Bisnis Online Adalah Kesempatan Emas bagi yang Tidak Memiliki Modal

0
89

Lapangan pekerjaan yang kian menyempit membuat orang-orang harus memikirkan cara-cara untuk mendapatkannya dan salah satunya adalah membuka bisnis. Kita tahu jika bisnis atau usaha merupakan cara terbaik untuk memperoleh penghasilan. Namun, memulai suatu bisnis tidak semudah ketika kita mengkhayal kesuksesan yang akan diraih pada kemudian hari.

Memulai bisnis dengan pemikiran yang positif merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para pemula. Hal ini dikarenakan, dengan pola pikir tersebut, maka semangat untuk menjalaninya juga akan terus ada. Bisa dibilang, pemikiran positif sama halnya dengan oksigen yang kita hirup tiap detiknya.

Memang bisnis merupakan salah satu jalan keluar terbaik untuk mendapatkan penghasilan, tetapi jangan pernah berpikir bahwa untuk mendapatkan rupiah demi rupiah melalui kegiatan ini merupakan hal yang mudah.

Semua pebisnis yang telah sukses tentu sangat memahami hal-hal yang harus dilalui ketika pertama kali terjun ke dalam dunia ini. Mungkin pada tahun pertama, penghasilan bisa jadi tidak ada sama sekali dan bisa jadi hingga tahun kedua, seperti kisah dari salah satu pebisnis sukses terkaya di dunia, yaitu Jack Ma.

Masalah lain yang sering kali muncul ketika akan menjalankan bisnis adalah keterbatasan modal yang dimiliki. Memang hal ini selalu menjadi momok bagi orang-orang yang ingin terjun ke dunia ini. Namun, modal saat ini sangat bisa untuk didapatkan dengan tanpa mengeluarkannya sedikitpun.

Kondisi ini dapat tercapai karena berkat adanya teknologi yang dinamakan internet. Kita tahu bahwa dengan adanya internet, semua hal yang dulunya tidak mungkin, saat ini menjadi bisa dilakukan dan benar-benar merubah gaya hidup. Contohnya saja ketika kita ingin membeli suatu barang.

Dulu, jika orang-orang ingin membeli suatu barang tertentu yang dimana barang itu hanya dijual di tempat A, maka orang atau pembeli tersebut harus mendatangi tokonya secara langsung. Tetapi dengan adanya internet, ternyata kondisi ini menjadi hal yang tidak merepotkan lagi.

Baca Juga :  Ingin Mencoba Bisnis Online Syariah? Iniloh yang Sangat Menjanjikan

Cukup terkoneksi dengan internet dan membuka salah satu situs Marketplace, kemudian mencari barang yang diinginkan, maka pembeli akan memiliki beragam pilihan barang yang sama dengan harga yang bervariasi. Dengan demikian, walaupun di kotamu barang itu hanya ada satu penjualnya, tetapi dengan mengakses situs-situs marketplace, maka kamu juga bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang bervariasi di tempat lainnya.

Tentu ini adalah hal yang sangat memudahkan kehidupan saat ini. Tak heran, waktu di era saat ini berjalan sangat cepat dan dunia terasa semakin sempit, karena semua negara dapat terhubung dengan adanya internet.

Pengaruh internet yang begitu besar terhadap kehidupan, ternyata dapat membuka peluang bisnis yang dapat dilakukan tanpa modal. Ini adalah hal yang menarik. Pasalnya, sebelumnya, banyak dari orang-orang yang meyakini jika modal merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis, tetapi ternyata bisnispun bisa dilakukan tanpa modal. Sebutan yang terkenal dari bisnis ini adalah bisnis online.

Bisnis online adalah cara terbaru dalam menjalankan suatu kegiatan usaha dengan memanfaatkan teknologi internet. Banyak sekali usaha yang dapat dilakukan hanya bermodalkan teknologi tersebut dan tentunya, seperti yang telah disebutkan sebelum, terdapat beberapa bisnis ini yang dapat dilakukan tanpa mengeluarkan modal. Lantas apa saja bisnis online tanpa modal ini? Berikut adalah beberapa bisnis online tanpa modal yang berhasil kami kumpulkan:

1. YouTuber

Menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu kesempatan atau peluang bisnis online yang menjanjikan. Pasalnya, saat ini eksistensi platform digital untuk melihat video ini sudah mengalahkan televisi.

Walaupun bisnis online ini dapat dilakukan tanpa modal, tetapi pada kenyataanya bisnis ini tetap harus berjalan dengan modal. Adapun modal utamanya adalah kreativitas yang didukung dengan peralatan tempur, yaitu kamera, laptop dan koneksi internet.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Peralatan tempur dari seorang YouTuber sebenarnya sudah menjadi kebutuhan orang-orang pada era ini, terutama kamera (dari smartphone) dan internet. Keduanya bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer. Dengan demikian dapat dikatakan jika modal dari bisnis ini adalah kreativitas dan laptop untuk mengedit video.

Lantas bagaimana dengan yang tidak memiliki laptop? Jangan khawatir, pebisnis itu dibentuk untuk mencari jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan. Jika kamu tidak memiliki laptop, maka kamu bisa meminjam temanmu ataupun menyewa.

2. Selebgram

Hampir sama dengan YouTuber, menjadi seorang selebgram juga harus bermodalkan kreativitas, kamera dan internet. Tetapi, karena durasi video di media sosial terutama Instagram dibatasi hanya 1 menit, maka tingkat kesulitannya juga semakin tinggi.

3. Dropshipper

Jika kamu belum memiliki kemampuan dalam membuat video, maka jangan khawatir, karena kamu bisa mencoba menjadi seorang dropshipper. Bisnis online tanpa modal yang satu ini hanya memerlukan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.

Dropshipper merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, pasalnya seorang dropshipper bertugas untuk membantu menjualkan produk dari orang lain. Dengan demikain, tidak diperlukan modal untuk dapat menjual barang. Oleh karena itu, sistem pembagian keuntungan dari bisnis online ini berupa komisi.

4. Admin media sosial

Tidak dipungkiri lagi jika media sosial memiliki peran vital dari tiap bisnis yang berjalan di era saat ini. Oleh karena itu, jasa admin media sosial sering kali dicari para pelaku bisnis saat ini. Memang terdengar sepele, tetapi banyak pengetahuan yang harus diketahui oleh seorang admin agar follower terus meningkat.

5. Desainer

Pengaruh desain dalam kesuksesan suatu bisnis sangat besar, karena manusia merupakan makhluk visual, dimana kita akan lebih cepat menangkap pesan yang disampaikan dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hampir setiap pebisnis saat ini memiliki seorang desainer pribadi untuk mendesain segala macam hal untuk menunjang bisnisnya.

Baca Juga :  Pilihan Bisnis Online Mudah dari Rumah

6. Programmer

Semua hal sudah harus bisa dilakukan secara online, maka menjadi programmer merupakan peluang usaha online yang sangat menjanjikan, terutama untuk program UI/UX dan tentunya mobile programming.

Desain website yang menarik tentu akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama ketika menggunakannya. Tetapi tidak hanya menarik, website juga harus mudah digunakan untuk kemudahan pengunjung dalam menggunakannya. Kedua hal inilah yang dinamakan dengan UI atau User Interface dan UX atau User Experience.

Keduanya dapat dipelajari secara otodidak, jadi tidak ada alasan jika ingin mencoba terjun menjadi seorang programmer, karena modal utama dari bisnis online ini adalah kemampuan dalam memprogram yang didukung dengan laptop dan koneksi internet.

7. Content writer

Jika kamu sangat gemar menulis, maka bisnis online tanpa modal yang satu ini sangat cocok untukmu. Content writer merupakan peluang bisnis online yang bergerak dalam bidang jasa, yaitu menyediakan artikel siap tayang untuk situs-situs, baik situs pribadi maupun toko online.

Tetapi untuk mengolah kalimat agar terbentuk artikel yang berkualitas bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan pengalaman dan tentunya harus rajin membaca agar kosakata semakin kaya.