Apakah Bisnis Online Via HP ini Sangat Cocok untuk Pemula dan Menjanjikan? Inilah Jawabannya!

0
67

Memiliki bisnis saat ini merupakan hal yang paling didambakan oleh banyak orang. Munculnya para pengusaha sukses di layar kaca dengan beragam cerita yang mereka lalui, seakan menjadi pemantik semangat untuk memiliki bisnis yang sama seperti mereka.

Namun, memulai suatu bisnis bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, langsung memimpikan kesuksesan yang akan segera berada dalam genggaman.

Pemikiran itu bukan suatu hal yang salah. Memang untuk membuat kita terpicu dalam menjalani suatu bisnis adalah dengan memimpikan hal-hal yang bagus dan besar, yaitu kesuksesan.

Jadikan mimpi sebagai motivasi ketika putus asa dan bosan

Namun, jangan hanya bermimpi, karena kebanyakan orang hanya bermimpi, tetapi tidak diiringi dengan aksi nyata. Tentunya ini hanya akan menjadi mimpi belaka dan tak akan pernah terwujud.

Memimpikan kesuksesan pada kemudian hari akan memiliki dampak yang baik ketika usaha telah berjalan. Banyak sekali rintangan dan tantangan ketika mengawali suatu usaha. Kondisi ini menyebabkan muncul rasa putus asa dan bosan.

Kondisi tersebut sangat wajar dialami oleh para pengusaha pemula dan memang itu manusiawi. Ketika berada dalam kondisi itu, tentu motivasi sangat diperlukan dan salah satunya adalah mengingat bagaimana jika sukses nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa beristirahat sebentar, karena tidak jarang orang yang memaksakan dirinya untuk menyelesaikan hal-hal yang harus diselesaikan dengan penuh ambisi dan akhirnya malah berdampak buruk baginya.

Susun rencana kegiatan agar kamu benar-benar produktif

Memang mengejar produktivitas sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Tetapi bukan berarti terus memaksakan diri setiap harinya. Cara termudah untuk mengatasi ini adalah dengan membuat skala prioritas terkait hal-hal yang harus diselesaikan besok. Dengan demikian, kamu hanya fokus untuk mengerjakan hal-hal yang harus diselesaikan besok dan tentunya semua kegiatanmu akan menjadi runtut.

Baca Juga :  Pemasaran Langsung Adalah Pemasaran Yang Menguntungkan, Ini Ulasannya

Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini, bahkan cenderung menyepelakannya. Walaupun kegiatan orang itu sangat banyak di satu hari, tetapi tidak ada satupun yang terselesaikan, maka ini bukan termasuk produktif, tetapi hanya membuang-buang waktu.

Jangan hidup mengalir seperti air, jadilah nahkoda!

Sangat berbeda orang yang sibuk dengan sok sibuk. Orang yang sibuk merupakan orang-orang yang telah menyusun rentetan kegiatan yang harus dilakukannya, baik dalam harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Tidak hanya kegiatan, tetapi mereka juga menetapkan tujuan dengan skema yang sama atau selaras dengan jadwal kegiatan.

Sangat berbeda dengan orang sok sibuk. Dirinya merasa sangat sibuk, tetapi ia tidak membuat jadwal, melainkan hanya menjalani hari saja dan jika ada kegiatan, maka ia langsung melakukannya.

Tak jarang, orang-orang seperti ini menerima banyak kegiatan langsung tanpa tahu bahwa sudah banyak kegiatan yang diembannya. Tak heran ia akan kalang kabut dan menjadi sok sibuk. Tetapi sebenarnya orang-orang seperti ini kebingungan mengenai kegiatan atau target yang harus dicapai.

Coba mulai bisnis online via hp

Saat ini, bisnis sangat beraneka ragam. Hal ini dapat terjadi karena kemajuan teknologi yang ada. Namun, ada salah satu bisnis yang sangat menarik perhatian, yaitu bisnis online via HP.

Tentu banyak orang yang menginginkan bisnis semacam ini, karena sangat praktis. Bayangkan, hanya dengan hp atau smartphone, semua kegiatan bisnis dapat dilakukan dan tentunya bisa dilakukan dimana saja.

Tentu bisnis ini tidak hanya bermodal smartphone saja, karena apalah arti smartphone tanpa koneksi internet, itu tak lain bedanya dengan kalkulator. Kombinasi antara smartphone dan koneksi internet sudah menjadi senjata yang sangat ampuh untuk memulai suatu bisnis.

Namun, kamu pasti bertanya-tanya, apa ada bisnis yang hanya bermodalkan kedua benda itu. Daripada kamu penasaran, berikut adalah beberapa bisnis online via hp yang dapat kamu coba.

Baca Juga :  8 Tips Peluang Usaha Makanan Ringan

1. Toko online

Saat ini, membuka toko dapat dilakukan secara online. Kelebihan toko online dibandingkan toko konvesional adalah dari segi jangkauan pasar, modal dan cara transaksi. Toko online memiliki pangsa pasar yang luas, sehingga sangat mungkin jika barangmu terjual hingga di luar Indonesia atau expor.

Tidak hanya itu saja, modal yang dikeluarkan untuk membuat toko online juga gratis, apalagi saat ini sudah terdapat dua marketplace besar yang ada di Indonesia, yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Kita tahu, bahwa mendaftarkan toko online di kedua situs tersebut gratis.

Cara transaksi toko online juga beraneka ragam, mulai dengan kartu kredit, transfer antar bank ataupun menggunakan dompet elektronik. Banyak kemudahan pembayaran yang dapat dipilih oleh pembeli, sehingga ini adalah hal yang membuat pembeli lebih mudah.

Pembeli juga tidak perlu capek-capek mengunjungi toko, mereka cukup bersantai sambil membuka hp yang sudah terkoneksi dengan internet, maka mereka bisa membeli barang apapun yang sedang dibutuhkan ataupun diinginkan.

Sangat berbeda dengan toko konvensional. Dari segi pasar sudah sangat terbatas, selain itu modalnya juga besar serta cara transaksi umumnya adalah secara tunai dan mungkin saja bisa hutang dulu.

2. Dropshipper

Tidak memiliki modal untuk mengawali usaha bukan hal patut untuk dirisaukan. Pasalnya, saat ini ada usaha yang bernama dropshipper. Usaha ini sebenarnya membuatmu menjadi jembatan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Tetapi, kamu menjembatinya dengan menjual barang dari penjual lainnya dengan skema pembagian keuntungan yang telah ditentukan melalui perjanjian.

Senjata utama untuk menjalankan bisnis ini tentunya cukup smartphone dan koneksi internet. Tetapi, pastikan kamu juga menyediakan powerbank serta menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang bagus, karena untuk mengantisipasi membludaknya pesan terkait pesanan pembeli.

Baca Juga :  Bisnis Tanpa Modal, Pilihan Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Kelebihan dari usaha ini adalah kita tidak direpotkan dengan jasa pengiriman, sehingga benar-benar hemat waktu dan tenaga, tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Modal utama dari seorang dropshipper adalah bagaimana cara untuk membuat calon pembeli percaya, tetapi tetap dengan cara yang jujur. Jadi kemampuan komunikasi sangat diperlukan dalam usaha ini.

3. Reseller

Sangat berbeda dengan dropshipper, seorang reseller berhak menentukan harga jual barangnya sendiri tanpa campur tangan dari orang lain. Reseller sendiri berarti menjual kembali. Dengan demikian, kita harus membeli barang terlebih dahulu dari seseorang, kemudian barang tersebut kita jual kembali.

Untung dari usaha online via hp ini bisa jadi dan memiliki kemungkinan tinggi lebih besar daripada dropshipper, karena harga jual dan keuntungan yang ingin didapatkan ditentukan sendiri.

Selain itu, harga-harga barang yang dibeli dari seseorang penyedia atau menyediakan kesempatan bagi reseller, maka harga yang bisa didapatkan akan sangat jauh dari harga pasaran, sehingga keuntungan juga akan semakin besar.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke bisnis online ini, kamu harus menentukan barang apa yang memiliki prospek yang bagus dan berkelanjutan. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi orang-orang yang ingin memulai karir bisnisnya sebagai reseller.

Jangan sampai kamu hanya mengikuti tren yang ada di masyarakat, karena pasti itu bukan prosper bisnis yang berkelanjutan, walaupun memang bagus. Setidaknya kamu harus menentukan barang-barang yang pasti dibutuhkan setiap hari, tetapi bukan produk seperti shampoo, sabun, pasta gigi dan sejenisnya.

Namun, tidak menutup kemunginan juga jika produk-produk yang sejenis dengan yang telah disebutkan juga memiliki prospek yang bagus di kemudian hari, misalnya saja unik dan sangat bermanfaat dibanding dengan produk sejenis lainnya.