Beberapa Bisnis Yang Menguntungkan Serta Tips Dalam Memulai Bisnis

0
175
Bisnis Yang Menguntungkan

Banyak orang yang kini mulai merambah ke dunia bisnis. Alasan seseorang membuka peluang usaha sendiri karena akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. selain itu juga keran dengan membuka bisnis, seseorang tidak terikat kerja pada perusahaan. Bisnis yang dapat dilakukan pun beragam, dengan cara yang beragam pula. Mulai dari bisnis yang tanpa modal atau dengan modal yang besar. Bisnis yang menguntungkan menjadikan semua orang tertarik untuk melakukannya.

Bisnis Yang Menguntungkan

Membuka peluang bisnis dengan modal kecil sangat menguntungkan dan dapat menjadi usaha yang menjanjikan penghasilan terbesar. Bentuk peluang bisnis dan usaha yang paling sesuai bagi pemilik modal kecil sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas. Hal ini agar tetap mampu bersaing pada era ekonomi global seperti sekarang bahkan sampai masa yang akan datang. Berikut beberapa bisnis yang menguntungkan yang dapat dimulai, antara lain:

1. Bisnis Agen Jasa Pengiriman

Bisnis agen jasa pengiriman merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan yang sedang menjadi primadona sekarang ini. Peluang bisnis agen jasa pengiriman pun semakin cerah karena pertumbuhan pasar e-commerce. Banyaknya sistem belanja melalui media online mendukung hadirnya perusahaan-perusahaan agen jasa pengiriman barang atau kurir.

Modal yang perlu dikeluarkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi, mulai dari Rp. 5 juta. Selain harus mengeluarkan uang sebagai modal utama, sebagai agen jasa pengiriman juga harus memiliki ruang untuk usaha yang tidak terlalu besar. Selain itu juga diperlukan peralatan dan perlengkapan seperti timbangan, printer, dan seperangkat computer untuk melakukan pencatatan.

2. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing merupakan salah satu model bisnis penjualan berbasis komisi. ini menjadi bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Hal ini karena dalam bisnis ini tak memerlukan modal, tetapi akan memiliki potensi untungnya yang besar dan dapat dikerjakan di rumah. Bisnis ini hanya mengandalkan dunia digital untuk memasarkan produk.

Baca Juga :  Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Sederhana

Cara kerjanya sangat mudah, seseorang hanya perlu mempromosikan produk/jasa milik orang lain (merchant). Promosi dilakukan dengan cara menyebarkan tautan atau URL pada sebuah blog, website, maupun forum online lain yang dimiliki.

Semakin banyaknya pengunjung URL pada merchant, maka akan semakin besar pula kemungkinan produk akan dibeli. Produk yang akan dijual melalui system ini pun beragam, seperti perangkat elektronik, produk kecantikan, alat rumah tangga, dan sebagainya.

3. Bisnis Penjualan Ebook Melalui Internet

Ebook semakin popular di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih lagi didukung dengan semakin meledaknya penggunaan smartphone dan gadget nan canggih saat ini. Jika menjadi seorang pebisnis ebook, maka akan menjadi seperti seorang penulis.

Hal ini karena nantinya seorang pebisnis ebook akan membuat produk dalam bentuk tulisan (dalam bentuk buku). Namun, buku yang akan disajikan dalam bentuk digital. Untuk dapat berbisnis ebook, tidak perlu bekerja sama dengan penerbit.

Berbisnis ebook tentu akan lebih menjanjikan dan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Hal ini disebabkan karena biaya produksi ebook bisa dibilang lebih minim. Seseorang hanya perlu satu kali membuat ebook, dapat menjualnya berulang-ulang. Selain itu, seseorang tidak perlu biaya cetak, biaya pengiriman barang, dan tidak perlu ongkos distribusi.

4. Bisnis Event Organizer

Di era saat ini, keberadaan event organizer tidak bisa lagi dianggap remeh. Jasa event organizer paling dibutuhkan karena dapat membantu mengurus acara, untuk semua orang yang ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat tanpa ribet.

Event organizer menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Sebagai seorang pemula, dapat memulai berbisnis event organizer dari skala kecil terlebih dahulu, seperti lamaran, birthday party, dan bridal shower. Kemudian dapat dilanjutkan ke skala yang lebih besar, seperti pernikahan dan bahkan konser.

Baca Juga :  9 Elemen Dalam Bisnis Model Kanvas Yang Wajib Diketahui Pelaku Usaha Baru

Bisnis event organizer tidak dapat dilakukan seseorang sendiri, sehingga harus dapat bekerja sama dengan tim. Oleh sebab itu, sebagai langkah awal mulailah dengan membuat tim yang solid dan mudah diajak bekerjasama.

Seseorang dapat mengajak teman, saudara atau keluarganya yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Keahlian tersebut misalnya saja ada yang ahli menjadi seorang MC, yang ahli untuk memasak, ahli dalam bidang desain undangan, dan mendekor ruangan.

5. Bisnis Penyewaan Alat Fotografi Dan Video

Kamera kini bukan hanya digunakan oleh orang yang professional saja, melainkan juga telah banyak digunakan oleh orang awam. Orang awam menjadi lebih akrab dengan dunia fotografi karena adanya tren menjadi vlogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya.

Memiliki kamera serta perlengkapannya akan membuat hasil foto dan video menjadi lebih bagus dan jernih. Bisnis penyewaan alat fotografi dan video memiliki peluang lebih besar dan menjadi bisnis yang menguntungkan karena minim pesaing dan belum banyak ditemukan.

Bisnis ini dilakukan dengan menyewakan berbagai macam kamera beserta kelengkapannya. Sebaiknya untuk menyewakan alat fotografi dan video terapkan sistem deposite kepada penyewa.

Hal ini agar nantinya ketika terjadi kerusakan pada peralatan kamera, hanya perlu memotong dari uang deposito yang telah disetorkan. Untuk menambah pelanggan agar lebih banyak, buatlah komunitas dan mengadakan pelatihan atau pertemuan selama beberapa minggu sekali.

Tips Dalam Memulai Bisnis

Menjalankan bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi seorang pemula yang baru mau merintis. Banyak tantangan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses. Selain itu, diperlukan juga beberapa keahlian dan langkah yang tepat untuk bisa sukses. Berikut beberapa tis dalam memulai bisnis yang menguntungkan, antara lain:

1. Bentuk Mindset Bisnis

Langkah awal untuk memulai bisnis adalah dengan menanamkan mindset bisnis dalam pikiran. Dalam bisnis tentu ada untung dan rugi, juga akan menemui hambatan dan rintangan yang harus siap dihadapi. Dengan demikian, harus memiliki mental baja agar bisnis tetap bertahan dan tidak akan mengalami kegagalan di tengah jalan.

Baca Juga :  Strategi Pemasaran Pariwisata Agar Tempat Wisata Ramai Dikunjungi

2. Bulatkan Niat

Mulai bisnis namun tanpa niat yang kuat atau hanya sekedar iseng saja, pencapaian hasil akhirnya tidak akan maksimal. Selain itu juga dapat dipastikan jika akan berhenti di tengah jalan. Maka dari itu bulatkan niat yang kuat untuk berbisnis, sehingga akan memiliki hasil yang maksimal dan tidak mudah menyerah.

3. Fokus Satu Bisnis

Sebagai seorang pemula, fokus menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis karena nantinya akan mencurahkan semua pikiran dan tenaga pada satu bisnis. Memiliki banyak bisnis memang menjadi hal yang baik, tetapi jika pada satu bisnis belum bisa fokus, maka tidak dapat berjalan dengan baik semuanya.

4. Mulai Dari Yang Disukai

Memulai bisnis usahakan dari yang disukai atau dari hobby sendiri. Hal ini karena akan lebih memahami seluk beluk dalam bidang tersebut. Jika nantinya ada kendala, tidak akan kesulitan untuk mengatasinya.

5. Lakukan Hal Yang Unik

Pebisnis harus melakukan inovasi hal-hal unik agar konsumen tidak bosan pada suatu produk. Hal tersebut dilakukan untuk membuat konsumen loyal dan jangan sampai konsumen beralih menggunakan produk pesaing. Selain itu juga agar bisnis dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman, sehingga konsumen puas dengan produknya.

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah beberapa bisnis yang menguntungkan serta tips dalam memulai bisnis. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan seseorang untuk memulai bisnis, agar dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Selain itu juga, telah dijelaskan mengenai beberapa bisnis yang menguntungkan yang dapat dicoba.