7 Bisnis Makanan Paling Laris

0
368

Tak hanya bisnis fashion saja yang terus berkembang, bisnis seperti bisnis kuliner atau bisnis makanan juga masih memiliki pangsa pasar yang besar. Alasannya karena kita sebagai mahluk hidup membutuhkan makanan dan sebagai manusia kita juga mengenal cita rasa sehingga selalu mencoba untuk mencari makanan dengan cita rasa berbeda. Maka tidak heran jika tidak sedikit yang mencoba peruntungannya dengan membuka peluang usaha sebagai penjual makanan baik makanan hasil produksi atau hasil memasak sendiri atau juga makanan yang didapat dari produsen. Apa sajakah bisnis penjualan makanan yang laris saat ini? Berikut ulasannya.

1. Makanan Pedas Berlevel

Orang Indonesia terutama untuk orang Jawa adalah penggemar makanan pedas. Maka dari itu tidak heran jika permintaan untuk bisnis makanan jenis ini juga menjadi salah satu peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual. Makanan pedas terutama makanan pedas berlevel ini memiliki daya tarik bukan hanya karena rasanya namun juga karena ketertarikan untuk menantang seberapa kuat mampu menahan rasa pedas.

Maka tidak heran jika pedagang makanan berlomba-lomba memberikan label level pada produk jualannya. Dampaknya? Secara positif pembeli penasaran dengan rasa pedas yang diberikan, apakah dapat dijinakkan atau gagal menjinakkan makanan pedas.

2. Makanan Unik Nostalgia

Di posisi ke dua bisnis makanan yang menjadi salah satu produk terlaris yang dijual adalah makanan unik. Makanan unik ini seringkali merupakan makanan nostalgia yang dulu banyak dijual namun sekarang mulai langka. Pembeli dari makanan unik ini sendiri kebanyakan mereka yang sudah berusia dewasa.

Beberapa contoh makanan unik yang dijadikan sebagai bisnis makanan adalah seperti telur gulung yang merupakan telur goreng yang direkatkan pada sebuah batang lidi dan diputar putar, kemudian ada mi lidi atau mi yang memanjang seperti lidi, es goyang yang mana merupakan sebuah hidangan es yang cara penyajiannya adalah dengan cara digoyang.

Baca Juga :  Tips Memilih Peluang Usaha Mikro Sesuai Potensi Modal

Bisnis makanan ini biasanya ditempatkan di lokasi-lokasi yang ramai seperti tempat wisata, Car Free Day, atau lokasi ramai lainnya. Dijamin laris.

3. Makanan Korea

Gempuran budaya korea ternyata tidak hanya berupa lagu atau musiknya saja, melainkan juga hingga ke gaya berpakaian bahkan juga makanan. Ya, makanan korea adalah salah satu jenis bisnis makanan yang banyak digeluti dan juga cukup laris. Yang membeli pun tidak terbatas pada penggemar K Pop saja namun juga mereka yang tertarik dengan cita rasa masakan asal Korea Selatan.

Tidak hanya restauran saja yang menyajikan masakan atau makanan korea, pedagang kaki lima pun juga banyak yang mengadopsi produk makanan ini sebagai produk jualan mereka. Beberapa makanan korea yang laris dijual adalah seperti Japchae, Bibimbap, Ramyeon, Tteokbokki, Kimchi, Kimbap, dan juga Bulgogi.

4. Makanan Pagi

Tak perlu repot-repot, bisnis makanan yang laris dibeli kebanyakan orang setiap pagi tentu saja adalah makanan pagi. Makanan pagi ini dicari tentu saja karena pembeli tidak sempat untuk memasak dan juga mungkin dengan membeli makanan pagi atau sarapan itu lebih mudah atau lebih efisien untuk para pekerja atau karyawan atau bahkan pelajar dan mahasiswa.

Beberapa makanan pagi yang banyak dicari adalah seperti soto ayam, bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk dan satu lagi adalah yang mungkin masih belum banyak orang tahu adalah makanan pengganti ASI atau MPASI. Pilihan makanan tersebut banyak dipilih karena memiliki kemungkinan untuk banyak dicari.

5. Makanan Ringan

Selanjutnya yang juga bisa direkomendasikan sebagai produk untuk bisnis makanan adalah makanan ringan. makanan ringan ini bisa berupa makanan ringan yang dijual kiloan atau bahkan makanan ringan dalam kemasan baik yang berasal dari produsen dalam negeri atau bahkan produsen luar negeri.

Baca Juga :  Peluang Usaha Tanpa Modal Ini Sangat Menjanjikan, Kamu Harus Baca Ini

Makanan ringan ini bisa berupa makanan ringan pedas, seperti yang ada di poin pertama atau makanan ringan tradisional seperti makaroni, keripik kentang maupun keripik pisang dan juga lainnya. Makanan ringan ini memiliki daya tahan yang lebih lama sehingga memiliki kemungkinan untuk dijual secara online.

6. Makanan Hari Raya

Selanjutnya yang bisa anda jual untuk bisnis makanan anda adalah bisnis makanan hari raya seperti kue dan biskuit hari raya. Perayaan hari raya yang ramai diadakan di Indonesia seperti Hari Raya Idul Fitri merupakan momen dimana kebutuhan akan makanan ringan khusus hari raya ini sangat tinggi. Tidak semua orang dapat memasaknya sendiri sehingga bisa dibilang masih memiliki pangsa pasar yang tinggi.

Pembelian online pun juga bisa direkomendasikan karena makanan ringan cenderung memiliki daya tahan yang lebih lama. Namun, anda juga dapat mengandalkan dengan menjualnya secara offline meski tetap untuk promosi dan marketingnya dilakukan melalui online. Kelebihan lainnya dari makanan ringan hari raya ini adalah banyak jenisnya dan bahkan hampir setiap tahun ada tren baru yang muncul.

Dengan demikian persaingan yang nantinya adapun bisa dibilang tidak terlalu ketat. Berniat untuk mencobanya saat lebaran nanti?

7. Makanan Katering Sederhana

Tak hanya makanan ringan saja yang disarankan sebagai salah satu bisnis makanan yang laris dicari konsumen namun juga makanan berat yang banyak digunakan dalam makanan katering. Meskipun tidak berupa katering, namun anda bisa membuka pesanan utnuk makanan seperti jajanan pasar tradisional.

Beberapa jajanan berat untuk katering sederhana tersebut biasanya dipesan untuk acara khusus seperti arisan, rapat, perpisahan, acara pertemuan, dan juga acara selamatan. Beberapa produk makanan yang dibuat juga seringkali dimodifikasi seperti adanya risoles yang kini diisi dengan mayo dan sosis, serta pizza sederhana dengan ukuran kecil. Tentunya dengan kreatifitas anda, anda bisa memberikan daya tarik bagi calon pembeli sehingga produk anda laris untuk dipesan dan terus dipesan kembali.

Baca Juga :  Tips Dan Jenis Bisnis Untuk Pemula Yang Mudah Dilakukan

8. Makanan Impor

Selanjutnya yang juga menjadi bisnis makanan yang laris saat ini adalah bisnis makanan impor. Makanan impor ini biasanya diambil dari negara-negara yang mana produk tertentu tidak dijual di tanah air. Impor makanan ini pun tidak melalui resmi, biasanya dilakukan dengan menggunakan jasa titip barang seseorang yang sedang berkunjung ke luar negeri.

Negara yang biasanya menjadi rujukan adalah Jepang, Singapur, atau Korea Selatan. Sedangkan produk-produk yang dititipkan seperti coklat, permen, minuman ringan, kue, snack dan juga beberapa lainnya. Dulunya ini dibeli sebagai oleh-oleh untuk yang berada di rumah namun kini menjadi sebuah bisnis yang menarik apabila anda sering bepergian ke luar negeri atau mengenal seseorang yang memang juga sering bepergian ke negara-negara tersebut.

Itulah ke delapan bisnis makanan yang bisa diandalkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan untuk anda. Yang terpenting adalah anda dengan kreatif memasarkan produk anda dan bagaimana anda dapat menemukan peluang pasar untuk produk anda tersebut.