Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Dan Keunggulan Menggunakannya

0
1555
pemasaran online

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat per tahunnya. Oleh sebab itu, banyak yang memanfaatkan media internet untuk pemasaran online suatu bisnis ataupun jasanya. Pasalnya, dengan meningkatnya angka pengguna internet, tentu akan semakin memudahkan seorang pebisnis dalam mengenalkan produknya.

Dalam mengembangkan suatu bisnis, teknik pemasaran memegang peranan penting agar konsumen dapat mengenal produk yang dijual. Untuk itu, perlu diatur dan sedemikian rupa teknik atau strategi dalam pemasaran produk sebelum memulai bisnis. Nah, berikut ini ada beberapa strategi dan keunggulannya pemasaran secara online.

Strategi Pemasaran Online Dalam Suatu Bisnis

Strategi pemasaran secara online dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk mengenalkan bisnis kepada konsumen melalui media internet. Dalam mengatur pemasaran secara online ini, tentunya strategi tersebut harus diperbarui terus menerus dari waktu ke waktu agar mampu mengalahkan pesaing. Nah, sebelum memulai untuk memasarkan bisnis secara online ada baiknya mengetahui tahap-tahapnya, antara lain sebagai berikut.

1. Ciptakan Konten Pemasaran Yang Up To Date

Perubahan sosial media yang semakin canggih mengharuskan penggunanya untuk lebih selektif dan kreatif lagi dalam memanfaatkannya. Jika konten yang digunakan seorang pebisnis dalam memasarkan produk secara online tidak up to date maka jelas akan kalah saing oleh para pebisnis lainnya yang lebih inovatif.

Oleh karena itu, ciptakan dan siapkan konten pemasaran bisnis semaksimal dan sekreatif mungkin untuk meningkatkan  penjualan. Konten pemasaran sebenarnya tidak memiliki pengaruh, namun jika konten yang digunakan penuh dengan ide-ide maka jelas akan menarik perhatian konsumen.

2. Memanfaatkan Dengan Optimal Sosial Media

Di era digital yang semakin canggih ini memanfaatkan jejaring internet untuk melakukan pemasaran online sudah tidak lazim lagi di kalangan pebisnis. Beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk melakukan pemasaran secara online melalui sosial media meliputi : fan page di Facebook, video di Youtube, Fanbase di Twitter dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Tidak Semuanya Buruk, Ini Keuntungan Bisnis MLM

Gunakan sosial media seoptimal mungkin sebagai media untuk untuk mengenalkan produk kepada konsumen/pengguna internet. Jumlah pengguna sosial media setiap tahun semakin meningkat, hal ini tentu menjadi  peluang besar untuk mengiklankan produk ke konsumen. Apalagi jangkauannya yang luas menjadikan seorang pebisnis dapat meminimalisir biaya promosi.

3. Gunakan Iklan Berbayar

Setelah membangun atau menciptakan konten yang berkualitas untuk pemasaran online, pastikan pebisnis tersebut  bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dengan memanfaatkan iklan berbayar . Gunakan iklan berbayar pada situs website atau sosial media yang digunakan untuk mengenalkan produk. Dengan memanfaatkan iklan akan membantu traffic pengunjung menjadi semakin tinggi pada suatu situs bisnis. Beberapa situs penyedia layanan iklan antara lain seperti, Google adwords, SEO, Facebook ads dan Instagram Ads.

4. Optimasi SEO Pada Situs Bisnis

Mungkin masih banyak yang belum apa itu SEO dan apa itu SEM. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan situs website seseorang atau perusahaan pada posisi teratas mesin pencari. SEM (Search Engine Marketing) juga bertujuan untuk menempatkan situs website pada posisi Google, namun penggunaan SEM harus berbayar. Salah satu penyedia layanan ini adalah Google Adwords.

Dengan memanfaatkan teknik SEO, bisnis akan dengan mudah dikenal banyak orang. Dalam menggunakan teknik ini, gunakanlah fitur atau tools dari Google dan pilih keyword yang relevan dengan bisnis.

5. Jalankan Email Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah dengan menjalankan email marketing. Tujuan utama penggunaan email marketing dalam pemasaran adalah agar  konsumen yang dituju lebih tepat sasaran. Dengan menggunakan email marketing, akan memunculkan daya tarik atau respon yang sangat baik dibandingkan promosi yang menggunakan layanan lainnya. Penggunaan email marketing juga salah satu teknik promosi yang tidak memerlukan biaya lebih besar dibandingkan mengenalkan atau mempromosikan produk secara online.

Baca Juga :  Bisnis Modal Kecil Berbasis Internet

Dalam membuat email marketing, pertama buatlah judul email yang menarik dan unik. Dengan menggunakan nama yang demikian konsumen akan penasaran ketika dilihatnya. Selain itu untuk dalam menjalankan email marketing, gunakan layanan autoresponder untuk mempermudah mengirim email secara banyak kepada konsumen.

6. Menjaga Relasi dengan konsumen

Pengunjung yang datang ke situs website bisnis belum belum tentu menjadi pembeli. Oleh sebab itu peranan konten dan cara mengkonversi pelanggan menjadi uang sangat penting dalam pemasaran secara online. Untuk itu pengaruhi dan yakinkan konsumen dengan berbagai cara, misalnya dengan menjalin komunikasi yang ramah dengan layanan chatting atau group di media sosial.

Nah, dengan terjalinnya hubungan yang baik antara pebisnis dan konsumen, tentu konsumen akan merasa nyaman tetap berlangganan produk tersebut. Ketika konsumen telah percaya dengan kualitas produk, konsumen tersebut tentu akan royal terhadap produk yang ditawarkan. Dengan adanya konsumen/pelanggan tetap, proses pemasaran inovasi baru produk-produk yang akan dikeluarkan berikutnya juga akan lebih mudah.

Keunggulan Pemasaran Online Dalam Dunia Bisnis

Dengan menggunakan pemasaran online dalam suatu bisnis, secara tidak langsung hal ini akan menghemat biaya anggaran. Umumnya setiap pebisnis tentunya selalu mencari strategi atau cara pemasaran yang seperti apa yang lebih efektif dan efisien. Nah, oleh karena itu pemasaran secara online lah yang dapat menjadi pilihan tepat bagi para pelaku bisnis.

Hanya bermodal alamat email, jaringan internet, dan komputer informasi produk yang akan dijual sudah dapat diakses konsumen dimanapun dan kapanpun. Hal ini tentu sangat menguntungkan di segi biaya, cukup buat akun jejaring sosial dan blog gratis pebisnis sudah dapat mengenalkan produknya kepada konsumen dengan jangkauan yang luas.

Baca Juga :  Bisakah Bisnis Online Tanpa Modal Sepersenpun? Simak Ulasannya Disini

Dengan adanya media internet, menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya bukanlah suatu hal yang sulit. Dengan demikian, tentu saja jika media internet digunakan untuk memasarkan produk jangkauan pasarnya akan semakin lebih luas. Selain itu, pemasaran dengan cara online juga dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya sehingga tak perlu bersusah payah turun tangan langsung.

Cara mengakses informasi saat ini dengan masa dulu tidak lagi sama. Dulu untuk mendapatkan informasi tertentu, seseorang harus menunggu kora terbit, namun sekarang cukup dengan mengaksesnya melalui internet. Dengan memasarkan produk secara online, hal ini telah mempermudah konsumen untuk mengakses informasi tentang bisnis tersebut.

Melakukan pemasaran secara online jauh lebih praktis dan mudah dibandingkan melalui media cetak seperti koran, majalah, elektronis dan lain sebagainya. Selain itu, meningkatnya jumlah pengguna internet setiap tahun meningkat dan tersebar luas. Dengan demikian pelaku bisnis dapat menjangkau konsumen tidak terbatas, sehingga dapat memperluas pasar serta meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Itulah beberapa Strategi dalam pemasaran online dalam suatu bisnis serta manfaat dan keunggulannya. Namun jika menggunakan pemasaran bisnis secara online bukan berarti harus menghentikan pemasaran melalui media cetak dan lain sebagainya. Dengan menjalankan keduanya secara berdampingan, juga lebih menguntungkan. Hal ini mengingat bahwa pemasaran bisnis secara online cukup fleksibel untuk dijalankan.