8 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

0
1251

Berkeinginan untuk menambah penghasilan sah sah saja. Apalagi jika pekerjaan utama mungkin hanya sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Namun tentu saja sumber penghasilan yang nantinya kita andalkan tidak boleh mengganggu pekerjaan utama kita. Nah berikut ini ada 10 peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa anda coba. Apa sajakah? Mari kita baca ulasannya.

1. Dropshipper

Yang pertama dan seringkali menjadi pilihan banyak orang adalah menjadi dropshipper barang dagangan online. Usaha rumahan ini mejadi trend karena terbilang dapat dijalankan dengan mudah dan juga yang pastinya dengan modal yang relatif minim. Waktu untuk menjalankan usaha ini pun terbilang minim, tak perlu waktu full seharian. Anda bisa menjalankannya dengan memanfaatkan waktu luang yang ada.

Modal yang kira-kira diperlukan adalah:

  • Smartphone atau Ditambah Laptop Lebih baik
  • No Rekening
  • Kuota internet

Apabila anda sudah memiliki poin pertama dan kedua serta setiap bulannya mengeluarkan dana untuk membeli paket internet maka bisa dikatakan anda tidak membutuhkan tambahan modal sama sekali. Pelajari bagaimana mencari supplier barang untuk anda dropship dan bagaimana barang yang cepat laku terjual.

2. Jual Makanan Ringan

Untuk peluang usaha rumahan modal kecil selanjutnya adalah dengan menjual makanan ringan. Ada beberapa alasan mengapa menjual makanan ringan ini bisa diandalkan yakni :

  • Modal kecil
  • Makanan ringan tergolong punya masa kadaluarsa yang panjang
  • Banyak dicari
  • Punya momen penjualan khusus yang ramai seperti pada waktu liburan atau hari raya

Ada dua jenis bisnis penjualan snack. Yang pertama adalah anda membuatnya sendiri, dan yang kedua adalah anda menjadi reseller penjualan snack. Apabila anda tidak punya banyak waktu, maka pilihan kedua bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Itulah beberapa alasan mengapa berjualan snack bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun dalam berjualan snack anda juga perlu jeli melihat keinginan pasar terutama dalam hal selera. Agar bisnis snack Anda berhasil, pastikan cita rasa snack Anda diterima oleh konsumen. Jadi, anda perlu belajarlah cara membuat atau mencari suplier snack dengan cita rasa yang enak.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Dan Tujuan Serta Bentuk Dari Pemasaran Langsung

3. Desainer Grafis

Pilihan untuk peluang usaha rumahan modal kecil selajutnya adalah desainer grafis. Untuk menjadi desainer grafis anda tidak selalu harus kuliah karena anda bisa belajar secara otodidak di rumah melalui YouTube atau sumber lainnya. Modalnya hanya laptop, kreatifitas dan keinginan untuk terus belajar. Trend untuk bisnis desain grafis ini terus mengalami peningkatan permintaan yang pesat. Faktor utamanya tentu saja adalah karena adanya perkembangan teknologi modern yang segala sesuatunya juga dinilai dari segi visual.

Beberapa contoh bisnis desain grafis yang bisa anda pilih seperti desain gambar Tshirt, web atau blog, animasi 3D, logo, kartu nama, banner iklan dan lain sebagainya.

4. Konter Pulsa dan Internet

Selanjutnya anda bisa memilih untuk membuka konter pulsa dan internet. Anda bisa berjualan dua hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia modern saat ini. Bagaimana tidak, penggunaan smartphone sudah menjadi bagian sehari-hari dari gaya hidup masa kini. Bahkan bisa dikatakan jika hampir semua lapisan masyarakat di berbagai usia kini telah memiliki ponsel pintar untuk menemani kegiatan sehari hari.

Sebagai calon businesman tentunya anda dapat melihat bahwa muncul peluang usaha rumahan modal sedikit yang menarik yakni membuka konter pulsa. Untuk modal yang dibutuhkan pertama kali terbilang sangat kecil yakni hanya kisaran 500 an ribu saja untuk deposit awal pulsa Anda. Lainnya? Anda bisa tawarkan untuk menjual perdana internet atau paketan internet yang bisa anda jual di sekitar anda.

5. Freelancer Penulis Online

Peluang usaha rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa anda pilih adalah sebagai freelancer penulis online. Modalnya hanyalah sebuah perangkat komputer atau laptop untuk mengetik dan lainnya adalah kreatifitas anda dalam menulis. Tak hanya menarik saja menjadi penulis konten online, peluang usaha yang satu ini bisa dibilang sangat mudah untuk dikerjakan, terutama bagi Anda yang hobi menulis artikel dan memiliki waktu luang diantara pekerjaan utama anda.

Baca Juga :  Ingin Terjun Bisnis Makanan Ringan? Ketahui Dulu Tips Menjalankannya

Tak hanya itu saja, tulisan maupun konten digital lainnya yang banyak dibutuhkan pada era digital sekarang ini dapat memiliki harga yang mahal. Anda bisa dibayar mahal jika kualitas konten tulisan anda sangat bagus.

Sebagai langkah awal, anda bisa mencoba menawarkan jasa melalui media sosial hingga nantinya setelah berpengalaman anda dapat membuka jasa tulis menulis online tersebut dalam skala besar yang mana tentunya dengan pengelolaan yang tepat.

6. Guru Les Privat

Memiliki kemampuan matematika yang baik atau bahasa Inggris yang baik? Jika iya maka peluang usaha rumahan modal kecil ini sangat tepat untuk anda. Tidak sedikit para orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehari hari, hingga akhirnya untuk membantu belajar anak-anaknya mereka mencari guru les private untuk membimbing belajar.

Usaha ini juga sangat cocok untuk anda yang tinggal di lokasi padat penduduk, seperti contohnya adalah daerah kompleks karyawan, daerah komplek perusahaan dan juga beberapa lokasi lainnya. Modalnya tentu saja adalah hanya ilmu yang anda miliki, kesabaran untuk memberikan bimbingan serta transportasi apabila anda memilih untuk mengunjungi lokasi siswa.

7. Agen PPOB

Peluang usaha rumahan modal kecil yang juga menjanjikan keuntungan yang lumayan besar adalah dengan menjadi agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking). Peluang usaha ini masih sangat jarang ditemukan namun masih memiliki peluang untuk berkembang. Dengan menjadi agen PPOB, anda dapat melayani pembayaran seperti pembayaran listrik, tagihan PDAM, TV berlangganan, tagihan telepon dan internet hingga pembelian tiket pesawat hingga kereta api.

Anda dapat melakukan proses pembayaran dari rumah sehingga sangat cocok untuk usaha sampingan. Sebagai modal utama, ana harus belajar terlebih dahulu mengenai apa saja yang menjadi syarat dan tata cara agar dapat menjalankan usaha PPOB.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Terpercaya dengan Membaca Ini!

8. Menjadi Reseller

Selain menjadi dropshipper, peluang usaha rumahan modal kecil lainnya yang berhubungan dengan berjualan adalah dengan menjadi reseller. Disini anda bisa memilih dengan berjualan dengan sistem online maupun offline. Bagi yang belum paham apa itu reseller, reseller adalah bisnis dengan cara menjual produk yang telah dibeli yang umumnya dibeli secara online. Kemudian produk tersebut dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Hanya saja untuk usaha reseller mengharuskan kita memiliki stok barang terlebih dahulu yang berarti harus memiliki modal juga.

Kelebihan dari peluang usaha ini adalah anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah atau dari mana saja tanpa bataan waktuk tertentu. Selain modal untuk membeli produk, anda juga perlu modal untuk melakukan penawaran secara kreatif agar barang dagangan anda cepat laku.