Di era modern seperti sekarang ini, pria dan wanita memiliki hak dan tanggung jawab yang berbeda namun memiliki kesempatan yang sama untuk memaksimalkan potensi mereka. Bagi ibu rumah tangga, menjadi pebisnis online bisa jadi pilihan tersendiri apalagi jika telah memiliki anak dengan tanpa pengasuh. Bisnis online untuk ibu rumah tangga merupakan suatu pekerjaan yang akan memberi ruang yang lebih banyak untuknya mengerjakan segala hal.

Seorang ibu rumah tangga pasti ingin memiliki penghasilan sendiri, sehingga tidak hanya mengurus rumah tapi juga bisa membantu perekonomian keluarga. Jika harus bekerja di kantoran, tentunya harus rela melepas anak ke baby sister. Bagi seorang ibu, merawat anak sendiri tanpa bantuan pengasuh itu sudah seharusnya, karena kasih sayang seorang ibu tentu akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Nah, jika penasaran jenis bisnis apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga, berikut uraiannya.

Jenis Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis online adalah solusi tepat sebagai pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga. Hanya dengan modal smartphone dan internet saja. Pekerjaannya bisa dilakukan di rumah atau dimanapun, sambil membersihkan rumah dan merawat anak. Tak butuh modal besar tapi cukup memberikan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Berikut dibawah ini jenis bisnis online untuk ibu rumah tangga yang cocok dan mudah dilakukan:

1. Bisnis Online Kerajinan Tangan Barang Bekas

Wanita memiliki kreatifitas yang tinggi dalam bidang kerajinan tangan. Dengan  demikian, membuat kerajinan tangan di sela-sela pekerjaan rumah tangga sangat berpotensi dijadikan bisnis. Hal ini dapat dijadikan bisnis sampingan  dan kemudian dipromosikan melalui media internet.

Untuk menarik perhatian pangsa pasar buatlah kerajinan tangan dari barang bekas kemudian dimodifikasi menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Dengan bisnis ini, modal yang dikeluarkan pun kecil tapi keuntungan yang dapat diperoleh lumayan besar.

2. Bisnis Keagenan Produk Kecantikan

Sosok wanita yang berwajah mulus dan body seksi walaupun sudah memiliki anak, maka tanpa disadari akan berpotensi sebagai endorser bagi sebuah produk kecantikan ataupun kesehatan.

Nah, kondisi seperti ini merupakan modal awal untuk menjalani bisnis agen produk kecantikan dan kesehatan. Manfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk memasarkan produk yang dijual, dan pilihlah produk-produk yang berkualitas dan pastikan terdaftar di BPOM.

3. Bisnis MUA

Apa itu MUA?  MUA adalah singkatan dari Make Up Artist, salah satu bisnis yang sangat populer dewasa ini. Untuk menjadi seorang MUA, sebelumnya perlu mempelajari teknik dasar dan teknik lanjutan Make Up terlebih dahulu.

Kalau punya hobi dandan, untuk hal seperti ini bukanlah perkara yang sulit. Di media-media internet sudah banyak yang menyediakan tutorial make up seperti Youtube, Pinterest, dan video singkat di Instagram.

Sebelum mulai memilih jenis produk yang tepat, maka langkah yang bisa dilakukan terlebih dahulu bisa dengan kenali dulu merek-merek produk make Up dan pelajari mana yang cocok untuk jenis kulit tertentu.

4. Bisnis Pembuatan Kue

Wanita tentu sangat menyukai dan kompeten dalam hal masak-memasak, termasuk membuat kue. Menerima jasa pembuatan kue untuk acara-acara tertentu bisa menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga.Jika memiliki hobi membuat kue dengan bermacam-macam jenis dan rasa. ini bisa menjadi modal untuk membuka usaha pembuatan kue.

Selain tidak membutuhkan modal besar, pembuatannya juga mudah serta promosinya juga sangat mudah. Untuk menarik perhatian konsumen, tambahkan topping yang indah dan menarik. Kemudian, foto secara jelas dan share ke semua media sosial untuk mempromosikannya.

5. Bisnis Jasa Pembuatan Souvenir Atau Parcel

Ada banyak macam souvenir atau hadiah yang bisa  dibuat untuk berbagai keperluan, misalnya souvenir pernikahan, souvenir kado ulang tahun, oleh-oleh, dan sebagainya. Kunci utamanya adalah ciptakan produk souvenir yang unik.

Dengan demikian, secara otomatis akan menarik perhatian konsumen. Selain itu, dengan memberikan harga kompetitif juga akan menarik perhatian calon pembeli.

6. Bisnis Jasa Titip Online

Bisnis online untuk ibu rumah tangga yang terakhir adalah membuka bisnis jasa titip online. Jenis bisnis ini banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Selain bisa menyalurkan hobi belanja, hal ini tentunya dapat mendapat penghasilan.

Dalam menjalankan bisnis ini, yang dilakukan hanya perlu membelikan titipan barang dari konsumen. Jika konsumen sudah membayar baru barang titipannya dibeli, sehingga terhindar dari potensi mengalami rugi.

Manfaat Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Manfaat-manfaat bisnis online untuk ibu rumah tangga ada yang bisa langsung dirasakan, ada juga yang baru dapat dilihat dalam jangka panjang. Misalnya, jika seorang ibu rumah tangga menekuni bisnis online lalu penghasilannya perbulan di tabung, tentu akan bermanfaat untuk kemudian hari. Hal ini jelas menunjukkan bahwa, manfaat bisnis online dapat dirasakan dan dilihat dalam jangka panjang. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Kestabilan Kondisi Keuangan Keluarga

Meskipun seorang ayah bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan pendapatannya, tetapi ibu bisa memaksimalkan tabungan yang sifatnya jangka panjang. Dengan terjun menjadi seorang pebisnis online, ibu dapat membantu meningkatkan pemasukan ekonomi keluarga sehingga perekonomian keluarga tetap stabil.

2. Meningkatkan Produktivitas

Dengan berkecimpung di dunia bisnis online, akan mengurangi banyaknya akses media sosial dan page yang kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, banyak ibu rumah tangga yang melalaikan pekerjaan rumah bahkan pengasuhan anaknya dan lebih memilih asyik bercengkrama di dunia maya. Dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis, tentu akan mencegah hal demikian dapat terjadi.

3. Terjaminnya Kesejahteraan Keluarga

Di masa modern ini, masih banyak keluarga yang hidup dengan tingkat kesejahteraan cukup rendah. Hal demikian ditandai dengan banyaknya kriminalitas, perceraian karena uang, dan berbagai hal negatif yang dipengaruhi oleh kurang sejahteranya keluarga tersebut. Dengan adanya bisnis online, tentu akan menambah pemasukan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan.

4. Mengasah Potensi Dan Kemampuan

Seorang ibu rumah tangga telah membuktikan seluruh kemampuan yang dimilikinya selama merawat anak, mendidik anak, memasak, mencuci, dan lain sebagainya. Dengan berbisnis tentunya potensi serta kemampuan tersebut bisa semakin berkembang.

Misalnya, kemampuan/keahlian untuk mengatur keuangan. Manfaat dalam jangka panjangnya, hal ini akan menginspirasi anak-anak untuk ikut bekerja keras demi masa depan. Pada umumnya, anak-anak yang sukses di masa depan adalah mereka yang memiliki ibu yang produktif, baik sebagai wanita karier atau ibu rumah tangga.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis bisnis online untuk ibu rumah tangga serta manfaatnya. Mau produktif sebagai ibu rumah tangga ataupun sebagai wanita karir, keduanya sama-sama bisa menginspirasi anak. Selama mereka memiliki affection yang tinggi kepada anak dan motivasi internal maksimal. Kesimpulannya, ibu yang produktif adalah ibu yang terbaik, karena ketika seluruh pekerjaan rumah bisa selesai, anak terdidik dan bisnis lancar, maka hampir semua hal seperti dalam genggaman.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here