7 Usaha Tanpa Modal Dan Siapa Saja Yang Bisa Melakukannya

0
68
usaha tanpa modal

Memiliki usaha pasti keinginan setiap orang karena dianggap akan memberi penghasilan baik tambahan atau tambahan. Namun apa jadinya jika tidak memiliki modal untuk membuka usaha terutama modal materi berupa uang. Tidak usah khawatir karena ada usaha tanpa modal yang bisa dijadikan jalan keluar bagi keinginan memiliki usaha tapi tidak memiliki modal.

Jangan selalu membayangkan modal hanya berupa materi atau uang saja, sebenarnya ada banyak sekali bentuk modal. Ketrampilan atau skill juga merupakan modal penting yang harus dimiliki jika ingin membuka sebuah usaha. Ada banyak usaha yang cukup bermodalkan skill sudah bisa dijalankan, sehingga tidak perlu khawatir. Siapa saja yang bisa melakukan usaha tersebut? Ini ulasannya.

Siapa Yang Bisa Melakukan Usaha Tanpa Modal?

Membuka usaha bisa dilakukan siapa saja, namun untuk usaha tanpa modal biasanya dilakukan oleh kalangan yang belum memiliki penghasilan. Kalangan yang hanya memiliki skill dan pengetahuan terkait bisnisnyalah yang bisa melakukan usaha tanpa membutuhkan modal berupa materi. Adapun yang bisa melakukan usaha tanpa modal adalah:

  • Mahasiswa. Salah satu kalangan yang ingin berusaha yang tidak memiliki modal berupa materi adalah mahasiswa. Namun mahasiswa memiliki potensi berupa hard skill maupun soft skill yang bisa menjadi modal non materi untuk berusaha. Mahasiswa memiliki keperluan mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhannya dan memiliki skill untuk melakukan sebuah usaha tanpa modal.
  • Ibu rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga terkadang ingin melakukan usaha untuk membantu keuangan keluarga. Namun sayangnya Tidak memiliki modal untuk memulai sebuah usaha, untuk itulah membutuhkan usaha yang tanpa modal.
  • Karyawan kantor. Karyawan kantor adalah golongan yang potensial untuk melakukan usaha tanpa modal. Kelompok karyawan yang ingin membuka usaha adalah yang membutuhkan pemasukan tambahan dan ingin memiliki kebebasan finansial.
  • Anak sekolah. Kelompok anak sekolah bisanya melakukan usaha untuk menambah uang jajan atau membantu uang sekolahnya. Tetapi anak sekolah tentu saja tidak memiliki modal berupa materi karena tidak berpenghasilan, oleh sebab itu para siswa menginginkan usaha tanpa modal.
Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Bisnis Paytren

Nah, itulah siapa-siapa yang bisa melakukan usaha tanpa modal karena memang kalangan tersebut biasanya belum berpenghasilan. Oleh karena itu membutuhkan usaha yang bisa dijalankan tanpa modal berupa materi. Cukup dengan skill dan kemauan berusaha saja juga bisa membuka sebuah usaha untuk mendapatkan penghasilan.

Ide Usaha Tanpa Modal Yang Bisa Dilakukan

Banyak sebenarnya ide usaha tanpa modal yang bisa dilakukan atau dipraktekkan langsung untuk segera mendapatkan penghasilan. Meskipun disebut tanpa modal namun tetap harus memiliki kemauan dan skill sebagai modal dalam menjalankan usaha tersebut. Berikut ini beberapa ide usaha tanpa modal yang bisa dipraktekkan:

1. Dropship

Saat ini banyak sekali online shop yang menjual produknya secara online kepada pelanggan. Semakin banyak online shop yang beroperasi maka peluang menjadi dropshipper akan semakin besar, karena memiliki banyak supplier yang menyediakan produk. Menjadi dropship sangat cocok bagi siapa saja yang ingin melakukan usaha tapi minim modal atau takut akan resiko usahanya.

Sistem dropship adalah kerjasama dropshiper dengan supplier yang akan menyediakan produk untuk didistribusikan ke pelanggan. Dropshiper menawarkan produk ke calon customer, kemudian jika ada pesanan dropshiper menyampaikan kepada supplier. Lalu produk akan dikirim langsung kepada customer dari supplier tanpa melalui dropshiper.

2. Agen Properti

Menjadi agen property saat ini jauh lebih mudah dibandingkan sebelum era digital dahulu. Jika saat itu menjadi agen property harus mondar mandir ke lokasi rumah untuk memperlihatkan kepada calon pembeli, sekarang tidak lagi. Agen property bisa memanfaatkan media sosial yang dimilikinya untuk menawarkan property yang akan dijual.

Menjadi agen property tidak membutuhkan modal sama sekali, cukup mendaftar menjadi agen dan bisa mulai  pekerjaannya. Pekerjaan menjadi agen property bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan melek teknologi, karena saat ini kebanyakan menggunakan media digital saat menjual property.

Baca Juga :  Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya Dengan Ikuti Program Afiliasi

3. Makelar

Makelar atau perantara jual beli juga merupakan usaha yang menguntungkan jika berhasil mencapai penjualan. Menjadi makelar tidak membutuhkan modal usaha, cukup dengan skill komunikasi yang baik maka sudah bisa melakukan usaha ini. Siapapun yang bisa melakukan komunikasi dengan baik maka bisa memulai usaha jasa makelar.

Makelar bertindak untuk menawarkan barang dan jasa yang ingin dijual kepada customer dengan menambah margin harga. Keuntungan yang didapat makelar adalah dari margin harga yang diberikan saat menawarkan produk atau jasa.

4. Jasa Titip

Usaha tanpa modal selanjutnya adalah membuka jasa titip yang saat ini banyak dibutuhkan oleh customer. Cara kerja jasa titip adalah dengan menambahkan harga sebagai tarif dari titip beli yang dilakukan oleh costomer. Jasa titip biasanya dilakukan saat customer membutuhkan sebuah barang namun tidak bisa membelinya sendiri.

Usaha jasa titip tidak menambah margin harga pada barang yang dijual, namun menambahkan tarif sebagai harga dari jasa titip. Total biaya yang harus dibayar adalah harga produk itu sendiri plus jasa titipnya, itulah total yang harus dibayarkan oleh customer.

5. Jasa Cuci Baju

Usaha yang bisa dilakukan tanpa modal berikutnya adalah jasa cuci baju, usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa mencuci baju. Tidak membutuhkan modal apa-apa memulai usaha ini, mungkin hanya membutuhkan sabun cuci dan pewangi yang pasti sudah ada di rumah. Bisa dimulai dengan memasang iklan sebagai promosi jasa cuci yang dibuka, menggunakan media sosial agar pemasangan iklan tanpa biaya.

Setelah usaha dikenal maka akan mulai ada customer yang menggunakan jasa cuci, dan usaha pun sudah bisa dimulai saat itu juga. Cara kerjanya customer akan mengantarkan cucian baju ke rumah dan bisa dicuci lalu setelah kering bisa diambil kembali.

Baca Juga :  Yuk Mulai Bisnis Online Via Hp Tanpa Modal Dengan Mudah

6. Jasa Les Privat

Jasa les privat saat ini semakin banyak dicari karena mengingat pelajaran sekolah yang semakin sulit dan orang tua tidak bisa mengatasi hal itu. Maka dari itu orang tua seringkali mencari les privat untuk anaknya agar tidak ketinggalan dalam mengikuti pelajaran. Jasa les privat bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan menguasai materi yang di berikan saat les.

Yang sangat cocok untuk melakukan usaha les privat tanpa modal ini adalah siswa atau mahasiswa yang sudah memiliki banyak pengetahuan. Ibu rumah tangga dengan latar belakang pendidikan yang tinggi juga bisa melakukan jasa les privat di rumah.

7. Jasa Translate Bahasa

Usaha selanjutnya yang menghasilkan uang tanpa perlu modal adalah jasa translate bahasa. Namun jasa translate bahasa hanya bisa dilakukan oleh yang memiliki kemampuan bahasa asing bagus sebagai contoh mahasiswa bahasa Inggris, mahasiswa bahasa Jepang, atau mahasiswa bahasa China yang pastinya memiliki kemampuan berbahasa yang bagus.

Demikian penjelasan tentang usaha tanpa modal yang bisa dilakukan di rumah oleh siapa pun terutama bagi mereka yang belum memiliki penghasilan. Cukup bermodalkan kemauan dan kemampuan untuk menjalankan bisnis maka usaha bisa dijalankan tanpa modal usaha sepeser pun.