7 Peluang Usaha Kuliner Populer di Saat Ini

0
123

Salah satu peluang bisnis yang bisa dibilang ramai saat ini adalah peluang bisnis kuliner. Alasannya? Karena peluang bisnis kuliner merupakan peluang usaha yang memiliki perputaran uang yang cepat. Oleh karena itulah tidak sedikit orang yang memilih peluang usaha ini baik dengan franchise maupun tidak dengan franchise. Hanya saja ada beberapa hal yang sebelumnya anda perlu perhatikan sebelum menjalankan peluang usaha kekinian ini.

1. Kualitas rasa

Pastikan rasa dari produk jualan anda memiliki rasa yang menggugah selera. Jangan sampai anda menjual produk dengan rasa yang mungkin tidak cocok dengan selera orang Indonesia. Anda bia melakukan survey ke orang orang terdekat anda.

2. Mempertahankan Kualitas

Hal kedua yang perlu anda perhatikan mengapa peluang usaha kuliner ini perlu mereka yang serius yakni adalah dengan berupaya untuk menjaga kualitas baik pelayanan, produk dan juga yang tak kalah penting adalah rasa.

3. Kreatif dan Terus Belajar

Bisnis kuliner adalah bisnis yang bisa berubah menjadi bisnis musiman. Apabila suatu hal menjadi tren, maka kuliner tersebut akan banyak diburu. Sedangkan yang lama mungkin akan semakin menurun permintaannya. Oleh karena itulah, teruslah menjadi kreatif dan pergunakan waktu luang anda untuk terus belajar.

Nah berikut ini ada beberapa pilihan peluang usaha kuliner yang bisa kamu lakukan. Pilihlah dengan bijaksana agar pilihan anda tepat.

1. Bisnis Katering

Pilihan peluang usaha kuliner pasti dekat dengan urusan masak memasak. Oleh karena itulah ini akan menjadi peluang usaha yang cocok bagi anda. Dalam mengembangkan bisnis katering, anda bisa memulainya dengan usaha yang kecil seperti membuat sarapan dan makan siang. Kedua menu tersebut bisa ditawarkan terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu membuang makanan yang tidak laku dan tentunya meminimalisir kerugian.

Baca Juga :  Tips dan Ide Peluang Usaha Kecil Rumahan

Selain itu, bisnis katering ini sangat cocok untuk anda yang memiliki banyak komunitas baik di dalam di kantor maupun di sekitar tempat tinggal. Target pasar anda yang bisa dicapai tentunya adalah mereka yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak dapat mencari makan atau bahkan mempersiapkan masakannya sendiri. Oleh karena itulah bisnis ini direkomendasikan.

2. Jual Kue dan Snack

Selain peluang usaha katering, peluang usaha kuliner mudah yang bisa anda coba adalah berjualan kue dan snack atau makanan ringan. Peluang usaha ini bisa dibilang sangatlah mudah untuk dimulai karena memiliki dua pilihan yakni bagi anda yang memiliki hobi dan mampu membuat kue anda bisa mencoba menjual bisnis kue buatan Anda. Seperti contohnya adalah menjual kue ulang tahun, kue arisan, dan kue lainnya yang mana hanya akan anda buat sesuai pesanan.

Opsi lainnya adalah mengisi atau menjual snack dan kue kering yang mana pesanan pasti akan membludak di setiap hari raya seperti lebaran. Jelas anda perlu strategi untuk hal tersebut. Opsi kedua adalah jika anda tidak terlalu ahli memasak, anda dapat menjadi penjual kembali atau reseller dari kue atau snack yang banyak dijual di toko online. Kemudian snack tersebut dijual di sekitar lokasi tempat anda tinggal atau bahkan ditawarkan di kantor suami anda. Bagaimana? Sudah memiliki rencana untuk itu?

3. Usaha Minuman Segar Atau Jus

Tidak hanya makanan saja, peluang usaha kuliner juga termasuk untuk minuman segar atau jus. Peluang usaha ini bisa menjadi peluang usaha kuliner anda yang mana usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Dalam bisnis ini anda bisa membidik pasar di kalangan remaja atau mahasiswa. Agar semakin menarik, cobalah kreasi dengan membuat inovasi minuman dan jus dengan mulai dari berbagai wadah yang unik, rasa yang unik dan nama yang membangkitkan rasa penasaran serta termasuk topping.

Baca Juga :  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Menambah Uang Saku Hingga Bayar Kuliah

Di lain sisi, anda juga bisa kembali membawa pilihan untuk minuman-minuman tradisional seperti contohnya adalah minuman sari jahe, bajigur, atau bandrek dengan senihan yang lebih modern. Sebagai tips menjalankan usaha ini, anda harus pintar-pintar mencari kesempatan termasuk lokasi yang bagus, dengan ciri tempat yang mudah untuk dijangkau banyak orang, terutama kalangan pemuda seperti pelajar & mahasiswa.

4. Warung Tenda

Selanjutnya ada warung tenda yang juga menjadi opsi pilihan anda yakni dengan membuka warung tenda. Tempat yang anda buat nantinya diatur sedemikian rupa yang mana meski sangat sederhana namun memiliki menu masakan yang bervariasi, dan untuk harga juga baiknya disetting agar memiliki harga yang terjangkau.

Tips dasar untuk usaha bisa dibilang ini cukup mudah. Disini, anda dapat mencari lokasi yang bagus, dekat dengan konsumen dan juga seseorang dengan kemampuan dalam mengolah hidangan yang diminati. Kemudian anda cukup menunggu untuk pengunjung datang dan harga murah akan membawa pengunjung yang lainnya.

5. Jajanan Luar Negeri

Peluang usaha kuliner untuk makanan unik seperti jajanan luar negeri memiliki banyak peluang. Alasannya usaha makanan jajanan luar negeri ini dipredikisi akan terus bermunculan di tahun ini. Alasan mengapa jajanan luar negeri ini laris adalah dikarenakan karena jajanan luar negeri memiliki citarasa yang berbeda dari jajanan dalam negeri. Alhasil hal tersebut membuat konsumen menjadi penasaran.

Tidak sedikit peluang ini dijalani dalam bentuk franchise, namun tidak ada salahnya juga apabila anda membuat sendiri jajanan luar negeri anda. Anda bisa dengan mudah mencari tutorial pembuatannya di YouTube atau sumber lainnya.

6. Jajanan Pedas

Rasa yang menantang, mungkin itulah salah satu peluang usaha kuliner yang akan terus berjaya di tahun ini. Pada dasarnya masyarakat Indonesia sangat suka makanan pedas. Jadi jangan heran Jika Anda membuka usaha makanan pedas, peluang suksesnya juga akan jauh lebih besar terutama jika diberi berbagai tingkatan menggunakan level.

Baca Juga :  Keuntungan Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Saham

Beberapa contoh dari usaha-usaha makanan pedas yang sudah ramai menjamur dan masih menjadi favorit adalah seperti seblak, ayam geprek, dan juga termasuk sate taichan. Makanan-makanan pedas dijamin sukses merebut hati konsumen masyarakat Indonesia.

7. Makanan Yang Bisa Difoto

Unik memang judul untuk poin ketujuh ini, alasannya tidak sedikit memang orang yang melakukannya yakni memotret makanan sebelum dimakan. Hal ini dapat menjadi peluang kuliner yang mana makanannya terlihat Instagramable alias terlihat cantik untuk difoto. Kenapa hal ini bisa terjadi adalah karena alasan sosial media, dimana Instagram sedang sangat populer digunakan.

Media sosial seperti instagram ataupun facebook memang sering digunakan untuk menampilkan foto-foto makanan yang ditata sedemikian rupa. Hasilnya terlihat bagus atau terlihat unik ini tidak hanya menyenangkan konsumen namun juga dapat menjadi sarana promosi untuk anda. Oleh karena itulah makanan Instagramable ini disarankan sebagai salah satu usaha yang kekinian. Untuk persiapannya, kembali anda bisa mengandalkan tutorial di YouTube dengan kesabaran dan keuletan.

Itulah ke tujuh opsi untuk anda yang berusaha untuk membuka peluang usaha kuliner yang tepat untuk anda. Semoga sukses dengan usaha anda yang baru.