Setiap karyawan pasti menginginkan pekerjaannya dengan sempurna. Untuk melakukan itu perlu pemahaman yang jelas apa yang diharapkan. Anda mungkin juga membutuhkan dukungan dan pelatihan untuk memenuhi harapan.

Manajemen  kinerja bukan  hanya evaluasi setahun sekali. Manajemen kinerja yang baik adalah kolaborasi positif dan berkelanjutan antara Anda sebagai karyawan dengan supervisor. Dengan tetap terhubung dengan supervisor sepanjang tahun, maka dapat membuat penyesuaian terhadap kinerja pekerjaan Anda sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan supervisor dapat menilai dan mendukung kinerja dan kemampuan Anda untuk memenuhi tujuan tahunan Anda sebagai karyawan.

Merencanakan Apa yang Dilakukan Tahun Depan

Anda dan supervisor harus banyak berdiskusi tentang tujuan kerja untuk tahun mendatang. Diskusi ini juga mengevaluasi kinerja  tahunan dan tahun sebelumnya.

Diskusi ini sebaiknya meliputi:

  • Tinjauan deskripsi pekerjaan Anda. Apakah ini akurat dan lengkap?
  • Daftar tujuan untuk mendatang. Sasaran Anda harus dikaitkan dengan sasaran departemen dan deskripsi pekerjaan.
  • Diskusi tujuan profesional jangka panjang Anda. Ini adalah saat yang tepat untuk mengadvokasi pertumbuhan profesional Anda melalui pelatihan dan peluang kerja.
  • Penilaian keterampilan dan pengetahuan Anda perlu dikembangkan untuk mencapai tujuan.

Anda dan supervisor harus mendokumentasikan tujuan Anda dan setiap pengembangan profesional yang diperlukan. Pastikan Anda memeroleh salinan dokumen ini sehingga Anda dapat merujuknya selama periode peninjauan berikutnya.

Jika Anda tidak memahami tujuan dan harapan Anda, pastikan untuk menjelaskan dengan supervisor.

Karyawan Baru

Karyawan baru, atau karyawan yang  baru pindah ke posisi, biasanya diminta untuk menjalani masa percobaan atau masa percobaan. Panjang  periode ini ditentukan oleh perjanjian perundingan bersama  atau program kerja yang berlaku.

Pastikan Anda memahami tujuan dan harapan yang harus Anda penuhi agar berhasil menyelesaikan periode ini dan beralih ke status permanen.

Staf profesional tidak memiliki masa percobaan; alih-alih mereka melayani atas  dasar “sesuka hati”, yang berarti bahwa penunjukan  mereka  dapat dimodifikasi atau diakhiri dengan alasan apapun yang tidak secara tidak sah mendiskriminasikan karyawan atau melanggar kebijakan publik.

Tetap Terhubung

Berhubungan dengan supervisor sepanjang tahun, secara formal atau informal, sehingga Anda dapat menerima umpan balik yang tepat waktu dan teratur tentang kinerja Anda. Pertemuan-pertemuan ini juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk membahas dukungan atau pelatihan tambahan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

Jika tujuan Anda berubah sepanjang tahun ini, mintalah supervisor Anda untuk mendokumentasikan perubahan tersebut.

Laporan prestasi dan pengembangan profesional Anda selama tahun ini terutama prestasi yang terkait dengan tujuan tahunan  Anda. Informasi ini dapat membantu saat untuk tinjauan kinerja tahunan Anda.

Evaluasi Tahunan

Ulasan kinerja biasanya dilakukan setiap tahun. Tinjauan tahunan Anda memiliki dua bagian: evaluasi tertulis dan pertemuan dengan supervisor untuk membahas evaluasi.

Untuk ulasan kinerja tahunan, buatlah sebuah catatan yang Anda simpan pada pencapaian Anda  selama periode ulasan. Catatan-catatan ini dapat menjadi bantuan yang berguna jika Anda diminta untuk menyelesaikan evaluasi diri. Jika tidak dapat diperlukan evaluasi diri, tawarkan untuk merangkum pencapaian  Anda  untuk supervisor. Mengingat segala prestasi dari banyak karyawan itu menantang. Atasan Anda akan menghargai catatan evaluasi yang Anda  tulis.

 Evaluasi Tertulis

Perusahaan Anda mungkin memiliki formulir standar untuk evaluasi kinerja. Mintalah pada atasan Anda salinan formulir kosong sehingga Anda dapat memahami bagaimana penilaiannya.

Formulir evaluasi biasanya mencakup topik-topik berikut di bawah ini:

  • Kualitas pekerjaan (akurasi, ketelitian, kompetensi).
  • Kuantitas kerja (tingkat produktivitas, manajemen waktu, kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu).
  • Pengetahuan pekerjaan (keterampilan dan pemahaman tentang pekerjaan).
  • Hubungan kerja (kemampuan untuk bekerja dengan orang lain, keterampilan komunikasi).
  • Prestasi.

Pertemuan Satu Lawan Satu

Bagi beberapa karyawan, diskusi kinerja wawancara adalah percakapan kerja yang paling menegangkan sepanjang tahun. Tetapi ingat bahwa supervisor ingin agar Anda berhasil dalam  pekerjaan Anda. Jika Anda dan supervisor berkomunikasi secara terbuka dan sering sepanjang tahun, tidak ada apapun dalam evaluasi yang mengejutkan.

Tanyakan kepada  supervisor apakah Anda dapat membaca evaluasi tertulis sebelum rapat. Ini memberi Anda waktu untuk memertimbangkan umpan balik dan mengumpulkan pemikiran Anda sebelum  berbicara langsung dengan supervisor. Anda harus memiliki kesempatan untuk memberikan masukan sebelum evaluasi tertulis diselesaikan.

Setelah Anda dan supervisor mendiskusikan evaluasi Anda, berdua harus menandatangani formulir. Evaluasi Anda disimpan dalam file personalia perusahaan Anda selama  tiga tahun.

Bagaimana Jika Tidak Setuju dengan Evaluasi?

Tanda tangan Anda berarti Anda telah membaca dokumen. Menandatangani formulir evaluasi Anda tidak berarti Anda setuju dengan apa yang telah ditulis.

Jika Anda tidak setuju dengan bagian manapun dari evaluasi Anda, maka Anda dapat menulis surat tanggapan, merinci pandangan Anda tentang kinerja Anda dan bagaimana  hal itu berbeda  dari evaluasi. Periksa program kerja Anda atau perjanjian perundingan bersama untuk proses yang tepat untuk menyatakan ketidaksetujuan dengan evaluasi Anda.

Buatlah Rencana Baru

Setelah tinjauan kinerja tahunan selesai, Anda dan supervisor harus mengembangkan dan mendokumentasikan tujuan dan harapan untuk 12 bulan ke depan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here