Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Sederhana

0
894

Menjadi ibu rumah tangga itu sah sah saja. Merawat keluarga dan juga merawat anak-anak dirumah adalah pekerjaan yang mulia. Namun, apabila seorang ibu rumah tangga juga ingin membantu beban suami dalam mencari nafkah itu sah sah saja. apalagi jika hal tersebut dilakukan di rumah atau sebagai kegiatan sampingan dari kegiatan sehari-hari di rumah. Agar dapat membantu anda yang merupakan ibu rumah tangga, berikut kami sajikan beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa anda pilih.

1. Membuka Toko Kelontong

Modal yang tidak terlalu besar, mudah untuk dilakukan tanpa meninggalkan pekerjaan rumah, membuka toko kelontong ini menjadi pilihan pertama yang bisa dicoba. Dengan membuka toko kelontong atau toko sembako, anda tak hanya membantu untuk menambah pendapatan keluarga saja namun juga bisa membantu tetangga sekitar untuk mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari tanpa harus jauh keluar.

Dalam toko kelontong yang bisa anda buka sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini anda tak hanya bisa menjual bahan makanan pokok saja, namun juga Anda bisa menjual barang lain yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beberapa contohnya adalah seperti sabun mandi maupun cuci, pasta gigi, gas elpiji, hingga bahkan apabila warung anda sudah semakin besar anda juga bisa menjual berbagai peralatan memasak sederhana.

Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah perumahan yang jauh dari jalan raya dan juga minimarket. Modal awalnya pun tidak terlalu besar, anda hanya perlu memilih produk apa yang kira-kira dibutuhkan oleh masyarakat sekitar layaknya ketika anda membutuhkan produk harian anda.

2. Membuka Warung Makan

Selanjutnya ada peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang hobi atau suka memasak yakni dengan membuka warung makan. Namun, untuk anda yang belum bisa memasak, anda bisa memanfaatkan YouTube atau membeli buku masak untuk menambah skill anda memasak. Jadi, peluang usaha ini bukanlah peluang usaha yang sia-sia.

Baca Juga :  Apakah Bisnis Online Via HP ini Sangat Cocok untuk Pemula dan Menjanjikan? Inilah Jawabannya!

Peluang usaha ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal. Kecuali dalam hal ini usaha anda sudah membesar atau anda memiliki keinginan untuk membangun tempat makan dengan ukuran yang besar. Namun, sebagai pemula anda hanya perlu mempersiapkan modal dasar untuk membeli bahan masakan, peralatan dapur yang masih kurang sedangkan untuk ruangnya anda bisa memanfaatkan tempat kosong atau mengosongkan sedikit tempat yang ada di rumah untuk berjualan.

Untuk menu masakannya anda tidak perlu bingung karena memang ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan. Yang pertama dan yang paling mendasar adalah dari kemampuan memasak anda. Apabila belum memungkinkan untuk menyajikan suatu hidangan, maka sebaiknya jangan dihidangkan. Yang kedua adalah waktu berjualan, anda bisa berjualan di pagi hari seperti sarapan atau bubur. Selanjutnya adalah lokasi anda dan yang terakhir kepada siapa anda akan menjual makanan tersebut atau siapa target pasar.

3. Membuka Konter Pulsa

Selanjutnya untuk peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang sederhana adalah dengan membuka konter pulsa atau berjualan pulsa. Berjualan pulsa adalah salah satu contoh bisnis ibu rumah tangga yang mudah untuk dijalankan. Peluang usaha berjualan pulsa tidak butuh banyak modal, dan yang pasti memiliki resiko kerugian yang cenderung kecil. Mengapa peluang usaha ini tergolong menguntungkan adalah karena pulsa adalah produk yang akan terus dibutuhkan sehingga akan terus memberikan kemungkinan untuk datang pembeli.

Untuk mengawali peluang usaha ini, anda hanya perlu mendatangi konter pulsa lainnya yang menyediakan penawaran layanan deposit. Dari penawaran deposit itulah nantinya anda akan mampu untuk menjual pulsa dengan menghitung berapa keuntungan yang ingin anda dapat dengan memberikan harga dari pulsa anda tersebut. Sebagai permulaan, anda bisa menempelkan kertas yang bertuliskan ‘jual pulsa’ di depan rumah atau mungkin juga anda kombinasikan dengan peluang usaha di nomor satu atau dua sekalipun.

Baca Juga :  Tips Dan Jenis Bisnis Untuk Pemula Yang Mudah Dilakukan

4. Berjualan Pakaian Muslim

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia tentunya membutuhkan pakaian untuk beribadah atau pakaian Muslim untuk kegiatan keagamaan. Oleh karena itulah, ada peluang besar untuk anda berjualan pakaian muslim sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang tergolong mudah dan menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Terlebih, menjelang hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri permintaan akan semakin besar sehingga anda bisa memperkirakan keuntungan anda. Namun tak hanya pada hari raya saja, sekarang pula semakin banyak orang yang memilih untuk mengenakan gaya berpakaian Islami dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pakaian Islami yang cenderung lebih tertutup, seperti hijab tersebut, tidak terbatasi variannya. Bahkan Indonesia juga sudah dikenal sebagai salah satu trendsetter untuk busana muslim yang sudah menjadi sebuah tren fashion di masyarakat.

Untuk pilihan barang yang nantinya akan anda jual sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang mudah untuk ditawarkan dan juga sangat memungkinkan untuk dilebarkan sayapnya. Produk seperti hijab, gamis, baju koko, mukena, hingga sarung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda jual. Untuk bisnis pakaian ini karena tentu anda tidak memiliki modal besar, anda bisa memulainya dengan menjadi reseller terlebih dahulu atau dropshipper. Jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk promosi anda nanti.

5. Membuka Jualan Jus dan Minuman

Meskipun peluang usaha kuliner memang tidak akan ada habisnya, namun di lain sisi bisnis minuman juga merupakan bisnis yang menjanjikan. Untuk ibu rumah tangga dengan waktu luangnya, berjualan minuman seperti jus dan minuman dingin bisa jadi pilihan yang tepat. alasannya adalah tentu saja karena modal dari peluang usaha ini sangat mudah dan langkah langkahnya juga mudah dijalankan.

Baca Juga :  8 Pilihan Bisnis Online 2019 Menjanjikan

Sebagai awal, anda juga tidak hanya dapat menggunakan gerobak khusus, namun juga anda bisa melakukan penjualan di dengan menggunakan meja sederhana saja. Anda bisa memilih lokasi jualan di depan rumah anda sendiri atau bahkan di beberapa lokasi-lokasi tertentu yang dianggap strategis. Untuk jualannya, Anda bisa menjual berbagai jenis jus buah atau minuman-minuman menarik yang kekinian. Anda bahkan bisa mengkombinasikannya menjadi minuman tersendiri.

Minuman seperti itu memang banyak dicari oleh oleh banyak orang, baik orang tua maupun anak anak muda pada khususnya. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan beberapa buah sekaligus. Tentunya akan sangat hebat juga apabila anda bisa mengkombinasikannya dengan peluang usaha sebelumnya.

Nah itulah lima peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa anda pilih. Jangan sampai anda kehilangan kesempatan untuk membantu meringankan beban perekonomian dengan menambah pemasukan bagi keluarga anda. meskipun sudah tersedia lima diatas, bukan berarti anda dibatasi untuk ke lima jenisnya saja, karena anda tetap yang memegang peluang untuk menjadi sukses. Jadi, pantang menyerah dan tetap semangat.