10 Macam Bisnis Rumahan Yang Mengeluarkan Modal Kecil Beserta Tips Memulainya

0
223
bisnis rumahan

Banyaknya sebuah perusahaan yang menekankan calon karyawannya mengharuskan mempunyai status pendidikan yang tinggi. Bagi yang merasa tidak beruntung mengenyam pendidikan sekolah yang tinggi, maka jangan khawatir dan pesimis dalam mencari pekerjaan. Karena hal tersebut bisa diatasi dengan membuka bisnis rumahan sendiri dengan modal yang sangat kecil.

Macam-Macam Bisnis Rumahan Yang Mengeluarkan Modal Kecil

Bagi yang ingin membuka bisnis rumahan, tidak perlu khawatir lagi untuk memilih bisnis apa karena terdapat banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membuka Jasa Potong Rambut

Bisnis rumahan yang mengeluarkan modal kecil yang pertama adalah membuka jasa potong rambut. Membuka jasa ini tentunya tidak mengeluarkan modal banyak, yakni cukup menyediakan tempat saja dan yang paling penting adalah keahlian dari memotong rambut itu sendiri. Dengan begitu maka pundi-pundi rupiah pun akan mengalir setiap harinya.

2. Membuka Jasa Meubel

Kursi, meja, lemari, dan alat perkakas rumah tangga lainnya tentunya senantiasa dibutuhkan oleh setiap orang. Maka dari itu, membuka jasa meubel pun merupakan bisnis yang sangat menjanjikan sekali. karena dengan adanya bisnis ini maka setiap kebutuhan perkakas rumah tangga akan terpenuhi.

Selain itu, tidak sedikit orang yang mempunyai masalah dengan alat perkakas rumah tangganya ingin diperbaiki kembali dari pada membeli yang baru. Maka dari itu, jasa meubel lah yang bisa mengatasi masalah tersebut. Jadi, jasa ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan bukan?

3. Membuka Jasa Laundry

Bagi wanita karir, tentunya tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurusi urusan rumah tangga, salah satunya adalah mencuci baju. Hal tersebut merupakan peluang besar bagi yang mempunyai mesin cuci di rumah.

Karena mesin cuci tersebut bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan yakni membuka jasa laundry. Jasa laundry pun akan semakin banyak orderan jika sekaligus menyediakan jasa antar jemput.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Paling Laris di Indonesia

4. Budidaya Jamur Tiram

Ingin mempunyai penghasilan setiap harinya namun kerjanya tetap di rumah? Maka budidaya jamur tiram adalah solusinya. Budidaya jamur tiram jika digeluti secara serius maka akan menghasilkan uang setiap harinya. Karena jamur tiram itu sendiri akan tumbuh setiap harinya dan langsung bisa di panen serta dijual. Dengan begitu, maka pundi-pundi rupiah pun akan mengalir setiap harinya.

5. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias pun bisa menjadi bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Karena dari sisi harganya sendiri ikan hias bisa diluar logika. Hal tersebut tentunya harus menguasai pasar terlebih dahulu ikan mana yang paling mahal harganya serta mempunyai potensi besar untuk dijual laris di pasaran.

Jika ingin menjadikan budidaya ikan hias menjadi bisnis rumahan maka ada beberapa tipsnya. Yakni antara lain pilihlah ikan hias dengan harga tinggi, harus bisa menguasai pasar ikan hias, pahami juga teknik pembiakan agar usaha terus menerus berjalan, ikut bergabung dengan komunitas pecinta ikan hias, serta lakukanlah promosi di internet.

Sedangkan ikan hias termahal di Indonesia yang bisa dicoba untuk dijadikan bisnis antara lain sebagai berikut. Ikan gupy, ikan arwana, ikan oscar, ikan discus, dan masih banyak lagi ikan yang hias lainnya yang bisa dijadikan bisnis menjanjikan.

6. Budidaya Ikan Lele

Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele? Ya, ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan serta kandungan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh. Maka dari itu, ikan ini pun banyak dibudidayakan oleh orang karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar serta sangat potensial sekali jika dijadikan sebagai bisnis rumahan.

7. Membuka Jasa Service Elektronik

Setiap rumah pastinya tidak terlepas dari kebutuhan barang elektronik. Barang elektronik ini sendiri bukan tidak mungkin mengalami kerusakan. Maka dari itu membuka jasa service elektronik merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan tentunya sangat dibutuhkan. Pekerjaan tersebut tentunya sangat cocok bagi yang pernah mengenyam pendidikan serta memahami tentang dunia elektro.

Baca Juga :  7 Langkah Memulai Bisnis Saham Untuk Pemula

8. Membuka Toko Kelontong

Jika mempunyai tempat tinggal yang dekat di daerah komplek padat penduduk maupun komplek karyawan, maka membuka bisnis toko kelontong merupakan bisnis yang sangat tepat. Karena hampir setiap orang menyukai sarapan pagi yang satu ini. Menjual kelontong ini pun bisa dibuat dengan berbagai variasi yakni sambil jualan kue basah maupun minuman kopi.

9. Menjual Sate Thai Chan Depan Rumah

Sate thai chan merupakan sate yang berbeda dengan sate umumnya yang dijual oleh pedagang sate lainnya. sate thai chan ini mempunyai sensasi pedas dari sate pada umumnya.

Jika sate yang biasa dibakar setelah diberikan bumbu, namun sate ini sebaliknya. Itulah yang menyebabkan rasa sate ini berbeda dengan sate yang dijual pada umumnya. Membuka bisnis yang satu ini pun sangat menjanjikan sekali. Karena orang-orang tidak banyak yang tahu mengenai sate ini.

10. Membuka Jasa Desain Online

Dunia desain pun tidak akan pernah luput dari kehidupan sehari-hari. Terlebih banyaknya produk-produk baik makanan maupun minuman yang senantiasa bermunculan setiap waktunya. Hal tersebut tentunya diperlukan sebuah desain untuk mempromosikan makanan maupun minuman tersebut agar mempunyai daya tarik bagi konsumen.

Maka dari itu, jasa desain pun sangat dibutuhkan. Bahkan akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang membuka jasa desain online yang bisa dikerjakan oleh mereka di rumah masing-masing. Tanpa mesti keluar rumah dan berseragam, mereka pun bisa mendapatkan uang dengan sangat mudah dan besar.

Tips Memulai Bisnis Rumahan

Bagi yang ingin memulai bisnis rumahan, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memulainya yakni yang mesti dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Meminta Dukungan Dari Keluarga

Tips pertama yang mesti dilakukan adalah meminta dukungan dari keluarga. Hal ini sangat penting sekali karena dengan dukungan dari mereka maka akan memberikan semangat dalam memulai bisnis yang sedang dirintis.

Baca Juga :  Pengertian Bisnis, Tips Dan Macam-Macam Bisnis Modal Kecil

2. Menghindari Pikiran Dari Rasa Takut Gagal

Saat memulai bisnis, maka hindarilah pikiran dari rasa takut gagal. Karena jika rasa tersebut masih terbenam di dalam pikiran, maka rasa takut gagal tersebut akan mengalahkan untuk mencoba bisnis tersebut. Sehingga bisnis itu pun tidak akan berkembang bahkan mungkin tidak akan dicoba sama sekali.

3. Pilihlah Bidang Yang Sesuai Dengan Passion

Saat ingin memulai bisnis, maka pilihlah bidang yang sesuai dengan passion diri sendiri. Hal tersebut agar saat menjalankan bisnis itu sendiri dilakukan dengan enjoy dan tidak ada paksaan. Karena bisnis yang dijalankan merupakan passion dari diri sendiri, maka dalam menjalankannya pun akan sangat menyenangkan.

4. Tentukan Keunikan Dari Produk Yang Dijual

Tips yang selanjutnya adalah menentukan keunikan dari produk yang dijual. Hal ini sangat penting sekali untuk menarik konsumen agar membeli produk yang dijual. Caranya sendiri bisa melalui cara kemasannya, atau dari cara marketingnya yang dibuat beda dengan produk lainnya jika produk yang dijual sudah ada di pasaran.

5. Promosikan Produk Atau Jasa Secara Tepat

Dan tips yang terakhir adalah mempromosikan produk yang dijual secara tepat. Hal ini sangat perlu diperhatikan, agar produk atau jasa yang dijual pun bisa laris di pasaran atau banyak yang menggunakan jasa yang ditawarkan.

Itulah beberapa macam bisnis rumahan yang mengeluarkan modal kecil beserta tipsnya. Jadi bagi yang tidak mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi namun ingin bekerja, maka jangan pesimis karena masih bisa mencoba beberapa macam bisnis yang telah disebutkan di atas.