Pengertian, Manfaat Dan Faktor Pendorong Pemasaran Global

0
1698
pemasaran global

Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang wirausaha harus memiliki satu keahlian yaitu kemampuan dalam pemasaran secara global. Hal ini tidak hanya terjadi di bidang ekspor saja namun juga terjadi di bidang impor. Pemasaran global merupakan sebuah aktivitas yang diikuti oleh semua negara. Semua pengusaha dari seluruh penjuru dunia mempunyai kesempatan untuk mempromosikan produknya yang unik dan kreatif. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat para pembeli terhadap produk yang dihasilkan.

Pengertian Pemasaran Global

Pengertian dari pemasaran global adalah sebuah proses untuk memfokuskan sumber daya manusia, uang, aset fisik dan tujuan dari suatu organisasi agar mendapatkan kesempatan dan untuk menanggapi ancaman pasar global.

Selain itu pemasaran secara global juga dapat disebut juga pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pemasaran selalu terbuka untuk semua para pelaku usaha, asal seorang pelaku usaha tersebut harus dapat selalu melakukan inovasi dan kreatif dalam mengembangkan pasar. Seorang pelaku usaha yang kuat dan tangguh pasti tidak akan mudah tumbang saat ada tantangan bisnis yang berat.

Bagi para pelaku usaha, tantangan dan kesulitan merupakan sebuah cambuk yang digunakan untuk menambah semangat. Dengan itu maka usaha atau bisnis yang dijalankan akan semakin maju dan berkembang. Karakter seperti itu saat ini sudah banyak yang melekat pada pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Manfaat Pemasaran Global

Mungkin masih banyak para pelaku usaha yang belum mengerti tentang manfaat pemasaran secara global. Dibawah ini merupakan penjelasan tentang beberapa manfaatnya :

1. Meningkatkan Kompetensi Para Pelaku Usaha

Pemasaran global memiliki sebuah tujuan yakni untuk meningkatkan kompetensi para pelaku usaha atau pelaku bisnis supaya dapat mencari ide-ide dan ilmu-ilmu baru dalam hal penjualan produk pada masyarakat. Nantinya kompetensi tersebut akan dapat terlihat dengan jelas, mana pelaku usaha yang berkompeten dan mana pelaku usaha yang kurang berkompeten.

Baca Juga :  Hobi Fotografi, Ini Dia Peluang Bisnis Online Gratis Sesuai Passion Kamu

Pelaku usaha yang memiliki kompetensi yang memadai maka nantinya pelaku usaha tersebut akan dapat menarik minat para pembeli. Jika dapat menarik minat para pembeli, maka secara otomatis akan mendapatkan keuntungan atau laba.

2. Bertahan Hidup

Pemasaran global mempunyai manfaat salah satunya adalah untuk bertahan hidup. Selain bertahan hidup, pemasaran secara global juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Dalam pemasaran, para pelaku usaha dituntut untuk dapat terus menemukan ide-ide baru dan selalu berinovasi.

Ide-ide baru tersebut dapat berguna saat kebertahanan hidup tidak lagi memadai untuk masyarakat. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak masyarakat yang sangat memerlukan pemasaran secara global untuk bertahan hidup dan ingin menciptakan hidup yang lebih baik lagi.

3. Kualitas Produk Yang Lebih Baik

Dalam pemasaran secara global ini, para pengusaha akan selalu berusaha memunculkan ide-ide agar kualitas produknya selalu menjadi yang paling unggul. Produk yang berkualitas tentunya akan menjadi incaran banyak orang.

Saat ini pembeli akan mencari produk dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang dapat dijangkau oleh para pembeli. Dengan itu maka para pelaku usaha dituntut dan dipaksa untuk dapat  menyelesaikan pernyataan tersebut. Jadi dengan itu maka dalam pemasaran secara global ini dapat memunculkan produk-produk yang lebih baik.

4. Pertumbuhan Ekonomi

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat bergantung dengan kegiatan jual beli yang ada disekitar mereka. Maka dari itu pemasaran secara global ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan banyaknya pemasukan pada daerah tertentu maka secara otomatis pertumbuhan ekonominya akan berjalan lancar.

Pertumbuhan tersebut akan menunjukan grafik yang terus naik dari waktu ke waktu. Pertumbuhan ekonomi akibat pemasaran global ini nantinya akan sangat menguntungkan pengusaha-pengusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha atau bisnisnya.

Baca Juga :  Selalu Rugi Ketika Bisnis? Sudah Tahu Peluang Usaha yang Menguntungkan Ini?

5. Meningkatkan Selera Masyarakat

Supaya sebuah produk laku atau diminati oleh banyak orang, maka langkah yang harus dilakukan adalah membuat produk yang sesuai dengan selera masyarakat. Selera masyarakat dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bahkan terkadang selera masyarakat akan cenderung menurun atau meningkat sesuai dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara atau daerah.

Maka dari itu banyak pengusaha yang berusaha keras untuk mencari ide-ide supaya dapat meningkatkan selera masyarakat terhadap produk yang mereka buat. Jika produk tersebut sesuai dengan selera masyarakat, maka perusahaan itu akan mendapatkan keuntungan.

Faktor-Faktor Pendorong Pemasaran Global

Pemasaran secara global sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat, maka dari itu hal ini harus tetap ada dan dikembangkan. Jika tidak dikembangkan maka yang menjadi ancaman nantinya adalah perekonomian masyarakat. Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat mendorong pemasaran secara global

1. Perbaikan Komunikasi Dan Transportasi

Dengan adanya perbaikan pada bidang komunikasi dan transportasi maka akan lebih mudah dalam urusan pengiriman produk antar negara. Selain itu perbaikan pada bidang transportasi juga dapat memudahkan masyarakat untuk berpergian antar negara.

2. Kualitas

Perlu diketahui bahwa kualitas merupakan salah satu bentuk persaingan yang sangat ketat. Hal tersebut memaksa para pengusaha untuk selalu meningkatkan kualitas agar tidak tenggelam dalam dunia bisnis. Para pengusaha harus cepat-cepat memperbaiki produknya supaya tidak tersaingi oleh pengusaha lain.

3. Teknologi

Dalam pemasaran secara global, teknologi digunakan sebagai sarana untuk menyediakan peralatan atau barang yang dibutuhkan. hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi kelangsungan hidup umat manusia. Penggunaan teknologi diawali dengan sumber daya alam yang diubah menjadi alat-alat sederhana yang dapat membantu kegiatan manusia.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Teknologi merupakan faktor pendorong pemasaran global yang bersifat universal dan tidak ada batasan negara ataupun budaya. Saat teknologi sudah dikembangkan dan dapat menghasilkan sebuah produk, maka produk tersebut akan tersedia di seluruh penjuru dunia. Contoh dari teknologi yang dapat meningkatkan pemasaran secara global adalah internet, satelit dan jaringan.

4. Biaya Pengembangan Produk

Perlu diketahui bahwa biaya pengembangan produk adalah sebuah dorongan untuk memasuki pasar global yang nantinya membutuhkan suntikan dana atau investasi. Suntikan dana yang dibutuhkan nantinya sangatlah besar dengan jangka waktu pengembangan yang cukup lama.

5. Perjanjian Ekonomi Regional

Dengan adanya perjanjian-perjanjian multirateral maka akan dapat mempercepat langkah-langkah dalam mengembangkan dan memajukan pemasaran secara global. Perjanjian multirateral adalah perjanjian perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara besar. Contoh perjanjian ekonomi regional saat ini adalah MEA, NAFTA dan GAT.

6. Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Faktor pendorong pemasaran secara global yang sangat berpengaruh adalah pertumbuhan ekonomi dunia. Alasan yang membuat pertumbuhan ekonomi dunia dapat mendorong kemajuan pemasaran secara global yaitu dapat menciptakan peluang usaha atau bisnis yang dapat mendukung suatu perusahaan dapat berkembang secara global, dapat mengurangi perusahaan asing yang masuk ke perekonomian lokal.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang pengertian, manfaat dan faktor pendorong pemasaran global. Jadi jenis pemasaran ini sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat dari berbagai kalangan. Maka dari itu untuk para pelaku usaha harus tetap melakukan inovasi agar dapat maju dan berkembang secara global.