8 Tips Peluang Usaha Makanan Ringan

0
23

Salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh karyawan maupun ibu rumah tangga adalah peluang usaha makanan ringan. Peluang usaha ini dianggap memiliki modal yang tidak banyak, mudah untuk dipasarkan serta yang terpenting adalah tidak membutuhkan waktu khusus sehingga juga dapat dipilih sebagai salah satu peluang usaha sampingan. Lalu apa sajakah tipsnya yang semoga dapat memberikan anda ide bisnis sampingan untuk anda.

1. Beri Nama Yang Unik

Apabila anda ingin menjual snack yang umum ditemukan seperti makaroni atau kripik kentang pedas yang bisa anda stock dalam jumlah besar atau kiloan, jangan lupa untuk memberikan nama yang unik untuk produk anda. Seperti contohnya adalah Mak Apes sebagai singkatan dari Makaroni Pedas. Dengan demikian meskipun anda menjual dalam jumlah yang kecil dan sederhana namun orang-orang dapat mengerti apa yang selanjutnya akan mereka beli.

Namun, dalam pemberian nama untuk toko makanan ringan, nama makanan ringan tersebut anda juga perlu berhati-hati. Jangan sampai menyinggung pihak manapun. Anda juga bisa melakukan survey singkat ke orang-orang sekitar anda mengenai nama makanan ringan tersebut apakah mudah diucapkan, apakah unik, apakah mudah diingat dan sebagainya.

2. Jual Dalam Bungkus Mudah Dibawa

Tips pertama untuk peluang usaha makanan ringan adalah dengan menjual dalam bungkus yang mudah dibawa. Tips pertama ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjadikan usaha makanan ringan ini sebagai usaha sampingan di kantor atau di ruang kerja anda. Anda bisa membeli snack atau makanan ringan dalam jumlah besar dan menakarnya dengan timbangan dengan bungkusan yang lebih kecil.

Memang anda akan menambah modal untuk hal ini karena sebagai modalnya anda perlu membeli plastik berbagai ukuran dan alat pres untuk menutup bungkusannya. Namun, percayalah jika tidak semua konsumen suka membeli dalam ukuran yang besar. Apalagi jika anda memiliki berbagai variasi untuk makanan ringan, besar kemungkinan konsumen akan memilih beberapa varian rasa saat pertama kali membeli.

Baca Juga :  Cara Membuka Dan Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

3. Berikan Nomor Kontak Anda

Baik snack atau makanan ringan yang anda jual dengan bungkusan sendiri atau reseller, jangan lupa untuk memberikan nomor kontak anda. pastikan juga nomor kontak anda tersebut terhubung dengan aplikasi media sosial kekinian seperti Whatsapp. Anda bisa memberikan kontak anda tersebut dalam bentuk kartu. Percayalah, tidak semua orang akan membuang informasi tersebut sia-sia.

Dalam kartu yang memuat nomor kontak anda, anda juga bisa mencantumkan informasi yang  memuat menu atau variasi lainnya dari produk anda. Jadi selain anda juga telah menjual produk anda, anda juga mempromosikan produk anda lainnya.

4. Pastikan Snack Anda Unik

Salah satu yang terpenting dalam peluang usaha makanan ringan adalah anda harus menjual sesuatu yang berbeda atau tidak biasa. Anda bisa melakukan modifikasi dari snack yang sudah anda beli dengan menambahkan cita rasa lainnya atau dengan menambahkan tingkat kepedasan tertentu. Jangan lupa juga untuk melakukan survey pada orang terdekat anda mengenai cita rasa dari snack atau makanan ringan yang nantinya akan anda jual. Pendapat mereka juga bisa anda perhatikan.

Ya, salah satu tips lainnya yang bisa anda garis bawahi adalah masyarakat indonesia sangat gemar makanan pedas dan juga makanan ringan pedas. Jadi anda bisa melakukan pertimbangan untuk cita rasa pedas tersebut.

5. Pertahankan Cita Rasa

Tips yang kelima yang juga sangat penting untuk keberlangsungan bisnis anda adalah dengan mempertahankan cita rasa dari snack atau makanan ringan yang anda jual. Hal ini akan sulit apabila anda mengandalkan produk yang dijual oleh orang lain dan anda menjualnya kembali. Namun, apabila anda memproduksi atau membuat snack atau makanan ringan anda sendiri, maka anda juga harus mempertahankan cita rasa produk yang anda jual.

Baca Juga :  Tips dan Ide Peluang Usaha Kecil Rumahan

Konsumen tentunya ingin merasakan produk yang sama yang mana sudah pernah mereka cicipi sebelumnya. Apabila anda dapat mempertahankan cita rasa tersebut, atau bahkan dapat meningkatkan cita rasanya, maka makanan ringan atau snack tersebut dapat menjadi ciri khas anda yang akan sulit unutk disaingi oleh pesaing anda lainnya.

6. Manfaatkan Media Sosial

Selain memanfaatkan tips di nomor ke tiga, anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Sesekali, tawarkan produk anda pada akun akun yang ramai dikunjungi banyak orang. Media sosial memang menjadi salah satu lokasi promosi yang pas untuk peluang usaha makanan ringan anda.

Mengingat produk yang akan anda tawarkan nantinya akan ditawarkan di media sosial, maka produk anda pun harus layak untuk masuk dan bersaing di media sosial. Oleh karena itulah, bolehlah anda meniru cara promosi produk lainnya di media sosial namun tetap manfaatkan ciri khas dari produk anda.

7. Siap Untuk Berkembang

Memang kita tidak bisa memprediksi apakah peluang usaha makanan ringan akan sukses atau tidak, namun berikan juga kemungkinan atau peluang untuk pihak lain menjadi reseller produk anda. Sebagai pengusaha, selain anda harus siap saat usaha anda gagal anda juga harus siap saat usaha anda berkembang pesat. Oleh karena itulah anda bisa membangun sistem sederhana apabila nantinya anda memiliki kesempatan untuk berkembang.

8. Jangan Pelit Promosi

Tips peluang usaha makanan ringan yang selanjutnya adalah jangan pelit promosi. Ada banyak hal dalam promosi, seperti yang pertama adalah memberikan satu bungkus dari jualan anda sebagai sampling untuk dicicipi calon pembeli. Rugi? Belum tentu. Terkadang keuntungan bukan hanya didapat berupa hasil penjualan, namun juga dari review atau komentar positif, promosi keluar dan lainnya.

Baca Juga :  7 Peluang Usaha Kuliner Unik Yang Layak Untuk Dicoba

Selain promosi dalam bentuk sampling, anda juga membayar iklan di media sosial yang kini caranya semakin lebih mudah. Memang anda harus mempromosikan produk anda dan terkadang ada biaya tersendiri untuk itu, oleh karena itulah pertimbangkan harga dari produk anda untuk kegiatan promosi ini.

9. Tambah Varian

Selanjutnya, anda juga bisa menambahkan varian rasa sebagai salah satu upaya agar pembeli tidak bosan. Varian rasa ini juga bisa anda lakukan survey kepada konsumen atau orang terdekat anda. Namun, pertimbangkan untuk jumlah varian dari produk anda. Jangan sampai anda nantinya kerepotan untuk mengatur slot produksinya. Inovasi rasa pun juga bisa anda lakukan dan yang terpenting mintalah orang terdekat anda untuk menjadi tester dan catat umpan balik mereka.

Itulah 8 tips peluang usaha makanan ringan yang bisa anda pertimbangkan untuk dilakukan. Di era yang canggih ini memang berjualan produk makanan terutama melalui online terlihat sangat menggiurkan. Namun, tanpa langkah yang penuh pertimbangan bukan berarti anda tidak akan menghadapi kegagalan. Jadi, tetap semangat untuk membangun peluang usaha makanan ringan anda dan tetap kreatif.