Inilah Manfaat Dan Tujuan Serta Bentuk Dari Pemasaran Langsung

0
1196
Pemasaran Langsung

Dalam menjalankan suatu bisnis, perusahaan tentunya membutuhkan sebuah pemasaran sehingga produk dapat dikenal luas. Pemasaran memiliki banyak macamnya, namun yang paling sering dipakai adalah pemasaran langsung. Dimana pemasaran ini akan membuat pihak yang menjual turun langsung dalam menawarkan produk.

Namun pemasaran langsung tidaklah hanya sekedar melakukannya saja, harus memahami bentuknya juga. Sehingga dalam menjalankan bisnis akan banyak ragam cara pemasaran yang dapat coba dilakukan. Tentunya semua itu karena pemasaran ini memiliki manfaat dan tujuan yang ingin dicapai.

Manfaat Dan Tujuan Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung tentunya memiliki manfaat dan tujuannya, sehingga semua hal yang dilakukan merupakan wujud untuk memajukan bisnis. Dengan memahami kedua hal tersebut, akan membuat pemasaran semakin terarah dan tidak melupakan latar belakang dari bisnis itu dijalankan. Berikut manfaat dan tujuan pemasaran ini yang wajib diketahui:

1. Manfaat Pemasaran Langsung

Manfaat pemasaran langsung memiliki beberapa kriteria, sehingga pemasaran yang dilakukan terpaparkan arah tujuannya dengan benar. Berikut manfaat pemasaran ini:

a. Bagi Penjual

Tentunya manfaat pemasaran langsung yang utama adalah bagi penjual. Dimana dengan melakukan pemasaran akan menemukan metode efektif serta yang paling minim modal. Selain itu, tanggapan akan bisa dirasakan sehingga penjual akan mengetahui manakah cara promosi yang paling benar. Bagi penjual pemasaran ini dapat juga mengatur saat yang tepat untuk menarik calon konsumen.

b. Bagi Konsumen Eceran

Tentunya selain bagi penjual, manfaat dari pemasaran langsung juga bisa dirasakan oleh konsumen, yaitu konsumen eceran. Dimana akan mempermudah proses pembelian yang dapat menghemat waktu. Selain itu, tersedia pula katalog yang dapat dijadikan perantara konsumen untuk bebas melihat dan memilih produk yang diinginkan.

c. Bagi Konsumen Grosir

Selain eceran tentu saja konsumen grosiran juga akan menerima manfaat dari pemasaran langsung. Dimana harga yang akan diberikan jelas lebih murah karena pemesanan dalam jumlah besar, selain itu akan ada proses tawar menawar yang tidak dilihat oleh banyak orang seperti di pasar.

Baca Juga :  7 Bisnis Makanan Paling Laris

2. Tujuan Pemasaran Langsung

Selain manfaat tentunya pemasaran langsung juga memiliki tujuan yang melandasinya. Dimana tujuan tersebut agar pemasaran produk yang ditawarkan kepada konsumen dapat dilakukan dengan biaya yang lebih terjangkau. Semua itu karena, pemilik produk menawarkan secara langsung tanpa meminta perantara dari jasa lain.

Bentuk Pemasaran Langsung

Selain manfaat dan tujuan, pemasaran langsung juga memiliki beberapa bentuk yang tersedia. Sehingga pihak penjual akan lebih mudah memilih cara memasarkan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut bentuk pemasaran langsung yang bisa jadi referensi:

1. Pemasaran Tatap Muka

Bentuk pemasaran langsung yang pertama adalah dengan bertatap muka. Tentunya ini merupakan cara yang dari dulu telah dilakukan, dimana penjual melakukan promosi secara dua arah secara langsung kepada konsumen. Sehingga konsumen akan mengenal produk, serta terbujuk dan akan membeli produk.

Dimana pemasaran tatap muka ini akan mampu membuat konsumen merasa memerlukan produk yang ditawarkan serta merasa harga yang diberikan sudah merupakan harga yang terjangkau. Dengan cara ini, tentunya jawaban akan didapatkan secara langsung dalam waktu bersamaan.

2. Pemasaran Jarak Jauh

Pemasaran langsung juga dapat dilakukan dengan jarak jauh, dimana penjual akan mempromosikan produknya melalui telepon. Dengan cara ini perusahaan tidak perlu repot-repot datang menemui konsumen seperti pemasaran tatap muka. Tentunya dengan cara ini akan lebih mempermudah proses serta menghemat waktu promosi yang tentunya juga mampu mengurangi dana.

Dimana biasanya cara pemasaran ini dilakukan kepada pelanggan tetap yang sudah biasa membeli produk dari perusahaan penjual. Pemasaran jarak jauh ini akan membuat perusahaan mampu menaiki pemasukan sekaligus meningkatkan kepuasan dari konsumen.

3. Pemasaran Melalui Surat Langsung

Selain melalui telepon jarak jauh, pemasaran langsung juga dapat dilakukan melalui surat langsung. Sampai saat ini penggunaan surat masihlah dianggap efektif karena sarat akan kesopanan. Didalam surat akan ada penawaran produk, pemberitahuan harga dan potongan serta hal lainnya yang akan membuat konsumen tertarik.

Baca Juga :  Peluang Usaha Minuman, Bisnis Strategis dengan Keuntungan yang Manis¬†

Didalam surat langsung yang akan diberikan kepada calon konsumen dan konsumen tetap bisa juga dilampirkan selembaran seperti brosur, atau hal lainnya mengenai produk yang tersedia dan siap dijual.

4. Pemasaran Melalui Katalog

Semakin majunya teknologi pemasaran langsung dengan melalui katalog tidak hanya dalam bentuk cetakan saja. Namun katalog saat ini juga bisa disediakan dalam bentuk CD, vidio bahkan bisa juga secara online. Saat ini dimana setiap rana kehidupan tidak jauh dari internet, bukan tidak mungkin sebuah katalog dapat dibuat secara online juga.

Dengan melakukan pemasaran melalui katalog, penjual akan memberikan waktu lebih untuk konsumen memikirkan secara matang apa saja yang dibutuhkan dan akan dibeli setelah melihat isi dari katalog. Cara ini sampai sekarang masing dianggap efektif dan mampu menarik minat konsumen dengan baik.

5. Pemasaran Melalui Televisi Yang Menghasilkan Tanggapan Langsung

Pemasaran ini juga dapat dilakukan melalui televisi bahkan tanggapan konsumen dapat diterima langsung juga. Ada dua jenis pemasaran melalui televisi yaitu dengan cara memasang iklan tanggapan langsung. Dimana disela jadwal televisi akan diselipi iklan sekitar beberapa menitan yang akan menawarkan produk. Dimana akan disediakan nomor panggilan bebas pulsa untuk proses pemesannya.

Selain iklan, ada juga cara pemasaran melalui televisi yaitu dengan melalui saluran belanja dari rumah. Dimana saluran televisi memang dengan sengaja dibuat untuk menawarkan suatu produk yang biasanya diberikan dengan tambahan potongan harga ataupun cuci gudang. Dimana akan disediakan nomor panggilan bebas pulsa juga, yang tersambung dengan operator yang akan langsung menangani panggilan masuk untuk pemesanan.

6. Pemasaran Melalui Kios

Sering dijumpai baik di pasar tradisional ataupun modern sebuah kios yang menawarkan suatu produk. Pemasaran ini sudah banyak digunakan saat ini karena dinilai efektif dan mampu menarik pelanggan. Dimana calon pembeli akan diberikan informasi mengenai produk yang dijual sehingga akan timbul rasa tertarik.

Baca Juga :  Bisnis Online Terbaik Yang Layak Digeluti Saat Ini

7. Pemasaran Secara Online

Tentunya pemasaran langsung yang sedang hits saat ini adalah pemasaran secara online. Pemasaran ini akan menghubungkan penjual dan pembeli melalui sistem komputer yang terhubung secara online.

Dimana pemasaran secara online terdiri dari dua cara, yaitu layanan online komersial. Dimana telah ada kerjasama antara penjual dan pembeli, sehingga akan ada informasi serta layanan pemasaran online kepada konsumen yang biayanya akan ditagih setiap bulannya.

Cara berikutnya adalah melalui internet dan cara inilah yang saat ini paling sering digunakan karena segmentasi pasarnya yang luas. Dimana akan ada web yang bisa diakses diseluruh komputer didunia, yang berisi mengenai berbagai informasi mengenai produk. Bahkan pelanggan dengan pelanggan lainnya disediakan kolom untuk saling berkomentar dan berinteraksi memberikan masukan.

Itulah manfaat dan tujuan serta bentuk dari pemasaran langsung yang wajib diketahui. Dimana dengan memahami semua hal tersebut, tidak hanya akan berguna untuk penjual namun juga untuk konsumen. Sehingga akan mampu selektif dan cerdas menawarkan dan membeli sebuah produk.