Bisnis Tanpa Modal, Pilihan Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

0
954
bisnis tanpa modal

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan untuk meraup banyak keuntungan. Salah satu jenis bisnis yang paling menguntungkan adalah bisnis tanpa modal. Jika Bisnis ini adalah bisnis yang dijalankan dengan modal nol rupiah atau sama sekali tidak menggunakan uang. Namun sayangnya masih banyak orang yang ragu untuk berani memulai bisnis tanpa menggunakan modal ini. Padahal ada banyak alasan mengapa bisnis seperti ini harus dijalankan.

Mengapa Sebaiknya Menjalankan Bisnis Tanpa Modal?

Masih banyak orang yang ragu memulai bisnis dengan tanpa modal sama sekali. Hal ini dikarenakan bisnis yang tanpa modal dianggap akan sulit berkembang dan juga keuntungannya tidak seberapa. Padahal jelas hal tersebut tidak benar karena ada banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis tanpa modal. Berikut ini beberapa alasan mengapa sebaiknya menjalankan bisnis tanpa modal:

1. Menghindari Kerugian Materi

Bagi yang ingin berbisnis namun tidak ingin mengambil resiko kerugian, maka jenis bisnis yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Memulai bisnis tanpa menggunakan modal artinya menjalankan bisnis tanpa resiko kerugian yang berarti. Jika ternyata bisnis yang dijalankan tidak berjalan lancar setidaknya tidak ada kerugian materi yang harus ditanggung. Hal ini juga akan menghindarkan pebisnis dari jerat hutang yang tidak dibutuhkan.

2. Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Prinsip bisnis adalah menggunakan modal sekecil-kecilnya dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Modal paling kecil dalam bisnis tentu saja nol rupiah. Dengan modal yang kecil ini maka pebisnis lebih memungkinkan mendapatkan keuntungan. Semua hasil pendapatan bisnis merupakan laba bersih tanpa adanya pemotongan untuk modal awal. Pebisnis akan jauh lebih mudah memanajemen keuangan selanjutnya.

3. Agar Tidak Adanya Beban Dalam Berbisnis

Pebisnis yang menjalankan bisnis dengan tanpa modal pasti akan jauh lebih berani dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan pebisnis tersebut tidak memiliki beban yang berarti. Beban ini bisa berupa berapa jumlah atau target keuntungan yang harus didapatkan untuk menutupi jumlah modal yang dikeluarkan. Tanpa beban yang berarti maka bisnis bisa jauh berkembang pesat.

Baca Juga :  Bisnis Kecil Kecilan Sederhana Untuk Ibu Rumah Tangga Terkini

4. Bisa Dijalankan Segera

Jika memilih untuk langsung memulai bisnis dengan modal yang besar, maka seseorang harus bersabar untuk memulainya. Hal ini dikarenakan tidak mudah untuk mendapatkan modal yang besar. Apalagi bagi seseorang yang belum pernah berbisnis. Tentu saja ini berbeda jika menjalankan bisnis tanpa modal sama sekali. Bisnis jenis ini bisa dijalankan dengan segera. Tidak perlu menunda-nunda bisnis ini untuk bisa segera dijalankan.

5. Tidak Bergantung Pada Sumber Modal

Bisnis yang dimulai sendiri tanpa menggunakan modal jauh lebih bebas dan tidak terikat pada pihak manapun termasuk pada pihak pemberi modal. Sudah ada banyak  contoh bisnis yang gulung tikar hanya karena bermasalah dengan pihak sumber modalnya. Contohnya usaha-usaha yang gulung tikar  karena asetnya disita bank akibat tidak mampu melunasi modal awal yang dipinjam dari bank.

Semua alasan yang ada di atas adalah alasan yang kuat mengapa sebaiknya memulai usaha tanpa harus menggunakan modal sama sekali. Pertanyaannya adakah bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal? Tentu saja jawabannya ada. Setidaknya ada 7 bisnis yang bisa dijalankan tanpa menggunakan modal.

Contoh Jenis Bisnis Tanpa Modal

Jangan merasa bingung memilih bisnis yang bisa dijalankan tanpa menggunakan modal. Di bawah ini ada 5 contoh jenis bisnis yang bisa digunakan tanpa modal. Apa saja bisnis tersebut? Berikut ini 7 contoh bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. di antaranya :

1. Bisnis Konsultan

Jenis bisnis yang pertama adalah bisnis konsultan. Bisnis yang satu ini adalah jenis bisnis yang menawarkan jasa konsultasi terhadap suatu permasalahan seperti permasalahan keuangan, hukum, politik dan berbagai masalah lainnya. Jadikan masalah-masalah yang dimiliki oleh banyak orang sebagai ladang bisnis. Dalam menjalankan bisnis ini seseorang harus memiliki keahlian khusus seperti ahli dalam keuangan. Bisnis ini hanya bermodalkan kreatifitas dalam berfikir dalam memecahkan suatu masalah.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Dan Cara Bisnis Online Yang Baik Dan Benar

2. Bisnis Agensi Wisata

Banyak yang tidak tahu jika bisnis agensi wisata juga bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Bisnis ini bisa dijalankan dengan membuka jasa tour guide untuk wisatawan di tempat-tempat yang dekat dengan lokasi wisata. Bukan hanya menawarkan jasa tour guide, bisnis ini juga bisa dimulai dengan menawarkan pada calon wisatawan rute-rute wisata terbaik atau sebagai jasa konsultasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke suatu tempat. Gunakan sistem pembayaran di depan agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik.

4. Bisnis Jual Beli Tiket

Bisnis jual beli tiket juga bisa dilakukan tanpa modal. Dalam hal ini seseorang bisa bekerjasama dengan agensi penjualan tiket untuk menjadi semacam reseller tiket. Tiket yang dijual ini juga beragam mulai dari tiket pesawat, tiket kereta api bahkan hingga tiket pertandingan tertentu. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama yang kooperatif dengan pihak agensi tiket.

5. Bisnis Penawaran Jasa Translator

Bagi yang jago bahasa asing, maka bisnis yang satu ini bisa dijalankan. Ada banyak pihak yang membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen tertentu. Contoh dokumen yang paling sering dibuat dengan bantuan jasa translator adalah abstrak skripsi. Bisnis yang satu ini sama sekali tidak menggunakan modal. Seseorang hanya perlu mencari orderan berupa pihak yang ingin menerjemahkan dokumen.

6. Bisnis Jasa Tukang Masak

Jenis bisnis yang satu ini berbeda dengan bisnis penjualan makanan. Dalam hal ini, seseorang bekerja untuk memasak makanan untuk orang lain. Ini artinya seluruh bahan makanan yang akan dimasak wajib disediakan oleh pihak yang ingin menggunakan jasa. Bukan hanya bahan makanan yang akan dimasak, bahkan peralatan juga wajib disediakan pihak yang ingin mendapatkan masakan. Jasa tukang masak seperti ini biasanya digunakan untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan.

Baca Juga :  Keuntungan Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Saham

7. Bisnis Penitipan Hewan

Ada banyak orang yang memiliki hewan peliharaan yang terkadang tidak bisa membawa hewan kesayangannya saat bepergian. Hal ini menjadi peluang bagi orang yang ingin membuka bisnis penitipan hewan. Bisnis penitipan hewan ini bisa dimulai dengan tanpa modal sama sekali. Pihak penitip hewan harus menyediakan stok makanan hewan peliharannya selama penitipan. Sehingga, pebisnis hanya perlu merawat hewan dengan sabar selama pemiliknya pergi.

Itulah kumpulan contoh bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Butuh usaha kuat untuk untuk memulai bisnis seperti ini. Hal ini dikarenakan ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh pebisnis. Pebisnis dituntut untuk lebih kreatif dalam menjalankan usaha agar tidak adanya dana tambahan yang perlu dikeluarkan. Bisnis seperti ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis walaupun tanpa modal. Pilih jenis bisnis yang diminati dan lakukan yang terbaik untuk bisnis yang sedang dijalankan. Perlu diingat jika semua bisnis ini dimulai dari dasar atau kecil-kecilan.Namun seiring berjalannya waktu bukan tidak mungkin bisnis kecil-kecilan yang tanpa modal ini bisa menjadi bisnis yang besar.