Mengapa Berbisnis Online Dan Alasan Bisnis Online 2019 Anti Mainstream

0
1255
bisnis online 2019

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Hal paling mendasar yang menjadi alasan adalah menjadi bos untuk diri sendiri. Efek positif yang mungkin dapat diperoleh yakni dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi internet, kini orang sudah banyak yang berbisnis secara online. Di awal tahun ini, ada banyak ide bisnis online 2019 yang coba untuk direalisasikan.

Menurut Forbes, 34% dari 500 perusahaan besar dunia sekarang sudah memiliki website dan blog yang aktif sejak tahun 2008. Angka prosentase tersebut tentu saja sudah bertambah di tahun 2019 ini, mengingat bahwa 40% penduduk dunia sudah sangat mengenal dunia internet. Artinya, dalam memasarkan produk dari bisnis tak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu dan dapat dilakukan kepada siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

Alasan Mengapa Bisnis Online 2019 Semakin Digemari

Banyak entrepreneur muda saat ini tertarik untuk membuka bisnis secara online. Ini dikarenakan, budaya yang berkembang ke arah interaksi melalui dunia maya. Data statistik juga mendukung hal ini, di mana 80% penduduk di negara maju serta sepertiga dari penduduk di negara berkembang.merupakan pengguna internet. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain mengapa orang semakin tertarik dengan bisnis online 2019:

1. Dapat Dikerjakan Dari Mana Saja

Alasan pertama mengapa orang melirik bisnis online 2019 adalah fakta bahwa untuk mengelola bisnis dapat dilakukan dari mana saja. Tidak harus selalu berada di daerah perkotaan, namun di daerah pinggiran pun masih bisa dilakukan. Dengan satu syarat tentunya, ketersediaan koneksi internet. Terlebih bagi jenis bisnis yang tidak membutuhkan distribusi barang, maka poin pertama ini 100% fakta.

2. Waktu Yang Fleksibel

Berbisnis online tidak membutuhkan jam kerja layaknya di kantoran, dari jam delapan pagi sampai jam empat sore. Selama pekerjaan dapat terselesaikan dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka kapan pun pengerjaannya tak akan menjadi masalah. Khususnya jika bisnis yang dijalankan sejenis pelayanan jasa seperti bisnis penulisan, desain, dan sejenisnya.

Baca Juga :  Pentingnya Mengatur Strategi Dan Cara Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien

3. Modal Minim

Yang paling menyenangkan dari memulai sebuah bisnis online yaitu modalnya yang bisa dibilang minim. Berbeda dengan membangun bisnis konvensional, membutuhkan lokasi kantor/toko, modal barang, hingga gaji karyawan. Sementara itu, pada bisnis online yang diperlukan hanyalah website atau untuk jenis bisnis toko online, cukup dengan akun media sosial.

Untuk urusan barang, dapat menggunakan sistem preorder dengan sistem pembayaran di depan. Dengan begitu, tak perlu mengeluarkan modal untuk pengadaan barang sama sekali. Bahkan untuk jenis bisnis yang menawarkan keahlian, selain penyediaan platform, tak perlu lagi mengeluarkan biaya apa pun.

4. Tak Perlu Ijazah Atau Sertifikat Khusus

Ketika melamar sebuah pekerjaan, latar belakang pendidikan pasti akan menjadi salah satu indikator penilaian. Di lain pihak, saat berbisnis online ijazah atau sertifikat tidak akan pernah ditanyakan. Yang terpenting adalah pekerjaan mampu diselesaikan dengan baik sesuai dengan pesanan. Ini juga yang menjadi salah satu alasan penting mengapa bisnis online 2019 semakin ramai.

Ide Bisnis Online 2019 Anti Mainstream

Alasan-alasan di atas semakin memperkuat keuntungan dalam berbisnis online. Tak perlu lagi perpakaian rapi dan berangkat ke kantor, namun bisa juga dilakukan dari ruang tamu di rumah dengan celana kolor. Tertarik untuk memulai bisnis online, berikut beberapa ide bisnis online 2019 yang anti mainstream:

1. Self Publish e-Book Via Amazon Kindle

Ide bisnis online 2019 yang satu ini khusus bagi yang hobi menulis cerita dalam Bahasa Inggris. Angka penjualan publikasi e-book mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini disebabkan karena tradisi membaca buku sudah bergerak dalam bentuk digital, yang diprakarsai oleh Amazon dengan gadget Kindle-nya. Tradisi ini menggeser kebiasaan membaca buku cetak, khususnya untuk karya-karya fiksi.

Baca Juga :  Inilah Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Cocok untuk Pemula

Siapa pun dapat mempublikasikan hasil karya tulisannya di platform Kindle. Biasanya untuk satu copy e-book dapat diperoleh dengan harga 0,99 USD atau sekitar 14 ribu rupiah. Untuk mempublikasikan karyanya di Kindle, penulis tidak membutuhkan biaya apa pun. Kecuali jika membutuhkan biaya produksi seperti membayar desainer cover atau editor. Intinya Kindle menyediakan tempat bagi penulis untuk ‘memajang’ karya tulisannya tanpa memungut biaya.

2. Partial Wedding Organizer Online

Persiapan pernikahan sudah terkenal rumit dan melelahkan. Acara sehari yang membutuhkan persiapan hingga berbulan-bulan lamanya. Namun tak banyak orang yang rela berkompromi, karena (harapannya) acara ini hanya diselenggarakan sekali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, semua detail kecil harus sempurna.

Dikatakan partial, karena tidak semua jasa yang mampu ditawarkan wedding organizer yang dibutuhkan dapat dilakukan secara online. Hanya ada beberapa persiapan dalam acara pernikahan yang dapat dialihkan secara online. Misalnya saja seputar pembuatan undangan, souvenir, pembuatan detail dekorasi, dan sebagainya.

3. Audiobook Narrator

Beberapa tahun belakangan audiobook semakin populer dan banyak dicari. Audiobook yaitu buku yang tidak perlu dibaca, karena berbentuk file suara yang telah dibacakan oleh seorang narrator. Persiapan untuk menekuni bisnis ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan yang lainnya. Syarat utamanya adalah memiliki suara yang enak di dengar dan dapat membaca buku, namun tidak terdengar seperti membaca.

Untuk menjadi audiobook narator, awali dengan mengunjungi situs-situs freelancer dan mencari penulis yang membutuhkan jasa narator audiobook. Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah dibutuhkannya studio rekaman khusus. Dengan begitu, tidak ada suara lain yang akan terekam selain narasi buku yang dibaca. Jenis bisnis online ini masih belum begitu populer di Indonesia karena persiapannya yang rumit.

Baca Juga :  Bisnis Untuk Mahasiswa Terbaru 2019

4. Penulis Cover Letter

Satu kesalahan yang sering terjadi yakni pelamar kerja menuliskan cover letter atau surat lamaran kerja yang begitu-begitu saja. Padahal, saat tidak diberi format cover letter, di situlah kesempatan untuk memberikan kesan yang mendalam. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keahlian mengolah kata dan mampu menyampaikan maksud dalam kalimat-kalimat singkat.

Oleh karenanya, bisnis jasa penulisan cover letter memiliki peluang yang bagus. Jasa ini khususnya dibutuhkan bagi para pelamar kerja yang ingin melamar di perusahaan-perusahaan internasional. Selain untuk melamar pekerjaan, dapat juga para pencari beasiswa luar negeri untuk menggunakan jasa ini. Khususnya dalam memeriksa susunan grammatical dan alur penulisan.

5. Tour Guide

Bisnis online 2019 ini cocok untuk diaplikasikan di Indonesia, yang hampir semua daerah memiliki potensi wisata yang unik. Memulai bisnis tergolong mudah, cukup dengan menawarkan jasa pada situs semacam TripAdvisor. Hanya saja, diharuskan untuk memiliki pengetahuan mengenai obyek-obyek wisata yang ada serta mampu menyusun paket wisata yang menarik.

Bisnis jasa online ini banyak dilakukan di daerah-daerah tujuan wisata utama Indonesia seperti Bali dan Jogja. Peluang daerah-daerah lain untuk dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata pilihan pun terbuka lebar, khususnya jika mampu membuat paket wisata yang menarik. Misalnya saja dengan menawarkan paket wisata ketika ada festival tahunan khusus yang akan diselenggarakan.

Melihat arah perkembangan yang ada sekarang, sepertinya bisnis online akan semakin bertambah. Para pakar bahkan mengatakan bahwa pada periode 2025 – 2030, semua bentuk bisnis akan beralih pada sistem online. Oleh karenanya, tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis online 2019 dan merealisasikan mimpi menjadi bos bagi diri sendiri.