Bisnis Modal Kecil Berbasis Internet

0
1394

Membuka bisnis sendiri kini menjadi pilihan banyak orang. Selain karena bisnis saat ini bisa dilakukan dengan mudah karena adanya internet yang memudahkan setiap transaksi, namun juga mampu melakukan promosi secara luas sehingga membuka peluang pasar lebih besar. Apalagi ada hal lainnya yang juga akan membuat kita tergoda yakni beberapa bisnis tersebut tidak membutuhkan modal sama sekali. Lalu apa sajakah bisnis modal kecil berbasis internet saat ini yang bisa anda pilih. Berikut ulasannya:

1. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu bisnis modal kecil yang banyak diminati saat ini. Salah satu alasannya adalah bahwa bisnis dengan model dropshipper ini bahkan tidak membutuhkan modal awal. Anda hanya membutuhkan perangkat untuk memasarkan produk anda melalui internet, rekening yang bisa digunakan untuk bertransaksi yang mana akan lebih baik lagi jika sudah mendukung m banking atau internet banking, dan yang terakhir tentunya adalah usaha anda serta keterampilan anda untuk memasarkan produk yang anda jual.

Beberapa produk yang bisa anda jual dengan model bisnis dropshipper adalah sebagai berikut:

  • Pakian dan busana Muslim
  • Hijab
  • Sepatu
  • Jaket
  • Gadget
  • Aksesoris gadget

Beberapa produk tersebut bisa anda pasarkan melalui media sosial maupun e commerce yang mana tidak membutuhkan biaya sama sekali. Anda hanya perlu tekun dan banyak melakukan promosi.

2. Jasa Sketsa Wajah

Selanjutnya yang bisa menjadi salah satu bisnis modal kecil lainnya adalah dengan membuka jasa sketsa wajah. Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang memiliki ketrampilan menggambar atau sketsa baik secara manual diatas kertas maupun secara digital. Untuk modal awal sketsa wajah manual, anda hanya membutuhkan kertas dan pensil saja. Anda bisa mematok harga minimal Rp. 50.000,- per orang di dalam gambar.

Baca Juga :  4 Pilihan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Sedangkan apabila anda memiliki komputer atau laptop, anda bisa mencoba menawarkan sketsa wajah secara digital. Anda bisa mencari tutorialnya di YouTube dan melatihnya dengan foto anda sendiri. Tarifnya bisa anda patok sendiri. Sketsa wajah ini umumnya diberikan sebagai hadiah untuk pernikahan, wisuda atau kenang-kenangan.

Tak hanya media sosial, anda juga bisa melakukan promosi di e commerce dengan melakukan sistem pemesanan. Bisnis modal kecil ini bisa memberikan anda keuntungan dengan modal hobi anda sendiri.

3. Jasa Penerjemah Online

Selanjutnya yang juga menjadi salah satu bisnis modal kecil yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka jasa penerjemah online. Kebutuhan akan jasa penerjemah online baik dari bahasa Indonesia ke bahasa asing maupun sebaliknya memang  terus meningkat. Bahkan kebutuhan ini diprediksi akan terus meningkat karena tidak sedikit orang yang membutuhkan dokumen dengan bahasa asing.

Kebutuhan akan dokumen berbahasa asing ini umumnya dibutuhkan oleh dunia akademis seperti penulisan abstrak maupun jurnal. Mengingat semakin banyaknya orang yang mampu melanjutkan studinya ke jenjang S1, maka pasar untuk menjadi penerjemah ini bisa anda coba sebagai bisnis modal kecil sampingan anda. apalagi waktu pengerjaannya yang juga tidak begitu lama, anda bisa melakukannya di rumah setiap malam.

4. Freelance Content Writer

Di posisi ke empat ada freelance content writer yang mungkin akan menarik untuk anda yang gemar menulis. Daripada menulis di media sosial dimana anda tidak akan mendapatkan apapun selain like dan komentar, anda bisa mencoba untuk bergabung dengan komunitas freelance content writer.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu content writer, anda bisa mengunjungi beberapa situs seperti situs tentang gadget dan juga makanan. Mereka yang mengisi atau menulis untuk situs tersebut adalah seorang content writer. Content writer bukan selalu harus merupakan seorang wartawan, anda pun bisa mencoba mencicipi bisnis modal kecil ini.

Baca Juga :  Keuntungan Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Saham

Tips untuk anda yang ingin menekuni bisnis modal kecil sampingan ini adalah:

  • Terus berlatih menulis
  • Tingkatkan kreatifitas anda
  • Banyaklah membaca
  • Tekun dalam menulis
  • Cari peluang untuk menjadi penulis tetap

5. Menulis Blog

Yang satu ini sudah menjadi bisnis modal kecil yang cukup lama berkembang di tanah air. Bahkan tidak sedikit para blogger yang mendapatkan keuntungan dalam bentuk dolar dan sukses mengembangkan blog lainnya. Meskipun demikian untuk memiliki sebuah blog yang menghasilkan pundi pundi uang untuk anda, anda harus tekun dalam mengawasi pertumbuhan blog anda. Jalan panjang perlu anda siapkan, oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa anda coba yakni:

  • Pilih blog dengan konten kreatif yang masih jarang ada
  • Blog berbahasa asing lebih direkomendasikan
  • Belajar, karena setiap waktu memungkinkan ada perubahan yang bisa menguntungkan anda
  • Tekun dalam mengisi konten blog anda
  • Promosikan blog anda ke media sosial

Itulah beberapa tips untuk anda yang memiliki keinginan untuk menulis blog sebagai bisnis modal kecil yang bisa anda jadikan pekerjaan sampingan anda. Jika blog anda semakin berkembang, anda bisa mengubahnya menjadi sebuah situs dan anda juga bisa memanfaatkannya sebagai media untuk berjualan bagi mereka yang ingin memanfaatkannya sebagai media promosi.

6. Jasa Pembuatan Website

Bisnis modal kecil yang bisa anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan adalah dnegan menjadi penawar jasa pembuatan website. Website masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai salah satu jalan untuk media informasi maupun media promosi. Beberapa pihak yang akan membutuhkan jasa ini adalah organisasi, sekolah, toko atau online shop dan juga memungkinkan juga bagi suatu komunitas tertentu.

Jasa pembuatan website ini juga sebenarnya tidak hanya sekali saja dibutuhkan, pasalnya untuk memasang situs dengan akhiran .com pemilik harus menyewa webhost dan biaya sewa tersebut dibutuhkan untuk setiap jangka waktu tertentu. Dengan demikian, anda juga bisa menjadi rekan untuk mengurus perpanjangan sewa webhost ini dan juga melakukan maintenance apabila terjadi permasalahan dengan web.

Baca Juga :  5 Bisnis Online Tanpa Modal Namun Menjanjikan

Untuk jasa pembuatan website ini bisa ditawarkan melalui media sosial, website anda sendiri atau bahkan juga ditawarkan melalui e commerce sebagai produk jasa. Yang terpenting adalah upaya bisnis anda dapat dijangkau oleh masyarakat yang mungkin membutuhkannya.

Itulah ke enam bisnis modal kecil yang keseluruhannya berbasis digital atau berbasis internet. Kelebihan dari bisnis berbasis internet atau online digital ini adalah anda membutuhkan modal kecil dan bahkan tanpa modal sekalipun. Yang anda butuhkan adalah bagaimana anda bisa meningkatkan keterampilan serta keahlian anda dalam bidang yang nantinya anda akan geluti.

Dengan adanya internet, anda juga bisa mempelajarinya melalui internet seperti YouTube atau bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan bisnis dengan anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda yang memang memiliki keinginan untuk membuka bisnis modal kecil sebagai pekerjaaan sampingan dengan memanfaatkan media internet yang mudah dan murah.