Macam-Macam Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Dan Keuntungan

0
552
bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Siapa yang bilang bahwa mahasiswa tidak bisa berbisnis? Persepsi yang seperti ini salah. Mahasiswa juga bisa berbisnis untuk menambah uang sakunya. Banyak sekali bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Bisnis ini mudah dan bisa dilakukan secara fleksibel. Tidak akan menyita waktu kuliah serta biasanya bisnis ini dilakukan sesuai dengan minat & hobinya.

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa beragam dan semuanya akan menghasilkan uang tambahan. Banyak sekali mahasiswa yang melakukan bisnis ini sebagai awal dari permulaan untuk bekerja sekaligus mencari pengalaman. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak. Yang diperlukan hanya laptop dan handphone saja. Apasih bisnisnya? Berikut bisnis yang cocok untuk mahasiswa:

Macam-Macam Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ada 5 bisnis  yang cocok untuk mahasiswa. Mahasiswa bisa memilih salah satu bisnis untuk dikerjakan atau lebih. Mengapa? Selain tidak memerlukan modal, pekerjaan ini fleksibel, artinya bisa dilakukan dimana dan kapan pun. Sehingga tidak akan membuang  waktu ketika perkuliahan berlangsung. Berikut bisnis yang cocok untuk mahasiswa di era sekarang:

1. Dropshipper Online Shop

Bagi mahasiswa yang menyukai dunia perdagangan bisa melakukan bisnis dropshipper di online shop. Bisnis dropshipper adalah seorang pihak ketiga yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Untuk menjalankan bisnis dropshipper ini diharuskan mencari sebuah online shop yang terpercaya dan memiliki dropshipper/ reseller terbanyak. Mengapa? hal ini akan meminimalisir terjadinya penipuan.

Pilih online shop yang menjual barang yang akan dijual. Kemudian pilih dropshipper online shop yang terpercaya. Setelah itu, buat akun instagram sebagai awalan dari penjualan ini. Setelah itu, bergabung dengan e-commerce seperti shopee, lazada dsb. Hal ini akan membuat barang yang dijual lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

2. Freelance Writer 

Bagi mahasiswa yang suka menulis bisa mendaftar sebagai freelance writer/ penulis online. Untuk menjadi freelance writer yang dibutuhkan hanyalah laptop. Selain itu tidak akan menyita waktu perkuliahan. Mengapa? Karena jam kerjanya fleksibel sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mahasiswa bisa mencari informasi ini di internet maupun sosial media.

Baca Juga :  Peluang Usaha Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan freelance writer dalam membuat artikel. Mahasiswa  juga bisa menjadi freelance writer di sebuah website yang menyediakan jasa penulis online. Pilihlah website yang terpercaya dan memiliki penulis online lebih dari satu. Mengapa? Tujuannya adalah  agar  tidak dirugikan atau meminimalisir terjadinya penipuan (fee menulis tidak dibayar).

3. Freelance Graphic Designer

Di era sekarang banyak sekali yang membutuhkan jasa design grafis untuk sebuah bisnis dalam perusahaan. Kebanyakan graphic designer ditekuni oleh para mahasiswa. Freelance Graphic Designer merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Mengapa? Selain tidak menyita waktu perkuliahan, mahasiswa juga bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Asalkan  bisa tepat deadline.

Untuk menjadi freelance graphic designer, harus mahir dalam menggunakan photoshop,  coreldraw, serta adobe illustrator. Ketiga program ini merupakan dasar untuk menjadi freelance graphic designer. Serta ketersediaan laptop pribadi. Cukup mudah bukan? Bagi mahasiswa yang sudah menguasai hal ini bisa mencari informasi mengenai freelance graphic designer di internet dan sosial media.

4. Private Course   

Banyak sekali orang tua yang membutuhkan private course untuk mengajari anaknya yang masih duduk di bangku SD, SMP dan SMA. Bagi para mahasiswa direkomendasikan untuk membuka private course untuk anak SD dan SMP saja. Mengapa? Karena anak SD dan SMP mempunyai materi ajar yang mudah dibandingkan SMA.

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan bisa menjadikan private course sebagai sebuah bisnis. Selain tidak menyita waktu perkuliahan, hal ini juga bisa dijadikan pengalaman dalam mengajar. Mahasiswa bisa membuka private course sendiri dan menawarkan kepada orang terdekat. Mahasiswa juga bisa bergabung dengan aplikasi online yang menyediakan jasa private course.

Baca Juga :  10 Bisnis Menjanjikan Yang Tidak Ada Matinya Serta Kunci Sukses Menjalankan Bisnis

5. Bergabung Dengan Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) atau pemasaran berjenjang bisa menjadi bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ada beberapa bisnis MLM yang memerlukan modal besar dan ada juga bisnis MLM yang memrlukan modal kecil atau tanpa modal sekalipun. Nah, bagi mahasiswa bisa menggeluti bisnis MLM yang tanpa modal ata modal kecil saja.

Bisnis MLM tanpa modal biasanya terdapat di produk kosmetik dan kesehatan, yang biasanya membutuhkan tenaga mahasiswa. Contoh bisnisnya yaitu Oriflame , di mana mahasiswa membutuhkan uang Rp10.000 saja untuk menjadi member MLM. Setelah itu bisa menjual produknya atau merekrut teman menjadi member. Nah, saat itulah  mahasiswa mendapatkan fee beserta bonus.

Kelebihan Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui 5 bisnis yang cocok untuk mahasiswa, selanjutnya yang harus diketahui yaitu kelebihannya. Kelebihan ini akan membuat siapa saja semakin percaya untuk menggeluti bisnis yang telah dipaparkan. Kelebihan ini tentunya akan memberikan keuntungan yang memuaskan serta sesuai fakta bagi mahasiswa. Berikut kelebihan bisnis yang cocok untuk mahasiswa di era ini:

1. Tanpa Modal

Kelima bisnis yang cocok untuk mahasiswa di atas ternyata tanpa modal. Mengapa? Karena yang diperlukan dalam menggeluti bisnis ini bukanlah modal tetapi kemampuan serta keahlian. Bisnis yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian akan membuat seseorang senang dalam menggelutinya. Serta mengharuskan mahasiswa mempunyai relasi yang banyak untuk memudahkan dalam berbisnis.

2. Jam Kerja Fleksibel

Kelima bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini mempunyai jam kerja yang fleksibel. Artinya mahasiswa bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja. Tidak ada batasan waktu untuk mengerjakannya. Namun bagi beberapa bisnis ada yang mengharuskan  tepat deadline dalam mengerjakannya. Dengan adanya jam kerja fleksibel, maka tidak akan mengganggu waktu perkuliahan .

Baca Juga :  Ingin Kerja Di Rumah? Kamu Bisa Coba Peluang Usaha Online Ini

3. Dapat Menambah Uang Jajan

Kelima bisnis ini tentunya akan menghasilkan uang. Sehingga akan membuat uang jajan bertambah banyak. Pekerjaan seperti freelance akan menghasilkan uang sesuai dengan berapa banyak pekerjaan yang sudah diselesaikan dengan baik. Semakin banyak yang sudah dikerjakan maka fee juga semakin besar. Sedangkan dropshipper yang sudah terkenal akan mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Menggunakan Fasilitas Pribadi

Kelebihan bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini adalah mahasiswa bisa menggunakan fasilitas pribadi. Mahasiswa hanya membutuhkan laptop & handphone saja. Penggunaan fasilitas pribadi maka akan memudahkan dalam bekerja. Selain itu akan membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien.  Dengan menggunakan fasilitas pribadi maka membuat pekerjaan bisa dilakukan di mana saja.

5. Tidak mengganggu Waktu Perkuliahan

Bagi mahasiswa yang menggeluti kelima bisnis ini, jangan khawatir dengan waktu perkuliahan. Mahasiswa masih bisa mendapatkan nilai terbaik di perkuliahan sambil melakukan bisnis. Mengapa? Karena bisnis ini bersifat fleksibel sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Oleh karena itu 5 bisnis ini tidak akan mengganggu waktu perkuliahan di kampus.

Nah, itulah informasi mengenai bisnis yang cocok untuk mahasiswa serta kelebihan yang didapatkan. Selain tidak mengganggu waktu kuliah, bisnis ini juga bisa dilakukan tanpa modal. Hal inilah yang membuat kelima bisnis ini sangat cocok dilakukan mahasiswa. Bagi mahasiswa yang ingin menambah uang jajan bisa menggeluti kelima bisnis ini.