Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Menambah Uang Saku Hingga Bayar Kuliah

0
1108

Menjadi mahasiswa memang membanggakan sekaligus harus disiplin. Karena mahasiswa harus berada jauh dari orang tua yang juga harus mengandalkan uang saku yang terbatas untuk biaya hidup sehari-harinya. Namun, sebagai seorang mahasiswa juga perlu cerdas memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada seperti beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang harapannya tidak hanya dapat menambah uang saku namun juga bisa untuk bayar kuliah. Lalu seperti apa sajakah peluang usaha tersebut? Berikut beberapa yang mungkin dapat membantu untuk menginspirasi.

1. Jualan Online Shop

Ya, terjun ke dunia online shop memang sangat cocok untuk dilakukan oleh kalangan manapun, mulai dari ibu rumah tangga hingga mahasiswa sekalipun. Alasannya tentu saja karena di era sekarang ini segala sesuatunya dapat dibeli secara online dengan mudah. Apalagi saat menjadi mahasiswa tentunya anda juga memiliki banyak sahabat atau kenalan yang mana bisa anda tawarkan produk-produk jualan anda.

Pilihlah barang jualan yang memang anda pahami. Mulai dari aksesoris gadget, power bank, pakaian, sepatu kets untuk kuliah dan juga barang-barang lainnya.

2. Les Privat

Selain membuka online shop, anda juga bisa memanfaatkan pengetahuan anda menjadi uang. Apalagi jika anda merupakan mahasiswa yang bergelut dengan matematika hingga bahasa asing seperti bahasa Inggris. Dijamin, tidak sedikit yang akan meminta bantuanmu untuk mengajari anak-anaknya dalam belajar. Alasannya karena memang terkadang orang tua terlalu sibuk untuk membantu anaknya belajar.

Namun, dengan merelakan waktu satu atau dua jam saja, kamu akan mendapatkan hasil dari keringat dan pengetahuanmu sendiri yang bisa kamu tabung untuk tambahan uang saku atau untuk membantu dalam membayar biaya kuliah.

3. Jualan Pulsa atau Kuota Internet

Sebagai mahasiswa yang mungkin setiap harinya bertemu dengan banyak orang, pastinya anda harus memanfaatkannya sebagai bisnis. Peluang usaha untuk mahasiswa tersebut adalah dengan anda menjadi penjual pulsa atau kuota internet. Tentu saja sebagai mahasiswa yang banyak tugas dan ingin selalu bergaul melalui media sosial tentu saja akan sangat membutuhkan pulsa dan juga kuota internet.

Baca Juga :  Yuk Simak Ide Bisnis Online Terbaru Serta Tips Memilih Bisnis Ini!

Namun, anda juga berhati-hati, karena memang terkadang teman sendiri bisa berhutang pulsa atau paket kuota internet. Nah, oleh karena itu buatlah sistem yang harus dipatuhi oleh teman anda tersebut.

4. Jualan Makanan Kecil

Selanjutnya yang juga bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa adalah dengan berjualan makanan kecil. Siapa sih yang tidak suka mengemil sambil mengerjakan tugas? Pasti akan cepat selesai tugas tersebut. Nah, oleh karena itulah ini bisa menjadi kesempatan berbisnis yakni dengan menjual makanan kecil atau snack yang unik. Seperti contohnya makaroni pedas atau asin. Kedua makanan ringan tersebut memiliki harga yang terjangkau namun tetap dapat menemani dalam mengerjakan tugas.

Yang tersulit dari peluang usaha untuk mahasiswa ini adalah anda harus memiliki sedikit modal untuk membeli stok di pasar atau di tempat lainnya yang mana anda bisa mendapatkan harga murah tersebut. Dari situ anda bisa menawarkan makanan kecil anda kepada rekan rekan anda setiap anda berangkat kuliah.

5. Web Designer

Yang satu ini memang mungkin tidak direkomendasikan untuk mereka atau mahasiswa jurusan IT atau bahkan jurusan lainhnya yang juga membahas seputar teknologi. Nah, anda sendiri apabila tertarik dengan peluang usaha untuk mahasiswa ini bisa mencari mereka yang membutuhkan untuk desain webnnya. Modalnya juga anda hanya menggunakan komputer atau laptop yang anda miliki, smartphone untuk dihubungi dan juga untuk memposting hasil kerjaan anda di media sosial.

Sebagai opsi lainnya, anda juga bisa membuka jasa desain untuk beberapa tujuan seperti untuk undangan, banner, baliho, kartu nama dan sebagainya.

6. Konten Writer

Selanjutnya yang juga bisa menjadi seorang penulis yakni seorang screen writer atau Konten Writer. Peluang usaha ini sangat positif untuk pada mahasiswa karena selain tidak membutuhkan modal sama sekali, kecuali membutuhkan jaringan internet yang anda gunakan untuk mencari dan mengirimkan hasil dari ketikan atau tulisan anda sesuai dengan perjanjian.

Baca Juga :  Apakah Bisnis Online Via HP ini Sangat Cocok untuk Pemula dan Menjanjikan? Inilah Jawabannya!

Konten writer ini selain dimanfaatkan untuk mencari dana, juga sebagai berlatih ketika anda nantinya harus menyambut ujian skripsi atau mengetik tugas.

7. Jual Barang Bekas

Selanjutnya yang bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa adalah dengan menjual barang bekas. Jangan berpikiran buruk terlebih dahulu, karena anda harus mendengar konsepnya. Barang bekas yang dijual ini bukanlah sebesar barang bekas saja namun juga barang bekas yang bosa bermanfaat. Kenapa bisa bermanfaat, karena barang bekas yang dikumpulkan merupakan barang bekas yang dimiliki oleh mereka yang baru saja lulus dan bingung untuk meletakkan barang-barang yang ada di kos mereka.

Disitulah anda bisa memanfaatkan barang bekas tersebut dengan menjualnya dan mendapatkan keuntungan dari situ.

8. Penerjemah

Hampir sama dengan poin kedua dimana anda bisa memanfaatkan pengetahun anda yakni dengan menjadi penerjemah. Anda bisa mencari tahu siapa yang membutuhkan jasa tersebut baik dicari di internet atau langsung dari orang orang yang menginginkan untuk membaca uatu hal dalam bahasa indonesia.

Meskipun bukanlah jurusan yang cocok dengan kuliah kebahasaaan ataupun kuliah lainnya. namun, ingat mahasiswa yang sudah memasuki ujian dan untuk bagian abstraksi di skripsi menggunakan bahasa Inggris sehingga kamu tetap dapat atau diisi dengan kegiatan bermanfaat.

9. Make Up Artist

Yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang selalu menggunakan make up sehari-harinya. dengan mengandalkan kemampuan atau keterampilan khusus. Jangan sepelekan ketrampilan make up anda, karena dengan momen momen yang tepat seperti wisuda, tenaga make up artist sangat dibutuhkan. Tentu saja hal ini akan menjadi suatu momen yang pas dimana anda bisa mendapatkan lebih dari satu pelanggan dalam sehari. Bayangkan jika biaya dar make up ini mencapai angka 500 ribuan. Jelas, disini anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit

Baca Juga :  7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Yang Tidak Mengganggu Kuliah

10. Jual Buku

Tiada hari tanpa buku, mahasiswa memang harus selalu dekat dengan buku. Oleh karena itulah jual buku adalah salah satu yang bisa dijual dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial sebagai media promosi dan juga pemesanan. Ada dua opsi yang bisa dilakukan, anda bisa menyiapkan modal untuk membeli sejumlah buku dan kemudian menjualnya atau anda hanya akan membeli apa yang dipesan. Buku yang ditawarkanpun bisa berupa buku perkuliahan, buku fiksi atau novel yang terutama merupakan buku bekas. Anda hanya harus berkorban untuk ke tukang loak untuk membeli buku sesuai dengan pesanannya.

Nah itulah beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang diharapkan mampu dapat menambah uang saku atau bahkan bisa sampai untuk membayar kuliah anda. apakah anda tertarik untuk menarik untuk mencoba salah satunya? Atau bahkan pernah mencoba beberapa peluang usaha tersebut sebelumnya? yang  terpenting, semoga apa yang menjadi usaha anda menjadi kebanggaan bagi semua.