Bisnis online shop merupakan salah satu bisnis yang paling banyak diminati oleh para pebisnis, terutama pebisnis muda. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan sedikit dan mudah untuk dijalankan. Banyak bisnis online yang sudah ada dipasaran, bahkan tidak hanya menyediakan barang, bisnis online ini juga menyediakan berbagai jenis jasa. Bisnis online ini semakin berkembang pesat semenjak munculnya era digital. Era digital ini juga banyak memunculkan bisnis online baru yang bisa dicoba para pebisnis.

Pada saat ini banyak konsumen yang lebih tertarik membeli di online shop dibanding membeli ke tokonya langsung. Hal ini dikarenakan membeli di online shop lebih praktis dan tidak perlu keluar rumah. Ada beberapa keuntungan bisnis online shop dan tips agar bisnis online yang dijalankan ini bisa laris. Keuntungan dan tips ini wajib diketahui oleh pebisnis yang ingin melakukan bisnis ini.

Keuntungan Bisnis Online Shop

Saat ingin memulai suatu bisnis pastinya pebisnis akan mencari tahu apa saja keuntungan yang akan didapatkannya jika melakukan bisnis itu. Keuntungan bisnis online shop ini cukup banyak. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Modal Yang Dibutuhkan Sedikit

Biasanya dalam memulai bisnis, hal pertama kali yang dipikirkan oleh seorang pebisnis adalah modal yang dibutuhkan. Pada bisnis online shop ini, modal yang dibutuhkan oleh pebisnis tidak banyak.

Pebisnis hanya membutuhkan handphone dan laptop yang tersambung ke internet. Hal inilah yang menyebabkan banyak ditemukan pebisnis muda yang menjalankan bisnis ini. Pebisnis hanya perlu membeli kuota internet untuk menjalankan atau memulai bisnis ini.

2. Bisnisnya Mudah Untuk Dijalankan

Keuntungan selanjutnya jika melakukan bisnis online shop adalah bisnisnya mudah untuk dijalankan. Mudah di sini maksudnya seseorang bisa terjun ke dalam bisnis ini tanpa harus mempelajari suatu ilmu yang sulit.

Paling tidak pebisnis tersebut harus memahami strategi pemasaran ataupun marketingnya agar bisnis yang dijalankannya bisa lancar. Banyak mahasiswa, bahkan pelajar yang sudah terjun ke dalam bisnis ini karena kemudahannya.

3. Laba Yang Dihasilkan Cukup Banyak

Laba atau keuntungan yang dihasilkan oleh pebisnis jika menjalankan bisnis online shop ini cukup banyak. Hal ini dikarenakan kemudahan dan modal yang dibutuhkan juga sedikit. Laba ataupun keuntungan yang cukup banyak inilah yang juga menarik minat pebisnis menjalankan bisnis online ini. Banyak dari para pebisnis yang menerapkan prinsip dengan modal kecil bisa menghasilkan laba atau keuntungan yang banyak.

4. Tidak Perlu Menyewa Atau Membeli Toko

Pebisnis yang akan menjalankan bisnis online shop ini tidak perlu menyewa ataupun membeli toko untuk tempat persediaan barang. Pebisnis cukup menjadi reseller dari supplier yang menyediakan barang atau jasa. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang akan menjalankan bisnis online ini. Mereka tidak perlu meminjam ataupun mengeluarkan uang yang banyak untuk menyewa ataupun membeli toko.

5. Bisa Dilakukan Di Rumah

Semua orang pasti ingin menghasilkan uang hanya dengan duduk di rumah sambil memegang laptop ataupun handphone yang tersambung ke internet. Bisnis online ini bisa dilakukan di rumah, sehingga para ibu rumah tangga yang mengurus anaknya juga bisa menjalankan bisnis ini. Hal ini juga membuat bisnis online shop tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi seperti bisnis offline pada umumnya.

6. Jangkauannya Luas

Bisnis online shop ini jangkauannya sangat luas dan konsumen bisa dari mana saja. Hal ini dikarenakan pada bisnis online menggunakan jangkauan internet yang tidak mempunyai batas. Inilah yang menyebabkan barang atau jasa yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak masyarakat. Dengan internet ini, masyarakat lebih mudah mengetahui barang atau jasa apa yang sedang ditawarkan oleh para pebisnis.

Tips Agar Bisnis Online Shop Laris

Hal yang paling sering ditanyakan oleh para pebisnis adalah bagaimana caranya agar bisnis yang dijalankan bisa laris. Ada beberapa tips yang wajib diketahui para pebisnis agar bisnis online shopnya bisa laris. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Lakukan Riset Pasar

Tips pertama kali yang harus dilakukan agar bisnis online shop laris adalah melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis tersebut. Riset pasar sangat berpengaruh terhadap laris tidaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis.

Pebisnis harus mengetahui terlebih dahulu selera dan tren di pasaran. Jika barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan selera dan tren di pasaran, maka bisnis yang dijalankan akan laris manis.

2. Promosi Melalui Media Sosial

Tips selanjutnya agar bisnis online shop laris yaitu melakukan promosi melalui media sosial. Banyak media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp yang bisa membantu mempromosikan barang ataupun jasa yang akan ditawarkan.

Setiap orang pasti memiliki media sosial ini. Media sosial ini sangat membantu para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya. Promosi dengan media ini jangkauannya sangat luas dan cukup mudah untuk dilakukan.

3. Berikan Diskon Dan Bonus

Setiap konsumen pasti menyukai yang namanya diskon. Agar bisnis online shop yang dijalankan laris, berikanlah diskon produk sebulan sekali ataupun seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen agar melirik barang atau jasa yang ditawarkan. Pastikan saat memberikan diskon pada produk, pebisnis mencantumkan harga lama dan harga diskon. Selain itu pebisnis juga bisa memberikan bonus seperti beli 3 gratis 1.

4. Berikan Pelayanan Yang Baik

Pelayanan sangat penting dalam berbisnis. Untuk itu, berikanlah pelayanan yang baik kepada para konsumen. Pelayanan yang baik ini bisa dilihat dari keramahan pebisnis terhadap konsumen ataupun fast respon saat ada konsumen yang bertanya.

Setiap konsumen pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, jadi pebisnis harus sabar menghadapi setiap konsumen. Jika pelayanannya baik, maka pelanggan akan nyaman dan merekomendasikan produk yang ditawarkan kepada orang lain.

5. Endorse Produk

Tips agar bisnis online shop laris berikutnya adalah melakukan endorse produk. Pebisnis bisa menggunakan selebgram ataupun artis untuk mempromosikan barang ataupun jasanya. Endorse produk ini akan meningkatkan penjualan barang atau jasa yang ditawarkan, bahkan keuntungannya bisa berlipat ganda.

Hal ini dikarenakan selebgram ataupun artis memiliki followers yang banyak. Pebisnis bisa melakukan endorse produk dengan memberikan barang produk yang di tawarkan kepada selebgram ataupun artis.

6. Kumpullkan Foto Dan Testimoni Konsumen

Saat menjalankan bisnis online shop, kumpulkanlah foto ataupun testimoni dari para konsumen. Hal ini dilakukan agar konsumen lebih percaya terhadap produk ataupun jasa yang akan ditawarkan.

Unggahlah foto dan testimoni konsumen tersebut kedalam media sosial yang pebisnis gunakan. Foto ini bisa berupa bukti transaksi dari konsumen terhadap pebisnis, ataupun foto barang yang telah dikirimkan oleh pebisnis.

Itulah beberapa keuntungan yang akan didapatkan dan tips agar bisnis online shop bisa laris yang wajib diketahui oleh para pebisnis. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis online ini cukup banyak dan beragam. Keuntungan ini tentunya akan membuat para pebisnis semakin tertarik terhadap bisnis online ini. Selain jenisnya yang beragam, bisnis online ini juga bisa menghasilkan uang saat tertidur.

Untuk tips di atas, wajib dilakukan oleh para pebisnis agar bisnis online shopnya bisa berkembang pesat atau laris. Tipsnya sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Usahakan untuk mengikuti seluruh tips tersebut agar bisnis yang dijalankan juga lancar. Lakukan tips tersebut secara bertahap jangan sekaligus. Selain tips tersebut, pebisnis juga bisa menggunakan tagar atau tanda pagar saat mengupload foto barang atau jasa agar bisnisnya lebih laris.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here