5 Bisnis Online Tanpa Modal Namun Menjanjikan

0
441

Bisnis online banyak dipilih orang tidak hanya sekedar karena lebih mudah dalam aktifitas jual belinya atau karena kemudahan dalam promosinya. Ada juga alasan mengapa bisnis online menjadi laris adalah karena bisnis online tersebut memiliki modal yang minim yang juga bahkan tanpa modal sekalipun. Berikut ini ada 5 bisnis online tanpa modal namun ternyata bisa memberikan hasil yang menjanjikan. Apa sajakah bisnis online tersebut? Berikut ulasannya untuk anda lengkap dengan tips dan juga strategi untuk memaksimalkannya.

1. Menjadi Dropshipper

Salah satu bisnis online tanpa modal yang masih sanagt diandalkan hingga saat ini adalah dengan menjadi dropshipper. Bagi anda yang belum mengenal istilah ini, dropship adalah sebuah metode dimana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman produk yang dipesan oleh konsumen. Melainkan penjual atau yang dalam hal ini disebut sebagai dropshiper hanya sekedar memasang foto barang dagangan atau produk di media sosial atau situs belanja.

Konsumen akan memesan pada dropshiper atau penjual tersebut kemudian penjual akan mengirimkan data pemesanan kepada supplier atau pemilik produk atau barang yang dijual beserta melakukan transfer uangnya. Supplier akan mengirimkan produk kepada konsumen tanpa melalui dropshiper. Uang yang dibayarkan pada supplier dipotong sesuai dengan harga jual ke dropshipper. Perbedaan antara nilai jual dari supplier ke dropshipper dan dropshipper ke konsumen inilah yang akan menjadi keuntungan dari dropshipper atau penjualnya.

Keuntungan dari sistem dropshipper ini adalah anda tidak membutuhkan modal, yang kedua jarak antara supplier dengan konsumen hanya berjarak pada dropshipper sehingga harga produk yang ditawarkan juga akan semakin murah dan bersaing. Namun ada juga kerugian yang bisa dropshipper rasakan yakni dropshipper harus bersedia menerima komplain dari konsumen apabila terjadi sesuatu pada produk yang dikirimkan dari pihak supplier.

Baca Juga :  Alasan Memilih Serta Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

2. Penerjemah

Bisnis online tanpa modal lainnya yang juga bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel dan juga mampu menghasilkan pendapatan tambahan yang lumayan adalah dengan menjadi penerjemah. Ya, ini sangat cocok untuk anda yang memang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa asing seperti bahasa Inggris maupun bahasa lainnya yang populer seperti Mandarin, Jerman, Jepang, dan juga Arab.

Modal anda hanyalah email aktif serta sebuah laptop atau komputer. Anda bisa menawarkan jasa penerjemah tersebut di media sosial atau bahkan di toko online. Setelah anda mendapatkan klien, anda bisa melakukan tugas anda dengan menerjemahkan baik Bahasa Indonesia ke Bahasa Asing yang mana umumnya lebih mahal ketimbang Bahasa Asing ke Bahasa Indonesia.

Pendapatan dari bisnis online tanpa modal inipun juga terbilang sangat menjanjikan yakni ada yang dihitung berdasarkan jumlah kata, ada juga yang dihitung berdarkan jumlah halamannya yang mana tarifnya bisa mencapai Rp. 80.000,- hingga Rp. 120.000,- atau bahkan lebih.

3. Content Writer

Selanjutnya yang menjadi bisnis online tanpa modal adalah content writer. Content writer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengisi halaman atau memposting postingan untuk media sosial, blog ataupun situs. Content writer ini diidentikan dengan mereka yang kreatif dan dapat menulis sesuai dengan tema atau topik yang sedang dibahas. Tanpa keberadaan content writer ini, blog maupun situs takkan memiliki isi untuk menarik pengunjung. Padahal pengunjung pada suatu situs tersebut sangatlah penting untuk memberikan pendapatan pada pemilik situs.

Nah, untuk seorang content writer itu sendiri sebenarnya tidak memiliki modal apapun kecuali alat untuk menyelesaikan tugasnya. Yang menjadi modal sebagai seorang content writer adalah tentu saja kreatifitasnya, kemampuannya dalam menulis teks atau mencari bahan yang menarik untuk digunakan sebagai postingan untuk media sosial, situs tertentu dan lainnya.

Baca Juga :  8 Tips Memilih Bisnis Online Shop Untuk Peluang Usaha

Keuntungan dari bisnis penerjemahan ini adalah anda tidak membutuhkan banyak modal selain anda sendiri, namun ada juga kerugian yang bisa menimpa anda jika anda tidak berhati-hati yakni konsumen dapat melakukan protes apabila hasil terjemahan anda buruk dan itu sangat berpengaruh pada kredibiltas anda nantinya sebagai seorang penyedia jasa penerjemah.

4. Membuat Blog

Meskipun memiliki waktu yang cukup lama dan usaha yang terbilang keras dan tidak boleh terhenti, namun mengandalkan adsense dari blog sebagai pendapatan utama maupun sampingan. Pasalnya, pendapatan yang nantinya diterima apabila anda sudah berhasil melakukan monetisasi pada situs blog anda. dan seperti yang dikatakan sebelumnya meskipun lama dan harus telaten namun hasil yang didapatkan akan selalu memuaskan dan juga bahkan membuat orang betah dalam bisnis ini.

Keuntungan dari bisnis membuat blog tersebut adalah anda akan dibayar dengan mata uang dolar yang terkadang memiliki nilai lebih di Indonesia ini. Apabila anda memiliki blog yang banyak memiliki pengunjung tanpa harus banyak melakukan tindakan tertentu pada blog anda maka anda beruntung telah memiliki blog yang dapat mengidupi anda.

Keuntungan dari bisnis ini adalah anda dapat mengatur modal anda sendiri yang bahkan juga mengatur agar anda tidak mengeluarkan modal sedikitpun. Namun, dari kerugiannya adalah anda membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama, usaha yang ekstra dan juga kreatif dalam membangun blog anda tersebut

5. Jasa Desain

Bisnis online tanpa modal selanjutnya yang banyak digeluti saat ini adalah dengan memberikan penawaran jasa desain. Untuk melakukan bisnis ini anda hanya membutuhkan sebuah laptop dan apabila anda sudah memilikinya maka anda tidak perlu mengeluarkan uang sebagai modal selain untuk kebutuhan berkomunikasi dengan klien. Sedangkan untuk membangun skill anda dalam desain, anda bisa berlatih sendiri dengan menonton tutorial di YouTube yang hampir semuanya gratis.

Baca Juga :  8 Bisnis Menjanjikan Untuk Cewek

Keuntungan dari jasa desain sebagai bisnis online tanpa modal ini adalah anda bisa melakukan pekerjaan anda di rumah tanpa perlu harus berangkat ke kantor ataupun harus menyewa tempat sebagai tempat anda bekerja. Selain itu, untuk promosi pun anda bisa mengandalkan media sosial atau bergabung dengan situs yang menawarkan pekerjaan desain. Disinilah anda bisa dapat mengembangkan hobi anda dalam menggambar dan juga mendesain.

Hanya saja, selain ada keuntungan tentu saja ada kerugiannya yakni anda harus memiliki banyak waktu untuk mendengarkan pendapat klien untuk desainnya agar sesuai dengan keinginan mereka dan hal tersebut bisa membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, seringkali jasa desainer kurang dihargai sehingga anda juga harus dapat mematok harga tersendiri. Dan yang terakhir adalah bahwa jasa desain ini memiliki banyak persaingan terutama dalam wadah khusus untuk pada desainer. Dengan demikian anda membutuhkan kreatifitas yang lebih dalam bekerja.

Nah itulah ke lima bisnis online tanpa modal yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda dalam membuka bisnis baik sebagai bisnis sampingan maupun bisnis atau pekerjaan utama anda nantinya. Semoga pilihan yang dihadirkan tersebut dapat memberikan masukan bagi anda agar anda memiliki pemahaman akan bisnis tersebut.