Jualan Di Marketplace, Solusi Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar

0
1671
Bisnis Online Modal Kecil

Banyak kesempatan untuk menjadi pebisnis sukses dengan cara yang mudah namun menjanjikan. Salah satu peluang yang lebar terbuka adalah dengan melakukan bisnis online modal kecil. Bisnis ini dapat dilakukan dengan menjual produk sendiri. Selain terbuka untuk pebisnis baru, bisnis ini sangat cocok digunakan oleh produsen home made untuk mengembangkan area pemasaran melalui e-marketing.

Cara ini menjadi cara mudah untuk meraih sukses dibidang penjualan. Dengan memanfaatkan kepopuleran marketplace untuk mempromosikan produk sendiri agar cepat melejit di pasaran. Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan menggunakan marketplace untuk bisnis produk sendiri, yaitu:

Keuntungan Menjual Produk Sendiri

Setelah memutuskan untuk bergabung ke marketplace, tentu hal yang harus dipikirkan pertama kali adalah mengenai produk yang akan dijual. Keuntungan berlipat dapat diperoleh saat menjual produk milik sendiri. Hal ini dikarenakan sebab:

1. Mengenalkan Brand Milik Sendiri

Bisnis online modal kecil menjual produk sendiri melalui marketplace, bukan serta merta hanya sebatas bisnis jualan. Meninjau lebih jauh bahwa memasarkan produk miliki sendiri memiliki banyak keuntungan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah bahwa bisnis ini akan mampu berperan sebagai pengenalan brand kepada masyarakat luas.

Brand miliki sendiri ini nantinya akan dapat dikenal secara luas dalam waktu singkat. Dengan cara ini biaya promosi menjadi jauh ditekan sehingga modal menjadi semakin kecil. Selain itu dengan dikenalnya produk oleh masyarakat maka penjualan akan semakin besar dan laba yang didapatkan semakin banyak.

2. Penyediaan Stock Barang Terkontrol

Memasarkan produk sendiri berarti memiliki kontrol secara penuh terhadap produk yang dijual. Sehingga ketersediaan barang, dan kegiatan produksi bisa diatur untuk mencapai balance. Keseimbangan antara penjualan dan produksi yang dilakukan akan mencegah adanya kekosongan atau membludaknya stock.

Dengan ini tidak akan terjadi kehabisan stock karena masalah dari supplier atau dalam proses distribusi. Kehabisan stock menjadi mustahil terjadi, adanya kekuasaan penuh untuk mengontrol barang akan semakin mempermudah jalannya bisnis.

Baca Juga :  Bisnis Online Terlaris Dan Cara Memulainya Agar Meraih Sukses

3. Proses Inovasi  Dan Kontol Biaya Produksi Dapat Dilakukan Dengan Mudah

Salah satu keuntungan dari menjual produk milik sendiri adalah adanya kebebasan dalam melakukan inovasi terhadap produk. Proses pembaharuan produk, penambahan fungsi atau variasi produk menjadi tuntutan pasar. Inovasi diperlukan agar suatu produk dapat bertahan lama di pasaran. Dengan memasarkan produk milik sendiri maka proses inovasi dapat langsung dilakukan untuk segera memenuhi kebutuhan.

Selain itu menjual produk hasil sendiri menjadikan modal yang dikeluarkan menjadi sangat minim. Hal ini dikarenakan bahwa penjual tidak harus membeli barang dari supplier dan mempertimbangkan mengenai biaya pengiriman yang harus dibayarkan.

4. Mengetahui Detail Mengenai Produk Yang Dijual

Penguasaan tentang produk yang dijual tidaklah menjadi masalah bila produk merupakan milik sendiri. Informasi lengkap mengenai jenis, kelebihan, kekurangan serta bahan dasar dan proses pembuatan menjadi landasan yang bagus untuk melayani pembeli.

Informasi tersebut bersifat penting dan wajib diketahui penjual sebelum melayani pembelinya. Karena menjawab secara detail mengenai informasi produk kepada pembeli adalah bagian dari pelayanan yang tidak boleh mengecewakan.

Kelebihan Berjualan DI Marketplace

Marketplace menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi tanpa perlu modal yang besar. Bisnis online modal kecil menjadi sangat mudah dijalankan karenanya. Beberapa marketplace yang terkenal seperti Lazada, OLX, Blibli, dan shoppe adalah sebagian dari beragam marketplace di Indonesia. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan marketplace:

1. Tidak Perlu Biaya Sewa Untuk Toko Offline

Modal usaha menjadi sangat terkuras bilamana harus mengeluarkan uang untuk menyewa ruko atau kios. Namun marketplace membuat semua itu tidak perlu lagi untuk dilakukan. Penekanan pada modal biaya sewa dapat dialokasikan terhadap pengembangan produk. Ini tentu akan membuat keuntungan sangat besar bagi pelaku bisnis online modal kecil saat akan memulai usahanya.

Baca Juga :  Bisnis Online Syariah Dengan Menjadi Pengajar Online

2. Tanpa Harus Membayar Banyak Karyawan

Tak jauh berbeda dengan tidak perlunya menyewa kios atau ruko, marketplace juga membantu pebisnis untuk tidak harus membayar bayak karyawan. Bahkan pengoperasian toko online dapat dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa karyawan.

3. Memiliki Banyak Pengunjung

Keberadaan marketplace sebagai tempat berjualan online terpercaya dan memiliki kredibilitas, memiliki traffic yang tinggi. Sebuah keuntungan untuk pemula bisnis online modal kecil menjadikan ini sebagai media untuk memperkenalkan produk yang dijual.

Langkah ini menjadi sangat tepat diambil, karena proses yang paling sulit untuk dilakukan dalam berbisnis adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Dengan menggunakan marketplace ternama maka langkah ini tidak perlu lagi untuk dilakukan. Oleh karenanya kesempatan bisnis menjadi besar hanya memerlukan tahapan yang tidak seberapa.

4. Peluang Sukses Sangat Besar

Penekanan besar terhadap biaya modal yang harus dikeluarkan oleh pelaku bisnis membuat besarnya keuntungan menjadi semakin jelas terlihat. Disamping itu juga dikarenakan oleh sasaran pasar yang jelas dan tidak membutuhkan promosi yang begitu gencar seperti bila jualan online tidak tergabung dalam marketplace.

Oleh karena itu sudah pasti keuntungan dan peluang bisnis menjadi besar serta sukses sangat lebar terbuka. Pelaku bisnis hanya harus pandai dalam menarik konsumen dengan inovasi produk yang menarik.

5. Memiliki Tingkat Kepercayaan Tinggi Di Mata Konsumen

Memilih marketplace memang sebuah keputusan yang tepat untuk siapapun yang mengawali bisnis online modal kecil. Hanya dengan sedikit langkah mudah maka akan langsung memiliki toko berbasis online di marketplace ternama. Predikat bagus juga telah di cap oleh masyarakat kepada beberapa marketplace terkenal.

Sehingga calon pebisnis tidak harus bekerja keras untuk membangun reputasi baik agar barang dagangan menarik minat pembeli. Tingkat kepercayaan yang tinggi pula akan membuat banyak kunjungan dan transaksi yang dilakukan. Tentu bila hal ini terjadi maka omzet pendapatan yang masuk akan semakin besar.

Baca Juga :  Ini Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun Yang Mudah Dijalankan

Kemudahan Dalam Pengaplikasian Marketplace

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh marketplace untuk semua pengusaha yang menjadi mitra. Hal ini dipertegas dengan upaya marketplace menjadikan web mereka menjadi  sangat bersahabat untuk digunakan. Dari layanan yang lengkap sampai dengan cara penggunaan yang sederhana. Langkah mudah dalam menggunakan marketplace untuk mempromosikan produk sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pembuatan akun : dalam setiap marketplace telah tersedia halaman khusus untuk melakukan pendaftaran. Dan telah dijelaskan langkah mudah dalam melakukannya. Pelaku bisnis online modal kecil hanya perlu untuk mengikuti beberapa langkah yang menjadi kebijakan marketplace.
  • Mengisi jenis barang dan indeskripsi : setelah pendaftaran selesai dilakukan, maka secara otomatis telah tersedia toko online dalam marketplace. Kemudian dapat melakukan langkah lanjutan yaitu dengan menambahkan foto produk, beserta penjelasannya. Penjelasan dianjurkan lengkap dan jelas agar konsumen mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan termasuk harga.
  • Menambahkan informasi penting lain : beberapa informasi yang perlu untuk dilengkapi adalah CP dan Nomor rekening. Dalam hal ini sangat penting untuk menambahkan media sosial, dan nomor telepon agar konsumen dapat mudah menghubungi untuk melakukan jual beli.

Itulah mengapa menjual produk sendiri dalam marketplace adalah salah satu bisnis online modal kecil yang menjanjikan. Brand produk semakin terkenal dan keuntungan pun semakin besar. Segera coba bisnis online modal kecil dengan bergabung marketplace sekarang juga.