Pengertian Bisnis, Tips Dan Macam-Macam Bisnis Modal Kecil

0
451
bisnis modal kecil

Saat ini banyak sekali masyarakat yang ingin sukses menjadi seorang pengusaha. Namun hanya sedikit yang mampu menjadi pengusaha yang sukses. Perlu diketahui bahwa untuk menjalankan dan mengembangkan sebuah usaha atau bisnis memang tidaklah mudah, apalagi modal yang dimiliki tidak terlalu besar. Namun jangan khawatir, karena saat ini banyak sekali usaha atau bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan. Selain modal, hal penting yang dapat berpengaruh dalam menjalankan dan mengembangkan usaha atau bisnis adalah mental yang kuat.

Pengertian Bisnis

sebelum mengetahui lebih dalam lagi tentang bisnis modal kecil, langkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian bisnis. Pengertian dari bisnis itu sendiri adalah suatu keadaan dimana seorang individu maupun kelompok sedang sibuk melakukan sebuah pekerjaan ataupun aktivitas dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

Tujuan yang paling utama dalam menjalankan bisnis adalah untuk mendapatkan laba dan keuntungan. Namun tujuan lain dari adanya bisnis adalah untuk mensejahterakan masyarakat, pengadaan barang atau jasa, dan pemanfaatan faktor produksi.

Tips Menjalankan Bisnis Modal Kecil

Banyak sekali orang yang ingin menjalankan sebuah bisnis namun modal yang dimiliki tidak terlalu besar. Hal tersebut pastinya akan membuat seseorang yang ingin menjalankan bisnis akan menjadi kebingungan dan  Walaupun hanya dengan modal kecil, setiap orang akan dapat menjalankan sebuah bisnisnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan usaha atau bisnis modal kecil :

1. Gunakanlah Modal Dengan Bijak

Dalam menjalankan usaha atau bisnis modal kecil, alangkah baiknya untuk tidak membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan modal yang dimiliki tidak terlalu besar, jadi jangan sampai modal tersebut habis hanya untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan.

Supaya modal tersebut aman, alangkah baiknya untuk membuat rencana belanja yang lengkap dan terperinci. Pembuatan rencana belanja bertujuan untuk menjaga modal tersebut agar aman. Selain itu agar nantinya tidak salah langkah dalam menggunakan modal tersebut.

Baca Juga :  Bisakah Bisnis Online Tanpa Modal Sepersenpun? Simak Ulasannya Disini

2. Memanfaatkan Peralatan Yang Dimiliki

Untuk meminimalisir pengeluaran dan penggunaan modal, alangkah baiknya untuk memanfaatkan barang-barang atau peralatan yang sudah dimiliki. Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan dan mengembangkan usaha atau bisnis modal kecil, seseorang tidak perlu harus menggunakan barang atau peralatan yang baru dan canggih.

Kemudian jika bisnis yang dijalankan sudah berkembang dan sudah mendatangkan keuntungan, maka  peralatan yang sudah tidak layak pakai bisa diganti dengan peralatan yang baru. Selain itu bisa juga mengganti barang lama dengan barang yang lebih canggih lagi, supaya bisnis tersebut dapat lebih berkembang.

3. Memilih Jenis Usaha

Seseorang yang ingin menjalankan sebuah bisnis atau usaha sebaiknya tentukan dulu jenis usaha yang cocok dan sesuai. Pilihlah jenis usaha atau bisnis yang cocok dan sesuai dengan hobi atau hal-hal yang disukai. Hal tersebut bertujuan agar nantinya seseorang tidak cepat bosan atau merasa terbebani dalam menjalankan bisnis tersebut.

Misalnya saja untuk seseorang yang mempunyai hobi memancing maka seseorang tersebut dapat menjalankan usaha budidaya cacing ataupun jual beli alat pancing. Contoh yang lain, jika seseorang mempunyai hobi olahraga, maka seseorang tersebut dapat menjalankan bisnis penjualan baju olahraga. Selain itu seseorang yang suka olahraga juga dapat menjadi instruktur senam.

4. Memilih Lokasi Yang Tepat Dan Strategis

Perlu diketahui bahwa lokasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Pilihlah lokasi yang strategis, tepat dan ramai, maka hal tersebut akan membuat usaha atau bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan cepat.

Untuk yang ingin memulai usaha atau bisnis modal kecil, jangan ragu untuk memanfaatkan garasi atau halaman rumah untuk menjalankan sebuah usaha. Beberapa contoh perusahaan besar di dunia yang memulai usahanya di garasi ialah Amazon, Google, Microsoft dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

5. Memanfaatkan Sosial Media

Saat ini hampir semua orang memiliki akun di sosial media. Jadi seseorang yang ingin menjalankan bisnis modal kecil dapat memanfaatkan sosial media untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Seseorang dapat melakukan promosi lewat sosial media tanpa dipungut biaya. Hal tersebut tentunya dapat menjangkau calon pelanggan yang berada di luar kota bahkan luar pulau.

Postinglah gambar-gambar yang menarik tentang produk atau jasa yang disediakan. Selain itu berikanlah promo-promo yang menarik setiap harinya. Hal tersebut nantinya akan menarik minat calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang disediakan.

6. Pandai-Pandailah Membagi Waktu

Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, seseorang dituntut harus dapat memanfaatkan dan membagi waktu dengan tepat, efisien dan efektif. Alangkah baiknya untuk membuat timeline 1 bulan kedepan tentang apa saja yang harus dilakukan. hal tersebut bertujuan agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

7. Melibatkan Orang-Orang Terdekat

Dalam menjalankan bisnis modal kecil, alangkah baiknya untuk selalu melibatkan orang terdekat seperti adik, kaka, suami atau istri, orang tua dan sahabat. Karena orang-orang terdekat tidak akan banyak menuntut dan pastinya tidak akan meminta bayaran. Jika usaha yang dirintis sudah berkembang dan dapat mendatangkan keuntungan, maka rekrutlah karyawan dengan kriteria yang ditentukan.

8. Selalu Melakukan Inovasi Produk

Hampir semua konsumen memiliki sifat yang cenderung mudah bosan. Perlu diketahui bahwa para konsumen selalu menginginkan barang-barang yang baru. Jika produk yang dijual hanya itu-itu saja maka konsumen akan bosan dan berpindah ke tempat lain yang lebih menarik. Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan sebuah inovasi produk.

Produk yang baru akan membuat para konsumen penasaran dan ingin sekali mencoba produk baru tersebut. Misalnya saja warung pisang molen, seorang wirausahawan harus bisa merubah pisang molen biasa menjadi pisang molen yang luar biasa. Contohnya pisang molen coklat lumer, pisang molen keju dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Tips Memilih Bisnis MLM Yang Tepat Dan Cara Kerja Bisnis MLM

9. Rencanakan Keuangan Dengan Baik

Saat usaha yang dijalankan sudah berkembang dan dapat mendatangkan keuntungan, maka seorang wirausaha harus tetap berhati-hati dan harus pintar-pintar dalam mengatur keluar masuknya uang. Alangkah baiknya untuk memisahkan antara uang hasil usaha dan uang pribadi. Perlu diketahui bahwa sudah banyak bisnis yang gagal karena terdapat kesalahan dalam mengatur pengeluaran uang.

Macam-Macam Bisnis Modal Kecil

Semua orang pasti ingin sekali mempunyai sebuah bisnis dengan modal kecil namun sangat menguntungkan. Namun itu semua harus dilandasi dengan niat dan mental yang kuat. Selain itu seorang wirausaha harus pantang menyerah dan jangan mudah putus asa. Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti akan menemui kendala-kendala.

Namun seorang wirausaha harus tetap berusaha dan terus berinovasi agar usaha atau bisnis tersebut dapat berjalan lancar. Banyak orang yang berpikir bahwa untuk memulai bisnis harus dengan modal yang besar, namun banyak juga bisnis modal kecil yang dapat dikembangkan dan tentunya sangat menguntungkan.

Bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan antara lain berjualan mainan anak-anak, berjualan kue-kue kering, usaha warung kopi sederhana, usaha jualan sayur keliling, penyedia jasa potong rambut, usaha minuman coklat atau jus buah-buahan, usaha warung mie. Selain itu seseorang juga dapat menjual aneka gorengan, dan nantinya gorengan tersebut dapat disetorkan di kantin-kantin sekolah.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang, pengertian bisnis, tips dan macam-macam bisnis modal kecil. untuk para pemula yang mempunyai modal kecil, alangkah baiknya untuk menjalankan bisnis-bisnis yang sudah disebutkan diatas. namun ingat, dalam menjalankan bisnis, seseorang harus niat dan dibekali dengan mental yang kuat.