Mulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Terpercaya dengan Membaca Ini!

0
46

Semua orang tentu sangat ingin melakukan suatu bisnis tanpa modal sedikitpun, karena seperti yang kita tahu, bahwa modal dalam suatu bisnis memiliki peran yang sangat penting, karena itu adalah penggerak atau jika kendaraan, maka itu ibarat bahan bakar.

Namun, jangan hanya menganggap modal berupa materi saja. Banyak sekali modal lain dalam bisnis yang sering kali dilupakan dan mungkin bahkan banyak orang yang tidak mengkategorikan hal itu termasuk dalam modal.

Perlu kamu ketahui, bisnis bukan hanya sekedar modal berupa materi saja. Ada beberapa modal lain yang jauh lebih penting daripada modal materi. Modal materi hanya dibutuhkan ketika semua rencana telah disusun dengan matang. Dengan demikian, ada beberapa tahap lain sebelum masuk ke tahap bingung mencari modal.

Bisnis berawal dari ide dan bisa juga berawal dari masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan kemudian pebisnis hadir untuk menyelesaikannya dengan ide-ide inovatif. Namun, dari manapun bisnis itu berawal, semua tetap harus melewati tahap riset.

Tak jarang orang-orang yang baru memulai bisnisnya dengan sangat yakin bahwa nanti bisnisnya akan berjalan sesuai dengan yang ia impikan. Jadi semuanya hanya berawal dari imajinasi. Oleh karena itu, guna memastikan apakah bisnis yang akan dilakukan itu benar-benar dapat meraih keuntungan, maka riset sangat diperlukan.

Saat ini, kemudahan dalam berbisnis juga menjadikan banyak sekali peluang usaha yang bermunculan. Namun, tidak semua orang melihat peluang itu dengan baik, apalagi sekarang sudah era digitalisasi atau sudah mengarah ke bisnis online.

Kita tahu, sekarang banyak sekali start-up yang bermunculan dan Indonesia merupakan salah satunya. Jika kamu memperhatikannya dengan seksama, maka semua start-up itu muncul karena ada suatu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan demikian, riset kembali dilakukan.

Baca Juga :  8 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Berbicara mengenai bisnis online, maka sebagian besar orang pasti ingin mencoba terjun ke usaha ini, tetapi tetap saja, modal berupa materi selalu saja dianggap sebagai beban. Padahal saat ini bisnis online tanpa modal dan terpercaya bisa saja diwujudkan, yaitu dengan membuat proposal usaha.

Pemerintah saat ini juga mendukung penuh bisnis-bisnis online, jadi tanpa modalpun, kamu bisa memiliki bisnis di bidang ini. Alasan lain tetap saja muncul, yaitu tidak bisa membuat proposal dan melakukan riset.

Memang, ketika pertama kali membuat proposal, semua orang pasti akan mengalami kesulitan, pasalnya semua hal dalam proposal harus sesuai dengan fakta, yaitu berupa data-data. Jika proposal hanya berdasarkan opini, maka sudah pasti proposal tersebut akan ditolak mentah-mentah.

Lantas bagaimana cara menyusun proposal yang berbasis fakta di lapangan? Ini memang hal yang sangat sulit dan memang dengan melakukan riset pasar, barulah kamu bisa mendapatkan data yang sangat kredibel. Namun, kamu bisa mengawalinya dengan mencarinya di Google ataupun melalui jurnal-jurnal. Tentu, data yang kamu cari harus berkaitan atau mendukung alasanmu mengapa ide bisnis online inovatifmu berhak mendapatkan hibah dana.

Misalnya saja kamu memiliki ide inovatif terkait jasa konsultasi desain kamar. Hal ini terdengar sepele, tetapi sebenarnya tidak semua orang bisa menata kamarnya dengan baik. Memang ini adalah hal yang relatif, tetapi jasa ini bisa jadi sangat unik ketika dengan menggunakan jasa ini, tiap benda dan penataannya memiliki fungsi.

Misalnya saja dalam peletakkan lemari, meja belajar, cermin dan lain sebagainya. Lemari di sebelah sana, meja belajar sini dan seterusnya. Penataan ini diperhitungkan dengan baik, sehingga mobilitas di kamar menjadi lebih nyaman dan sangat bisa untuk membuat kamar yang sempit menjadi terksan luas dengan bantuan dari penyedia jasa ini.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bisnis Online Terpecaya Bagi Pemula

Jika ide bisnis ini sudah cukup meyakinkan kita untuk memulainya, maka jangan langsung meluncurkannya di pasaran. Kita harus tetap melakukan riset untuk mencari kebenarannya. Salah satu cara yang termudah adalah dengan melakukan wawacara secara langsung kepada target konsumen yang spesifik, misalnya saja mahasiswa yang kebanyakan tinggal di kamar sempit dan tidak tahu bagaimana cara menata barangnya agar kamarnya terasa luas.

Setelah melakukan wawancara, kamu bisa membuat kuisoner terkait hal-hal yang telah kamu dapatkan dari hasil wawancara ini. Diharapkan dengan melakukan hal ini, kamu bisa memperoleh data yang jauh lebih banyak, sehingga tingkat kesalahan pun juga akan semakin kecil.

Memang untuk membuat bisnis online tanpa modal dan terpercaya terbilang sedikit sulit, tetapi inilah yang dapat membuat presentasi keberhasilan semakin tinggi. Jika kamu memang masih kesusahan untuk membuat proposal bisnis online, maka tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa bisnis online tanpa modal dan terpercaya yang konvensional berikut ini:

1. YouTuber

Walaupun bisnis online tanpa modal dan terpercaya ini sangat umum, tetapi peluangnya tetap besar. Memang persaingannya semakin ketat, tetapi yakinlah dengan topik yang unik, kamu bisa meraih tontonan dan subscriber.

Menjadi seorang YouTuber berarti harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengolah kata yang bagus dan ini membutuhkan waktu. Seiring dengan berjalannya waktu, maka kemampuan dalam mengolah kata akan semakin bagus, jadi perkembangan kemampuanmu akan seiring dengan perkembangan jumlah tontontan videomu atau seiring dengan lamanya kamu terjun ke platform bisnis online gratis ini.

Tidak punya kamera yang mumpuni? Jangan khawatir, jika kamu melihat beberapa YouTuber yang telah sukses, mereka juga mengawali karir mereka dengan kamera pocket, kamera hp jadul dan sejenisnya. Memang kualitas videonya kurang bagus, tetapi jika konten yang dibawakan bagus, maka pasti penonton juga akan berdatangan.

Baca Juga :  Mengenal Bisnis Waralaba Dan Jenis-Jenisnya

2. Selebgram

Jika berbicara mengenai hal ini, maka bisa dibilang hampir sebagian besar orang ingin menjadi atau memiliki profesi ini. Selebgram hampir sama dengan YouTuber, intinya adalah harus memiliki keunikan.

Memang dengan modal tampang, bentuk tubuh dan semua hal yang bersinggungan dengan kesempurnaan secara fisik akan mempermudah orang untuk menjadi selebgram. Namun, jangan lupa juga banyak selebgram yang tidak bermodalkan hal itu, melainkan bermodalkan kreativitas yang tujuannya untuk menghibur dan bisa juga mengedukasi.

3. Dropshipper

Bisnis online yang satu ini memang benar-benar dapat dilakukan dengan tanpa modal. Pasalnya kita hanya menjualkan barang milik orang lain. Namun, jangan remehkan keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini, karena sudah banyak pelaku usaha ini yang menelan kesuksesan dan membuka bisnis sendiri.

4. Admin media sosial

Hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet kamu bisa membuka jasa admin media sosial. Kita tahu bahwa media sosial memiliki peran yang penting dalam kehidupan di era milleneals saat ini. Banyak sekali akun media sosial yang membutuhkan admin untuk mengurusnya, tetapi tentu mencari admin yang profesional.

Pekerjaan dari usaha ini bisa bermacam-macam, seperti desain feed Instagram, posting konten tiap hari, instastory, membalas DM dan lain sebagainya, tergantung keinginan dari konsumen.

5. Admin toko online

Tidak jarang orang-orang yang telah sukses membuka toko online, baik melalui marketplace, seperti Tokopedia dan Bukalapak ataupun dengan domain pribadi kewalahan memanajemen tokonya. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kemampuan dalam mengelola toko ataupun memiliki kemampuan manajamen yang baik, maka jangan ragu untuk membuat jasa admin toko online yang profesional.