Untung Besar Dengan Menjalankan Bisnis Travel

0
796
bisnis travel

Di era modernisasi ini, tentu saja bisnis menjadi salah satu hal yang terus berkembang. Salah satu bisnis yang saat ini sedang booming adalah bisnis travel. Banyak sekali yang telah memanfaatkan peluang bisnis ini dikarenakan iming-iming keuntungan yang ditawarkan. Beberapa bisnis yang dapat dijalankan adalah menjadi agen pesawat, tour and travel, mobil dan lain sebagainya.

Bisnis travel terbilang cukup menguntungkan. Bahkan peluang usaha ini mampu meraup keuntungan yang sangat besar meskipun modal yang dikeluarkan rendah. Namun demikian untuk membangun bisnis ini tentunya harus disertai dengan tekad dan usaha yang besar. Untuk mengenal mengenai bisnis travel, yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

Apakah Bisnis Travel Itu?

Bisnis travel merupakan salah satu bisnis jasa transportasi. Bisnis ini meliputi berbagai macam aspek, mulai dari pesawat terbang, kereta api, penyewaan mobil atau motor dan lain sebagainya.

Saat ini bisnis travel baik online maupun offline sedang berkembang di Indonesia. Bahkan pamornya sangat menarik di mata para pengusaha. Hal ini tentu saja berkaitan dengan peningkatan jumlah penggunaan jasa travel ini setiap tahunnya.

Bagi beberapa orang masih awam mengenai peluang bisnis ini. Dikarenakan mereka menganggap bahwa bisnis travel sangat beresiko. Mulai dari kerusakan pada kendaraan, keselamatan penumpangnya dan lain sebagainya. Namun demikian, jangan khawatir, dengan memahami secara benar, tentu saja bisnis ini dapat dijalankan dengan baik.

Tips Menjalankan Bisnis Travel

Untuk memulai bisnis ini tentu saja harus dilakukan dengan benar. Dengan demikian kita tidak akan mengalami kerugian nantinya. Berikut ini beberapa tips dalam menjalankan bisnis di bidang travel ini.

1. Memilih Bisnis Travel Yang Tepat

Hal wajib yang harus benar-benar diperhatikan adalah mengenai jenis travel yang akan kita jalankan. Apakah bus, pesawat terbang, kereta api, mobil dan lain sebagainya. Dengan demikian, bisnis dapat dijalankan dengan maksimal dan lebih mudah dipelajari. Dibandingkan dengan menjalankan bisnis travel dari berbagai jenis bisnisnya.

Baca Juga :  Kamu Ibu Rumah Tangga? Ingin Bisnis? Iniloh Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

2. Jadikan Bisnis Secara Online

Menjadikan bisnis travel menjadi bisnis online merupakan salah satu hal yang tepat. Dengan sistem online tentunya akan semakin mudah dan lebih efektif untuk digunakan. Apalagi saat ini penggunaan internet semakin meningkat. Bahkan hampir semua orang yang akan mengunjungi sebuah tempat, mencari sebuah agen travel secara online.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis ini juga dapat dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial. Dengan cara ini akan dapat meningkatkan penjualan kita. Tidak hanya itu, konsumen juga dapat lebih mudah untuk mendapatkan paket travel yang tepat.

4. Miliki Target Yang Tepat

Agar dapat sukses dalam menjalankan bisnis ini adalah dengan memetakan tujuan wisata yang akan ditawarkan. Seperti mengenai potensi wisata di suatu daerah dan lainnya. Dalam hal ini kita juga harus memiliki database dari setiap tempat wisata yang akan ditawarkan. Mulai dari contact person, harga tiket dan lain sebagainya.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Konsumen selalu menilai setiap pelayanan yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis travel harus memperhatikan pelayanan kepada konsumennya dengan baik. Dengan demikian tidak akan mengalami komplain dari konsumen. Dengan kepercayaan tersebut, tentu saja akan membuat para konsumen datang kembali.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Travel

Setiap bisnis tentu saja memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa keuntungan ketika menjalankan bisnis travel :

1. Bisnis Jangka Panjang

Perkembangan ekonomi di Indonesia semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam pariwisata yang cukup banyak dan meluas di seluruh Indonesia. Dengan demikian sudah dapat dipastikan jika bisnis ini sangat menguntungkan. Dikarenakan bisnis ini memiliki menjadi bisnis jangka panjang dengan prospek yang sangat baik.

Baca Juga :  Keuntungan dan Kekurangan Peluang Usaha Waralaba

2. Modal Rendah

Saat akan memulai sebuah bisnis, modal menjadi salah satu hal yang selalu menjadi bahan pertimbangan. Hampir semua bisnis membutuhkan modal, tidak terkecuali bisnis travel. Namun demikian modal yang dikeluarkan untuk menjalankan sebuah bisnis tentu saja berbeda-beda.

Salah satu keuntungan dari bisnis travel sendiri adalah modalnya sangat rendah. Bahkan dapat dikatakan bahwa bisnis ini hanya membutuhkan sebuah komputer atau smartphone saja. Dengan demikian yang dibutuhkan cukup koneksi internet saja. Untuk memulai bisnis ini juga dapat memanfaatkan beberapa agen travel.

Untuk modal awalnya juga sangat bervariasi. Beberapa agen travel tidak memungut biaya sama sekali atau gratis namun ada juga yang berbayar mulai ratusan ribu saja.

3. Mudah Dan Dapat Dijalankan Di Manapun

Memilih sebuah bisnis memang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Keuntungan lain yang dapat dirasakan jika menjalani bisnis travel adalah kemudahan yang ditawarkan dari bisnis ini. Dalam bisnis ini menggunakan sistem real time dimana kita akan mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain itu, bisnis ini juga dapat dijalankan di manapun. Apalagi jika bisnis dijalankan secara online dengan sistem yang lebih user friendly. Siapapun yang membutuhkan transportasi dapat dengan mudah menghubungi kita sebagai jasa penyedia travel.

4. Pangsa Pasar Cukup Luas

Indonesia menjadi negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap transportasi yang ada. Dengan menjalankan bisnis ini khususnya secara online tentu saja akan sangat menguntungkan. Mengingat Indonesia memiliki wilayah yang dipisahkan dengan perairan.

Dengan pangsa pasar yang terbilang sangat luas ini, tentu saja berbagai jenis bisnis travel akan sangat menguntungkan. Baik pesawat, kapal, bus dan jenis transportasi lainnya.

Baca Juga :  Tetap Bisa Produktif Meskipun Di Rumah, Inilah Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Kekurangan Bisnis Travel

Tidak hanya memberikan keuntungan saja. Setiap bisnis tentu saja juga memiliki kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa kekurangannya :

1. Sistem Reservasi Yang Kurang Update

Banyak sekali konsumen yang sering mengajukan komplain mengenai jasa travel. Salah satunya adalah dalam melakukan pemesanan tiket. Hal ini dapat dipengaruhi oleh website yang kurang update pada sistem reservasinya.

Oleh karena itu, ketika kita sudah benar-benar terjun dalam bisnis ini harus siap dalam membuat website sebagai pemasarannya. Tidak hanya itu, kita juga harus dapat selalu mengupdate sistem reservasi dan semua informasi mengenai travel kita dengan baik.

2. Konektivitas Internet tidak Stabil

Menjalankan bisnis travel secara online tentu saja harus terhubung dengan koneksi internet. Padahal tentu kita tahu bahwa konektivitas internet tidak dapat berjalan secara stabil terus menerus. Namun demikian jangan khawatir, karena kita dapat menjalankan bisnis ini dengan memilih internet yang terpercaya. Selain itu kita juga dapat mengandalkan dua jenis konektivitas internet.

3. Persaingan Cukup Tinggi

Kekurangan dari bisnis travel yang lainnya adanya memiliki persaingan yang terbilang cukup tinggi. Mudahnya dalam menjalankan bisnis ini dengan keuntungan yang besar, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, banyak sekali kompetitor serupa yang sudah memiliki brand atau nama yang populer.

Itulah hal-hal mengenai bisnis travel. Tidak hanya menguntungkan saja, bisnis yang mudah dijalankan ini juga menjadi salah satu bisnis yang cukup populer. Oleh karena itu bisnis ini sering dilirik oleh para pengusaha.