Bisnis Online Tanpa Modal Bagi Ibu Rumah Tangga

0
262
Bisnis Online Tanpa Modal Bagi Ibu Rumah Tangga

Bisnis online hadir sebagai alternatif bisnis baru di era digital seperti sekarang ini. Beragam jenis bisnis online muncul untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Bahkan saat ini melakukan bisnis online tanpa modal bukanlah hal yang mustahil. Ini dapat menjadi solusi terbaik bagi para calon pebisnis yang ingin berbisnis namun terganjal modal.

Apalagi bisnis online terbuka untuk semua kalangan. Mulai dari pelajar, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Untuk ibu rumah tangga sendiri, sebenarnya banyak lini bisnis online yang dapat digeluti. Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan bisnis online untuk ibu rumah tangga, baiknya kita bahas dulu persiapan apa saja yang diperlukan saat akan membangun bisnis online.

Persiapan Sebelum Melakukan Bisnis Online

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai membangun bisnis. Berbagai persiapan ini penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk para ibu rumah tangga yang pertama kali menjalankan bisnis. Lalu apa saja persiapan yang diperlukan? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Persiapkan Kebutuhan Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kebutuhan bisnis. Untuk masalah persiapan ini tentu harus melihat lebih dahulu bisnis yang akan digeluti. Pastikan jika bisnis yang akan digeluti memungkinkan untuk dijalankan. Jangan lupa juga jika bisnis tersebut baiknya tidak membuat pelaku bisnis mengabaikan aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga ya.

Data kebutuhan yang diperlukan dalam melakukan bisnis. Dari data tersebut mulailah lakukan persiapan satu persatu. Tak ada salahnya untuk memastikan jika semua kebutuhan terpenuhi sebelum memulai bisnis. Meski tak ada salahnya untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan tambahan sembari mulai berjalan.

2. Survei Target Pasar

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mulai melakukan survey target pasar. Pastinya setiap target pasar memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Itulah yang harus dipahami dengan baik. Bagaimana karakteristik untuk setiap target pasar, serta kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk menggaet target pasar.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online Tanpa Modal Ini Harus Dipahami

Survei di sini menjadi salah satu metode yang tepat untuk lebih mengerti karakteristik target pasar. Lakukan survey kecil-kecilan pada sampel target pasar. Dari sana dapat mulai dianalisa berbagai karakteristik dari target pasar. Ini kemudian yang menjadi patokan untuk beberapa lini lain, salah satunya adalah lini promosi.

3. Persiapkan Rencana Promosi

Dari survei target pasar yang telah dimiliki tersebut, maka mulai lakukan persiapan promosi. Buatlah sebuah rencana promosi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Tak ada salahnya untuk mencari referensi rencana promosi untuk mencari pola promosi yang tepat. Buatlah timeline promosi serta grand desain promosi agar nantinya promosi dapat lebih terarah.

Meski memulai bisnis online tanpa modal, bukan berarti masalah promosi ini tidak bisa dikerjakan atau dikerjakan asal-asalan ya. Ada banyak cara promosi gratis yang dapat dimanfaatkan. Selain itu mulai melakukan promosi dari orang terdekat juga dapat menjadi awal promosi yang baik.

4. Menyiapkan Media Sosial

Melakukan bisnis online biasanya identik dengan media sosial. Nantinya media sosial disulap menjadi toko online yang memajang berbagai barang yang akan ditawarkan pada calon konsumen. Untuk itu menyiapkan media sosial dengan baik juga diperlukan. Pasalnya menyiapkan media sosial dengan baik akan membantu kita untuk lebih mudah menggaet pelanggan.

Persiapan media sosial dapat mencakup banyak hal. Misalnya menentukan media sosial apa saja yang akan digunakan. Ini dapat disesuaikan dengan target pasar yang akan diraih. Lalu menyiapkan tagline dan juga username yang dirasa menarik. Nantinya ini juga akan berkaitan erat dengan rencana promosi.

5. Grand Desain Bisnis

Persiapan penting lain yang harus dipersiapkan adalah terkait grand desain bisnis. Baiknya buatlah sebuah grand desain bisnis untuk memastikan kemana nantinya bisnis ini akan berjalan. Di dalam grand desain bisnis ini baiknya juga memuat berbagai tujuan serta rencana untuk tiap waktu. Ini akan membuat bisnis memiliki arah yang lebih jelas.

Baca Juga :  Rekomendasi Bisnis Online Makanan Beserta Tipsnya Agar Laris

Bahkan ketika nanti bisnis berkembang pesat, grand desain bisnis ini juga dapat memantapkan tujuan bisnis seperti awal dibangun. Selain itu ini juga sebagai bentuk bahan evaluasi, sejauh apa bisnis dijalankan dan kesesuaiannya dengan grand desain yang telah dibuat.

Macam-Macam Bisnis Online Tanpa Modal Bagi Ibu Rumah Tangga

Tadi kita sudah membahas berbagai macam persiapan bisnis online, sekarang kita akan menuju pembahasan selanjutnya. Di sini kita akan membahas terkait macam-macam bisnis online tanpa modal bagi ibu rumah tangga. Ada berbagai macam bisnis online yang dapat digeluti ibu rumah tangga tanpa modal. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

Bisnis online tanpa modal pertama yang dapat digeluti adalah agen Payment Point Online Bank atau PPOB. Jadi sebenarnya PPOB merupakan sebuah sistem pembayaran online. Sistem ini menggunakan fasilitas perbankan untuk pembayaran beberapa tagihan mulai dari TELKOM, cicilan motor, PDAM, pulsa dan lain-lain.

Ini dapat menjadi salah satu bisnis yang baik digeluti ibu rumah tangga. Pasalnya bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tentunya ini juga dapat dikerjakan disela-sela kegiatan mengurus rumah, bukan?

2. Bisnis Perlengkapan Anak

Selanjutnya bisnis yang dapat digeluti adalah bisnis perlengkapan anak. Saat ini menjajakan perlengkapan anak secara online sedang banyak dilakukan. Ada berbagai perlengkapan anak yang dijual secara online, mulai dari pakaian hingga kebutuhan pendidikan. Peminatnya pun tak kalah banyak. Bahkan bisnis ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang tak pernah surut. Tentunya ini menjadi sebuah peluang usaha tersendiri.

Untuk memulai bisnis ini tanpa modal, caranya adalah dengan mencari toko online perlengkapan anak yang siap melayani dropship. Jadi ibu rumah tangga yang akan berbisnis tinggal menawarkan produk tersebut secara online. Ada banyak toko online perlengkapan bayi yang siap menawarkan kerjasama dropship. Tinggal pilih mana yang dirasa paling cocok dan memiliki produk terbaik.

Baca Juga :  Peluang Usaha Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya

3. Editor

Bagi yang memiliki kemampuan baik terkait tata bahasa Indonesia, nampaknya menjadi editor dapat menjadi pilihan terbaik. Apalagi jika memilih menjadi editor yang dapat mengirimkan naskah hasil editnya secara online. Tentu bisnis ini dapat digeluti tanpa harus mengeluarkan modal. Hanya saja penting untuk memiliki portofolio sebelum mulai menekuni bisnis ini.

Salah satu hal penting lain dari bisnis ini adalah membangun relasi. Penting untuk mulai membangun relasi pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa editor. Tentu ini guna menjaga agar pekerjaan dapat terus berjalan dengan lancar.

4. Jasa Titip Jual

Jika selama ini kita banyak mendengar jasa titip beli, kali ini kita akan membahas jasa titip jual. Memang jasa titip jual mungkin belum sefamiliar jasa titip beli. Namun, ini juga dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Sebelum membuka jasa ini pastikan jika target pasar sudah ditentukan.

Tak ada salahnya untuk membuat jasa titip jual yang spesifik, misal khusus make up atau baju. Ini menjadi bisnis yang cocok dijalankan para ibu rumah tangga yang memiliki relasi kuat. Apalagi jika ditunjang dengan followers media sosial yang banyak.

Beberapa bisnis online tanpa modal di atas dapat menjadi alternatif bisnis terbaik bagi yang ingin menggeluti dunia bisnis online. Apalagi bisnis-bisnis di atas dapat dijalankan tanpa mengganggu kegiatan sebagai ibu rumah tangga. Hanya saja ingat untuk menyiapkan berbagai macam kebutuhan sesuai dengan bidang bisnis yang digeluti ya.