Peluang Usaha dengan Modal Kecil Ini Cocok Untukmu yang Bermodal Sedikit

0
383

Setiap orang tentu ingin memulai suatu usaha dengan modal kecil. Banyak sekali orang yang telah melakukan persiapan dengan sangat matang, tetapi ketika eksekusi, ternyata modal yang dimiliki kurang atau dapat dibilang modal untuk menjalankan usaha tersebut terlampau besar, sehingga usaha tidak dapat dijalankan untuk sementara waktu dan mungkin saja dalam waktu yang lama.

Modal adalah suatu hal yang relatif. Dengan demikian, setiap pemikiran orang terkait modal dalam usaha memiliki interpretasi yang berbeda atau memiliki arti tersendiri. Bagi orang-orang yang terlahir sebagai Sultan, maka modal bukan hal yang susah, tetapi bagi orang-orang yang terlahir dengan keadaan yang pas-pasan, maka modal merupakan hal yang dapat membuat gundah.

Secara umum, banyak orang yang ingin melakukan usaha dengan modal sekecil mungkin, tetapi ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Ada juga yang berpikiran bahwa modal kecil, pasti juga akan mendapatkan keuntungan yang kecil dan pada umumnya pemikiran yang kedua adalah hal yang sering terjadi di kehidupan nyata, karena itulah hukum alam.

Modal tidak hanya uang, sikap pun termasuk didalamnya

Bisa jadi modal suatu usaha itu kecil, tetapi kecil dalam bentuk materi dan akan membesar seiring dengan usaha yang dikerahkanya untuk meraih hasil yang terbaik.

Ketika seseorang melakukan usaha dengan begitu keras dan benar-benar profesional, maka itu juga terhitung sebagai modal. Dengan demikian, jika ia memperoleh untung yang besar, maka sebenarnya dia juga telah mengerahkan modal yang besar, yaitu dengan menambahkan modal sikapnya dalam menjalankan usahanya itu. Semuanya berjalan seimbang karena Tuhan Maha Adil.

Dengan demikian, kita dapat mengkategorikan modal usaha itu terdiri dari dua jenis, yaitu modal berupa materi dan modal berupa kerja keras atau sikap. Modal sikap dalam usaha tentu terdiri dari disiplin, teliti, cermat, profesional, dan rajin. Tetapi, jika kita berbicara modal secara materi, maka mulai dari yang sangat besar, menengah, hingga kecil.

Baca Juga :  8 Produk Terlaris Untuk Peluang Usaha Online Shop

Inilah beberapa peluang usaha modal kecil

Peluang usaha dengan modal kecil atau bermodal sedikit sebenarnya sangat banyak dan beruntunglah kamu jika kamu membaca artikel ini hingga selesai, karena berikut ini adalah beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang sangat dicari oleh orang-orang.

1. Membuka jasa tulis artikel

Tidak semua orang dapat menulis artikel. Sekilas, usaha yang bergerak dalam bidang jasa ini terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya, menulis merupakan hal yang sulit. Namun, semua orang memiliki potensi yang sama untuk dapat menulis, yaitu dengan syarat ia gemar membaca, sehingga kosakata yang ia miliki akan semakin kaya.

Pemahaman terhadap banyaknya kosakata akan memudahkan ketika merangkai sebuah kalimat dan tentunya kalimat-kalimat akan terus saling berhubungan hingga pada bagian akhir, sehingga menciptakan bacaan yang runtut dan enak ketika dibaca.

Mewujudkan bacaan yang runtut dan enak dibaca bukan perkara yang mudah. Jam terbang harus tinggi. Oleh karena itu, kamu tidak akan mendapatkan hasil ini secara cepat. Berlatilah menulis tiap harinya. Agar memudahkanmu untuk melakukannya, carilah topik-topik yang membuatmu tertarik untuk menulisnya.

Contohnya adalah apabila kamu sangat gemar dengan semua hal yang berbau backpacker, maka tulislah hal-hal yang menyangkut mengenai hal tersebut. Dengan demikian, kamu akan menulisnya dengan senang hati dan passionate atau penuh gairah.

2. Membuka warung kopi

Usaha kuliner yang satu ini sangat umum dan bisa dibilang biasa saja. Dengan demikian, jika kamu memutuskan untuk membuka usaha ini, maka pikirkanlah konsep warung yang berbeda dari yang lainnya.

Selain itu, pastikan juga koneksi internet di warung milikmu sangat cepat. Namun, poin inilah yang sering menjadi masalah pada kebanyakan warung kopi, karena internet yang disebar melalui jaringan Wi-Fi tidak diatur dengan baik, sehingga terjadi perebutan bandwith antar pengguna.

Mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan MikroTik untuk membagi kecepatan internet dengan rata kepada tiap pengguna. Dalam MikroTik, terdapat sistem yang dinamakan limiting bandwith, dimana dengan sistem tersebut dapat dibangun suatu logika yang dapat mengatur kecepatan internet jika digunakan untuk beberapa pengguna.

Baca Juga :  Tips Memilih Peluang Usaha Mikro Sesuai Potensi Modal

Contohnya adalah apabila kecepatan internet di warung kopi milikmu adalah 10 mpbs dan kapasitas warungmu adalah 25 orang, maka apabila semua pembeli menggunakan Wi-Fi, maka kecepatan yang didapat tiap pengguna adalah 0,4 mbps. Jadi sistem ini akan langsung membagi kecepatan internet untuk tiap pengguna sesuai dengan banyaknya pengguna.

3. Membuka jasa editing

Manusia adalah makhluk visual, dimana ini berarti gambar memiliki peran yang besar terhadap kehidupan manusia. Dengan demikian, foto ataupun video yang bagus merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian orang. Namun untuk menghasilkan foto ataupun video yang bagus bukanlah perkara yang mudah.

Memang semua orang dapat melakukan editing pada foto atau videonya, tetapi hasilnya pasti akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang yang memang berkecimpung di dunia ini.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kemampuan untuk mengedit foto ataupun video yang bagus, maka tidak perlu berpikir lama-lama, langsung buka saja jasa editing foto dan video. Tetapi, kendala utamanya adalah harga software editing foto dan video tergolong mahal. Namun jangan khawatir, karena banyak juga software sejenis yang gratis.

Seharusnya, software bukan menjadi penghalang bagi orang-orang yang memang jago dalam editing foto, karena pada dasarnya, tiap software sejenis memiliki fungsi yang sama, tetapi hanya beda dari segi tools dan cara penggunaannya saja.

4. Membuka jasa desain grafis

Berbeda dengan jasa editing, jasa desain grafis merupakan suatu jasa untuk menciptakan pesan dalam wujud komunikasi menggunakan elemen visual, seperti gambar, tulisan, dan bentuk. Dengan demikian, desain grafis merupakan suatu karya yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.

Desain grafis merupakan alat yang sangat kuat untuk memudahkan orang-orang dalam memahami informasi yang disampaikan. Kita tahu bahwa saat ini hampir semua informasi yang tersebar di media sosial, khususnya akun-akun informasi, pasti memvisualisasikan informasinya.

Baca Juga :  Kamu Ibu Rumah Tangga? Ingin Bisnis? Iniloh Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

Desain yang menarik juga bisa menarik perhatian para pembaca. Oleh karena itu, salah satu peluang usaha modal kecil ini memiliki masa depan yang bagus, karena pasti hingga kapanpun, desain grafis akan selalu dibutuhkan.

Sama halnya dengan jasa editing, software untuk membuat desain grafis juga tergolong mahal. Tetapi, kamu bisa menggunakan software yang gratis, seperti Inkscape untuk mengganti Corel Draw dan GIMP untuk mengganti Photoshop.

5. Membuka jasa titip beli

Saat ini, ketika orang-orang ingin membeli suatu barang, maka ia bisa membelinya dari manapun dan kapanpun. Bahkan untuk memilih toko pun juga sangat bebas, mulai dari negara asalnya sendiri hingga dari negara orang lain atau pasar global.

Semua ini dapat terjadi karena adanya toko online. Kita semua pasti sudah familiar dengan Alibaba, Amazon, Ebay dan beberapa toko online yang sudah bergerak di skala internasional lainnya.

Hampir semua barang tersedia di toko online internasional tersebut, sehingga ketika ingin membeli barang tertentu, maka cukup membelinya langsung. Namun, untuk membeli barang di toko online internasional tidak bisa dengan melakukan transfer antar bank layaknya jika membeli di toko online di negara sendiri.

Umumnya, pembayaran dilakukan dengan PayPal dan kartu kredit, seperti dari MasterCard dan sejenisnya. Metode pembayaran ini menjadi kendala bagi kebanyakan orang, karena sangat tidak mungkin membuat kartu kredit jika hanya digunakan belanja sekali ataupun dua kali saja.

Disinilah kamu bisa menyediakan jasa titip beli barang dari toko online internasional. Jadi modal utamamu adalah kamu harus memiliki akun PayPal yang telah terverifikasi. Dengan begitu, kamu sudah dapat menjalankan usaha ini.