8 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

0
302

Sebagai ibu rumah tangga tentunya juga punya keinginan untuk membantu suami dalam menambah pendapatan. Namun, tanggung jawab lainnya seperti mengurus rumah dan yang terpenting adalah mengurus anak tidak dapat ditinggalkan. Oleh karena itulah apabila ingin mencari peluang usaha sampingan ibu rumah tangga anda juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Lalu apa saja jenis peluang usaha yang bisa ibu rumah tangga coba karena mudah dan juga menjanjikan? Berikut ulasannya.

1. Bisnis Katering

Ibu rumah tangga pasti identik dengan urusan masak memasak. Oleh karena itulah peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa sesuai adalah bisnis katering. Bisnis katering ini sangat cocok untuk anda yang pandai memasak terutama memiliki hobi bereksperimen untuk menemukan masakan baru di dapur. Bagi anda yang tidak begitu ahli, anda punya banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Kelebihan dari pekerjaan sampingan ini adalah anda hanya akan bekerja disaat ada pesanan saja. Tidak terlalu repot, karena anda juga dapat sekalian menyiapkan masakan untuk keluarga. Tidak perlu dalam skala besar, anda bisa menyiapkan katering seperti untuk makan siang atau untuk sarapan saja. Dijamin bisnis ini akan berkembang pesat.

2. Membuat Kerajinan Tangan dan Aksesoris

Selain masak memasak, tentunya ibu rumah tangga lebih memahami tentang fashion atau pakaian. Namun disini anda tidak perlu sampai menjadi desainer pakaian. Anda bisa memilih peluang usaha kerajinan tangan dan aksesoris. Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga ini dapat menjadi sumber tambahan untuk penghasilan keluargsa dimana mungkin juga berasal dari hobi Anda yang bisa dijual untuk menghasilkan uang.

Selain anda dapat menyalurkan keterampilan anda dalam membuat kerajinan tangan maupun aksesoris pakaian seperti aksesoris hijab dan pesta, anda juga tidak akan banyak membuang wakti anda dirumah. Anda bisa membuat kerajinan tersebut saat waktu luang dan ketika usaha nada sudah berkembang anda bisa menyerap tenaga kerja untuk menambah produksi.

Baca Juga :  Pilihan Tepat Peluang Bisnis Pulsa Yang Mudah Cara Menjalankannya

3. Jual Kue dan Snack

Selain katering, peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa anda coba adalah dengan berjualan kue dan snack. Peluang usaha ini sangat mudah untuk dilakukan karena memiliki dua pilihan yakni bagi Anda yang suka bikin kue anda bisa mencoba memulai bisnis kue buatan Anda. Seperti contohnya adalah menjual kue ulang tahun sesuai pesanan atau menjual kue kering yang mana di setiap hari raya seperti lebaran pasti akan banyak diburu.

Anda bisa berkreasi dengan berbagai jenis kue dan rasa. Namun jika anda tidak terlalu ahli dalam memasak, anda bisa menjadi reseller dari kue atau snack yang banyak dijual di toko online dan dijual di sekitar lokasi tempat anda tinggal atau bahkan ditawarkan di kantor suami anda. Bagaimana? Sudah memiliki rencana untuk itu?

4. Bisnis Jualan Pakaian

Seperti halnya kerajinan tangan dan juga aksesoris pakaian, ibu rumah tangga pasti dekat dnegan dunia fashion. Bisnis pakaian wanita ini cocok untuk anda yang memperhatikan perkembangan dunia fashion terlebih yang tidak pernah sepi pengunjung adalah di dunia fashion hijab. Tidak perlu mahal mahal, pakaian sehari hari atau pesta saja sudah dapat menjadi produk jualan. Anda bisa jualan pakaian online melalui Instagram dan website marketplace.

Apabila bisnis anda ini semakin berkembang, anda bisa membangun website toko online, membangun brand pakaian sendiri dan menjalankan usaha anda dari rumah. Namun, tidak ada salahnya juga jika anda mengandalkan penjualan offline dengan menawarkan ke orang-orang disekitar anda.

5. Pakaian dan Perlengkapan Bayi

Yang satu ini tidak terbatas pada anda yang memiliki bayi saja, namun sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah perumahan padat penduduk. Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga  dengan menjual barang-barang perlengkapan bayi baik secara online maupun offline adalah peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga :  Bisnis Tanpa Modal Yang Cepat Untung

Alasannya adalah karena kesibukan sehari hari, seringkali orang tua kini banyak yang membeli barang kebutuhan untuk bayi secara online atau yang terdekat. Ini menjadi peluang bisnis untuk anda dimana anda bisa menawarkan produk seperti baju dan celana bayi, botol dot, gendongan, tempat tidur bayi, dan peralatan bayi lainnya.

6. Laundry

Meskipun memiliki modal yang lumayan karena harus membeli mesin cuci tambahan dan juga harus mempekerjakan tenaga bantuan, namun usaha bisnis laundry merupakan bisnis yang sangat potensial beberapa waktu ini. Hal ini semakin menjadi sebuah nilai lebih apabila jika Anda tinggal di lingkungan yang banyak kos-kosan atau perumahan.

Anda juga bisa menawarkan opsi lebih seperti antar jemput untuk menambah nilai jual dari bisnis anda ini sehingga harapannya bisnis anda ini semakin cepat berkembang dan anda dapat mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. Anda sendiri hanya perlu memperhatikan bisnis anda ini dari rumah.

7. Jual Kosmetik

Yang satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang suka atau gemar berias. Bahkan bisnis yang satu ini bisa dikembangkan bersama dengan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya seperti bisnis kerajinan tangan dan aksesoris maupun bisnis fashion anda. Sangat mengasikkan pastinya berbisnis sesuatu yang juga anda gemari.

Peluang usaha mejual produk make up atau kosmetik bisa dimulai dengan menjual krim kulit, pelembab muka, lipstick, pensil alis, maskara, dan sebagainya. Anda bisa menjalankan bisnis anda ini dari rumah, yang harus pertama kali anda lakukan adalah dengan mencari distributor atau supplier yang terpercaya untuk memulai bisnis ini secara online maupun juga offlihe.

8. Bisnis Tanaman Hias

Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya adalah bisnis menjual tanaman hias. Tentunya usaha ini bukanlah usaha yang sepi peminat karena siapa yang tidak menginginkan untuk membuat rumahnya menjadi lebih cantik, hijau dan asri. Pilihlah peluang bisnis ini untuk Anda yang suka bercocok tanam dan anda bisa mencoba berbisnis tanaman hias.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Banyak Modal

Modalnya anda bisa menggunakan pekarangan rumah untuk merawat tanaman hias. Sedangkan biji atau tanaman bisa anda beli di daerah yang memang banyak menjual tanaman tertentu. Ini tentunya memberikan dua keuntungan untuk anda karena selain bisa menjadi bisnis sampingan, namun juga sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Itulah delapan opsi peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa anda pertimbangkan untuk dilakukan. Kedelapan peluang usaha tersebut direkomendasikan dengan pertimbangan anda takkan terlalu sibuk menghabiskan waktu untuk mengurusinya. Dengan demikian tugas anda sebagai ibu rumah tangga dan juga untuk merawat anak dan keluarga anda tetap dapat anda lakukan.

Semoga artikel ini membantu untuk memberikan ide ide segar dalam mempersiapkan bisnis atau usaha anda kedepannya. Jangan meneyerah, terus kreatif dan berkreasi demi keluarga anda tercinta.