Pemasaran Langsung Adalah Pemasaran Yang Menguntungkan, Ini Ulasannya

0
3275
pemasaran langsung adalah

Pemasaran merupakan ujung tombak bagi sebuah usaha, karena kegiatan pemasaran yang akan menentukan besar kecilnya angka penjualan. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan dalam kegiatan memasarkan produk usaha baik jasa atau pun barang. Pemasaran langsung adalah salah satu pilihan strategi yang bisa dilakukan untuk menaikkan angka penjualan produk usaha.

Mungkin masih belum terbayang tentang strategi pemasaran langsung yang harus dilakukan, atau bahkan belum mengetahui apa itu pemasaran langsung. Untuk memberikan gambaran terkait strategi pemasaran langsung, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian, keuntungan bahkan cara melakukan pemasaran langsung.

Pengertian Pemasaran Langsung

Banyak pendapat ahli di bidang ekonomi yang menjelaskan tentang pengertian pemasaran langsung atau direct marketing. Dari pendapat para ahli yang ada tentang pemasaran langsung bisa disimpulkan menjadi pengertian pemasaran langsung secara ringkas agar mudah dipahami. Jadi pengertian pemasaran langsung adalah pemasaran yang menekankan pada interaksi langsung dengan konsumen.

Dengan kata lain pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun. Baik media digital mau pun konvensional semua bisa digunakan untuk melakukan pemasaran langsung. Sebenarnya apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pengusaha yang melakukan strategi pemasaran langsung? Ini ulasannya.

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Langsung

Setiap strategi pemasaran pasti memiliki kelebihan masing-masing yang akan memberikan keuntungan bagi pengusaha yang melakukannya. Seperti strategi pemasaran langsung ini yang akan memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha yang mengaplikasikannya. Di bawah ini keuntungan-keuntungan strategi pemasaran langsung adalah:

  • Strategi dan penawaran spesifik untuk setiap konsumen. Dengan melakukan pemasaran langsung pengusaha bisa menemukan cara penawaran produk yang spesifik bagi setiap konsumen. Hal ini penting karena setiap konsumen memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda sehingga pola pikir juga berbeda terkait sebuah produk.
  • Mudah mengatur waktu promosi. Pengusaha bisa dengan mudah mengatur waktu promosi, karena semuanya dilakukan secara langsung kepada konsumen.
  • Bisa menjangkau pembeli pada saat yang tepat. Produk yang dipasarkan bisa menjangkau pembeli atau konsumen pada waktu yang tepat, karena pemasaran dilakukan langsung kepada konsumen tanpa perantara.
  • Masukan dari konsumen bisa langsung diterima oleh perusahaan. Bagi pengusaha yang melakukan strategi pemasaran langsung akan lebih mudah mendapatkan feedback langsung dari konsumen.
  • Menjaga loyalitas konsumen akan lebih mudah. Dengan pemasaran langsung jalinan komunikasi antara pengusaha dan konsumen akan terbuka dan lebih baik, sehingga memudahkan perusahaan menjaga loyalitas pelanggan.
Baca Juga :  Apakah Bisnis Online Via HP ini Sangat Cocok untuk Pemula dan Menjanjikan? Inilah Jawabannya!

Itulah keuntungan-keuntungan menggunakan strategi pemasaran langsung bagi pengusaha yang menggunakannya sebagai strategi pemasaran usahanya. Untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan di atas tentu harus mengetahui cara yang tepat mengaplikasikan strategi pemasaran langsung. Pemasaran langsung adalah strategi yang sangat menguntungkan bagi penggunanya.

5 Cara Pemasaran Langsung

Banyak sebenarnya cara melakukan pemasaran langsung kepada konsumen yang bisa dilakukan oleh pengusaha. Banyak media yang bisa langsung menjangkau konsumen secara langsung tanpa perantara orang lain. Cara-cara pemasaran langsung adalah seperti di bawah ini, yang bisa dipilih atau dilakukan semuanya:

1. Penjualan Langsung Secara Pribadi

Penjualan langsung secara pribadi adalah cara pemasaran langsung yang dilakukan dengan cara melakukan tatap muka dengan konsumen langsung. Pengusaha bisa menawarkan produk usaha baik barang atau pun jasa sebagai solusi bagi permasalahan konsumen secara pribadi. Metode ini akan lebih mengena kepada setiap konsumen sehingga peluang penjualan akan lebih besar.

Dalam cara penjualan langsung secara pribadi, ada komunikasi interpersonal antara penyedia produk barang atau pun jasa dengan konsumen. Di sana akan terjadi komunikasi dua arah antara penyedia produk dengan konsumen yang membutuhkan. Hal itu akan menyebabkan lebih mudah menyampaikan kelebihan produk dan mempengaruhi keputusan konsumen. Penjualan akan lebih mudah terjadi dengan cara pemasaran langsung yang satu ini.

2. Menggunakan Pemasaran Direct Mail

Pemasaran langsung adalah semua usaha pemasaran yang memungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Direct mail adalah salah satu cara pemasaran langsung yang bisa digunakan untuk memasarkan produk barang atau jasa langsung kepada konsumen. Dengan menggunakan direct mail, informasi terkait produk bisa disampaikan melalui email masing-masing konsumen dan diterima secara personal.

Pemasaran melalui direct mail memungkinkan konsumen menyampaikan tanggapan secara personal terhadap produk yang ditawarkan. Tujuan cara pemasaran langsung direct mail tentu adalah untuk menambah jumlah pelanggan yang menggunakan produk yang ditawarkan. Interaksi pemasaran bisa dilakukan secara langsung dengan konsumen tertarget meskipun tidak tatap muka tapi memungkinkan dapat respon segera.

Baca Juga :  Mengenal Bisnis Agen Kuota Yang Sangat Menguntungkan

3. Menggunakan Katalog

Cara pemasaran langsung salah satunya adalah dengan menggunakan katalog yang lebih sering disebut sebagai pemasaran katalog. Pemasaran katalog adalah salah satu strategi yang sudah umum digunakan untuk mempromosikan produk baik barang atau pun jasa. Metode penjualan ini adalah degan cara membuat katalog yang berisi daftar item barang atau jasa yang akan dipasarkan.

Katalog yang telah dibuat akan digunakan sebagai media pemasaran kepada seluruh calon konsumen dengan cara mengirimkannya ke tangan konsumen tertarget. Konsumen bisa melihat langsung produk dan jasa yang ditawarkan lengkap dengan deskripsi dan harga yang ditawarkan dari katalog. Konsumen yang ingin melakukan pembelian bisa secara langsung menghubungi kontak perusahaan melalui customer service.

4. Telemarketing

Media pemasaran langsung adalah semua yang bisa digunakan agar perusahaan bisa berinteraksi secara personal dengan calon  konsumen. Salah satu media yang bisa digunakan adalah telepon dengan cara telemarketing untuk melakukan promosi. Hingga saat ini metode telemarketing masih sering digunakan oleh perusahaan besar dan dirasa masih sangat efektif meningkatkan penjualan.

Dalam melakukan telemarketing yang efektif tidak boleh sembarangan, harus mengetahui dengan baik tentang produk knowledge dan calon konsumen. Jika memahami kedua hal tersebut maka telemarketing akan lebih mudah dilakukan. Hal tersebut sangat penting karena saat melakukan telemarketing terjadi komunikasi dua arah, sehingga petugas harus siap menjawab semua kemungkinan pertanyaan.

5. Menggunakan Saluran Belanja Online Di Televisi

Pemasaran langsung yang terakhir adalah melalui saluran belanja online di televisi. Metode ini sudah sering digunakan di negara-negara maju seperti Jepang dan Korea yang bisa berbelanja melalui saluran TV. Media ini dianggap pemasaran langsung yang efektif karena penjualan bisa langsung dilakukan saat itu juga.

Baca Juga :  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Menambah Uang Saku Hingga Bayar Kuliah

Perusahaan bisa menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen melalui saluran televisi dan langsung ditawarkan kepada konsumen. Promosi bisa dilakukan secara persuasif dengan menunjukkan barang dan jas ayang ditawarkan untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Bagi konsumen yang tertarik disediakan line telepon untuk menghubungi studio dan melakukan transaksi penjualan.

Demikian adalah cara-cara pemasaran langsung yang bisa dilakukan oleh para pengusaha dalam usaha promosinya. Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang sangat mudah dilakukan. Dengan menggunakan pemasaran langsung barang akan lebih cepat sampai kepada konsumen dan feedback bisa didapatkan langsung oleh pengusaha.