sejalan dengan hal itu, misalnya saja kamu sangat menggemari kegiatan membuat kerajinan tangan dari kayu, maka kamu bisa menjadikan passion-mu itu menjadi usahamu, tetapi usahakan unik atau beda dari yang lainnya.

Bukan rahasia umum lagi jika kerajinan tangan identik dengan keindahannya saja, tetapi cobalah kerajinan tangan tersebut juga memiliki nilai fungsi. Misalnya saja, kamu membuat casing HP dari kayu.

Baca Juga :  Cara Memilih Dan Contoh Usaha Sampingan Yang Cocok Bagi Karyawan

Bisnis di Rumah Jauh Lebih Menyenangkan

Tentunya, ketika mengerjakan kerajinan tangan ataupun passion-mu, maka yang paling nyaman adalah di rumah sendiri. Tetapi, jika ternyata passion-mu di dunia olahraga, maka ini lain cerita. Kondisi ini khusus untuk kegemaran yang sering dilakukan di rumah.

Dengan demikian, melakukan usaha di rumah sesuai merupakan hal yang harus kamu perjuangkan, karena kebanyakan orang mendambakan memiliki usaha di rumah. Dengan melakukan kegiatan usaha di rumah, maka segalanya akan terasa lebih mudah.

Melakukan usaha dirumah akan membuatmu memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga. Selain itu, kamu juga dapat menghemat pengeluaranmu, terutama untuk transportasi dan makanan. Banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan, jika kamu menjalankan usahamu di rumah.

Cara Memasarkan Produk

Untuk memasarkan produk dari usahamu, maka kamu harus benar-benar mengetahui cara memanfaatkan internet. Hal ini mengharuskan kamu untuk mencari peluang usaha online yang dapat mendukung penjualan produkmu.

Banyak sekali peluang usaha online yang dapat kamu lakukan, jadi kamu tidak perlu khawatir, karena dengan  mengkombinasikan internet dan produk hasil karyamu, maka kamu bisa menghemat banyak biaya dan tentunya kamu dapat mengerjakan semuanya di rumah. Lantas apa saja usaha online yang dapat kamu lakukan? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Membuka toko online

Saat ini, harga domain dan hosting sangat murah. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga minimal Rp. 300.000 per tahunnya. Ini adalah harga yang sangat murah jika kamu ingin membuat toko online dengan domain sendiri.

Paket ini sangat cocok, jika kamu menjadikan toko online tersebut hanya sebagai display produk. Jika ingin melakukan pemesanan, maka pembeli harus menghubungi mu langsung melalui aplikasi percakapan, seperti WhatsApp ataupun media sosial.

Namun jika kamu memang ingin benar-benar memfungsikan toko online tersebut selayaknya toko online yang seharusnya, yaitu dapat melakukan transaksi, maka kamu harus menyediakan modal yang jauh lebih banyak.

Baca Juga :  Apakah Bisnis Online Via HP ini Sangat Cocok untuk Pemula dan Menjanjikan? Inilah Jawabannya!

Untuk menciptakan toko online yang berjalan sesuai dengan funginya serta berjalan dengan baik, maka kamu membutuhkan hosting berupa VPS atau Virtual Private Server yang di mana harganya bisa mencapai 5 kali lipat daripada paket hosting biasa atau lebih dikenal dengan shared hosting.

Perawatan VPS juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dengan demikian dibutuhkan admin untuk mengelolanya, termasuk mengelola toko onlinemu. Teatpi, jika kamu ingin mengelolanya sendiri, maka kamu harus mempelajari banyak hal mulai dari pengaturan website, VPS, update konten dan masih banyak lainnya.

2. Gabung ke marketplace

Banyak orang yang salah mengartikan, antara toko online dengan marketplace. Kamu harus tahu, marketplace sebenarnya adalah kumpulan dari beberapa toko online yang tergabung dalam suatu wadah (situs). Jika dianalogikan, maka hal ini sama halnya dengan pasar, dimana di pasar itu ada kios-kios kecil.

Jika kamu gabung ke marketplace, maka kamu tidak membutuhkan biaya sedikitpun. Misalnya saja bergabung di Tokopedia dan Bukalapak yang di mana kita tahu bahwa kedua marketplace tersebut menjadi dua terbesar di Indonesia saat ini.

Jika ternyata produkmu dapat menarik perhatian pembeli dari negara lain, maka kamu bisa menggunakan Amazon, Alibaba, dan masih banyak lainnya. Namun, tetap saja kamu harus menyediakan uang untuk menjadi premium member, dimana dengan menjadi premium member, kamu akan mendapatkan banyak benefit yang sangat menguntungkanmu. Salah satunya adalah membuat tokomu menjadi lebih terpercaya.

3. Menjadi reseller

Bagi kamu yang ternyata memiliki passion dalam kegiatan jual beli atau pemasaran, seperti menjual barang, maka bisa menjadi pedagang online. Namun, sebelum kamu menjual barang itu, pastikan barang yang dijual itu kamu pahami dengan baik, karena itu akan menjadi nilai lebih bagimu ketika menjelaskannya ke konsumen

Baca Juga :  Inilah Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Cocok untuk Pemula

Peluang usaha online ini lebih dikenal dengan sebutan reseller. Menjadi seorang reseller merupakan perkara yang dapat dikatakan mudah, tetapi dalam prakteknya, membutuhkan kejelian, terutama terkait arus keuangan, misalnya data barang masuk dan barang keluar dan masih banyak lainnya.

Umumnya reseller akan mendapatkan harga yang paling murah dari distributor atau penyedia barang. Dengan demikian, kamu dapat memperoleh untung yang banyak. Selain itu, karena kamu tidak membutuhkan tempat, seperti kios dan hanya memanfaatkan marketplace ataupun membuat toko online, maka keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin tinggi.

Tetapi untuk menentukan barang yang akan kamu jual, tidak hanya harus memahami barang itu, tetapi yang paling penting adalah barang tersebut harus dibutuhkan oleh konsumen, karena tidak jarang para pelaku usaha online ini hanya menjual barang-barang yang sedang trend saja, sehingga ketika trennya menurun maka penjualannya juga menurun.

4. Dropshipper

Dari ketiga peluang usaha online yang telah disebutkan sebelumnya, peluang usaha online yang terakhir ini dapat kamu lakukan tanpa modal. Hal ini dikarenakan kamu cukup menjual barang milik orang lain dan kamu akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang terjual.

Dengan demikian, kemampuan yang harus kamu miliki adalah komunikasi yang baik, sehingga pembeli itu dapat percaya terhadap barang yang kamu jual. Kebutuhan utama dari seorang dropshipper adalah media sosial dan tentunya toko online atau lebih baik bergabung di dalam marketplace.

Agar usaha ini dapat berjalan dengan baik, maka kamu harus rela mengeluarkan modal sedikit untuk melakukan promosi atau lebih  tepatnya adalah menampilkan iklan. Jadi kamu cukup memiliki media sosial, seperti Facebook dan juga tergabung dalam marketplace lalu pasang iklan seefisien mungkin.

Membuat iklan di Facebook atau menjadi premium member di marketplace harus dilakukan dengan cermat. Iklan di Facebook merupakan media perikalanan yang dapat dibilang cukup baik, selain Google AdSense.