Pentingnya Mengatur Strategi Dan Cara Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien

0
1712
pemasaran produk

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, sebuah bisnis harus memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan pesaing atau bisnis lainnya. Pemasaran produk merupakan strategi yang harus dipikirkan sejak awal oleh para pebisnis untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk yang ditawarkan. Dalam strategi pemasarannya, sebaiknya mengetahui keinginan dari konsumen sehingga bisa menghadirkan produk sesuai yang diinginkannya. Lalu apa sih pentingnya mengatur strategi pemasaran? Dan Bagaimana caranya? Berikut uraian lebih jelasnya.

Mengapa Strategi Pemasaran Sangat Penting Dalam Pemasaran Produk?

Pemasaran produk memiliki peranan yang penting dalam suatu bisnis, namun sering kali hal ini tidak diprioritaskan. Banyak yang kurang menyadari bahwa penerapan strategi pemasaran yang benar akan memberikan efek yang kuat terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Dalam suatu pemasaran tidak hanya sekedar menjual, namun perlu juga dilakukan evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk terbaik.

Dengan demikian, adanya inovasi-inovasi tersebut akan memunculkan kepuasan terhadap produk yang ditawarkan. Adanya strategi pemasaran seorang pelaku bisnis dapat menginformasikan produk ke konsumen, mulai dari kelebihan, fitur serta berbagai informasi detail tentang produk. Dengan mengatur Strategi pemasaran seperti strategi harga, strategi produk serta promosi akan menjadi senjata ampuh untuk menghadapi persaingan bisnis.

Selain itu, dengan mengatur strategi yang tepat dalam pemasaran dapat membangun merek atau brand suatu produk yang dijual. Tak hanya itu, dalam kegiatan ini otomatis akan membangun hubungan antara pebisnis dengan konsumen sehingga konsumen menjadi lebih loyal.

Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Yang Perlu Dicoba

Pemasaran atau marketing memegang peranan penting dalam penjualan suatu produk. Dalam suatu bisnis strategi dalam memasarkan produk agar dikenal target  akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualannya. Selain mempertahankan proses pemasarannya, buatlah konsumen tetap setia terhadap pembelian produk yang dijual dengan cara meningkatkan kualitas dan membuat inovasi-inovasi baru. Selain kualitas, cara berikut juga perlu dipertimbangkan.

Baca Juga :  Bisnis Menguntungkan Tanpa Modal Banyak

1. Kenali Target Pasar

Sebelum memasarkan suatu produk, kenali dan identifikasi terlebih dahulu pasar yang akan dituju. Jika produk yang akan dipasarkan berupa baju anak-anak menginjak remaja, kelompokkan usia konsumen dan juga gender sesuai dengan produk yang akan dipasarkan misalnya untuk usia 7-13 tahun. Dengan mengetahui target pasar dan konsumen, akan meminimalisir waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia sehingga dapat lebih terfokus dengan sasaran.

2. Pilih Lokasi Pemasaran Yang Strategis

Dalam pemasaran produk, lokasi strategis juga menentukan omset penjualan, pasalnya mana mungkin Mustahil dapat menjual produk dengan laris di tempat yang sepi. Dalam memilih lokasi pemasaran, alangkah pentingnya untuk menyesuaikan produk yang  dijual dengan target pasar. Misalnya jika ingin menargetkan calon pembeli adalah kaum ibu-ibu, seorang pebisnis dapat membuka toko di kawasan dekat sekolahan.

Nah di lokasi seperti ini banyak kaum ibu yang menjemput anaknya sekolah sehingga kemungkinan bisa mampir ke toko tersebut. Selain itu, dapat juga menjual peralatan alat tulis atau tempat fotokopi di kawasan perkantoran. Pemilihan lokasi yang strategis ini tentunya dapat meningkatkan penjualan produk.

3. Utamakan Kualitas Produk

Menciptakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan selera konsumen adalah langkah awal untuk memulai bisnis yang sukses. Untuk meningkatkan kualitas suatu produk perhatikan mulai dari pemilihan bahan baku yang berkualitas dan proses pembuatannya hingga tercipta produk tersebut. Dengan menciptakan produk yang berkualitas, secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan dan memudahkan pemasaran.

Selain itu, lakukan evaluasi secara rutin untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan produk yang dipasarkan. Evaluasi ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk, karena tanpa adanya inovasi pada produk maka produk tersebut akan kadaluarsa dan kalah saing dengan produk serupa lainnya..

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Dan Cara Bisnis Online Yang Baik Dan Benar

4. Pikat Konsumen Dengan Mengadakan Promo

Promo merupakan salah satu kata ampuh yang bisa gunakan untuk memasarkan produk. Dengan mengadakan promosi dalam pemasaran produk, tentu akan dapat menarik perhatian pembeli. Oleh karena itu, sesekali adakan promo yang besar-besaran sehingga membuat konsumen seperti dihipnotis dan tidak dapat menolak untuk membeli produk. Hal yang perlu diperhatikan saat mengadakan promo adalah jangan lupa sesuaikan dengan jenis produk dan bisnis yang dijalankan.

Promo suatu produk kosmetik tentu  akan berbeda dengan promo yang diberikan untuk produk makanan. Untuk itu sesuaikan promo dengan jeis produk yang dijual agar masuk akal di mata konsumen. Contoh-contoh kalimat promo menarik yaitu seperti “Promo 70% untuk All item sampai akhir bulan”. Dengan kalimat tersebut, bahkan yang tidak memerlukan produk tersebut  sebelumnya pun, seketika akan berubah pikiran untuk membelinya.

5. Manfaatkan Media Sosial

Di era digital yang semakin modern ini, mayoritas masyarakat sudah menggunakan teknologi canggih internet di keseharian mereka. Luasnya jangkauan teknologi interet ini sangat ampuh untuk mendapatkan konsumen-konsumen yang tidak terjangkau oleh fisik. Produk yang dipasarkan di media sosial dengan memanfaatkan internet dapat dikenal oleh orang-orang yang sedang berada dimana pun. Hal ini tentu akan menghemat biaya pemasaran karena tidak perlu mengeluarkan ongkos pergi kesana kemari agar produk dapat dikenal.

Hanya dengan memposting produk yang dijual pada media sosial, maka seluruh dunia dapat mengakses produk tersebut. Hal ini tentunya harus menggunakan jejaring sosial yang telah terhubung dengan banyak pertemanan. Siapa tahu produk yang  diposting tersebut adalah produk yang mereka cari. Sebagian  besar masyarakat sudah punya smartphone canggih yang tentunya dapat mengakses informasi apa saja,  sehingga dengan menggunakan media sosial sangat cocok dijadikan strategi dalam pemasaran.

Baca Juga :  Pemasaran Langsung Adalah Pemasaran Yang Menguntungkan, Ini Ulasannya

6. Menjadi Sponsor Salah Satu Kegiatan

Salah satu strategi pemasaran yang juga efektif dan efisien lainnya yaitu dengan cara menjadi sponsor suatu kegiatan. Misalnya, menjual jika memiliki bisnis menjual produk bahan makanan (contohnya: minyak goreng). Kemudian, ketika menjadi sponsor salah satu satu kegiatan lomba memasak, saat kegiatan berlangsung, minyak goreng yang digunakan oleh peserta adalah produk yang sedang dipasarkan.

Hal ini otomatis secara tidak langsung dapat menjadi peluang dalam mengenalkan produk tersebut ke masyarakat luas. Apalagi acara lomba tersebut ditayangkan di TV atau media sosial, tentu akan meningkatkan popularitas produk tersebut.

7. Berikan  Layanan Free Ongkir

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk, salah satu cara yang paling efektif dan efisien adalah menggunakan media internet. Nah, ketika sudah menggunakan cara ini coba berikan layanan delivery dan free ongkir bagi pelanggan di area terdekat dengan toko. Dengan memberikan layanan seperti ini tentu konsumen akan merasa lebih praktis dan dimudahkan, dengan demikian tidak menutup kemungkinan akan merekomendasikannya kepada yang lain.

Itulah uraian mengenai pentingnya mengatur strategi dalam pemasaran produk dan cara-cara pemasaran yang efektif dan efisien. Ingat, strategi pemasaran yang tepat akan menentukan penjualan produk yang dijual. Dengan demikian secara otomatis strategi pemasaran akan menentukan penghasilan dari bisnis yang dijalankan. Selain itu, perlu diketahui produk yang inovatif adalah produk yang paling banyak menarik minat konsumen.