Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Dan Fungsinya

0
812
pemasaran menurut para ahli

Pemasaran menurut para ahli merupakan opini yang dikeluarkan oleh orang yang menguasai bidang tersebut dengan maksud untuk menggambarkan arti dari kata pemasaran. Sedangkan secara umum, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dibuat melalui berbagai promosi sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen dan juga laba.

Keberhasilan bisnis tidak lepas dari strategi pemasaran yang bagus. Pemasaran berperan penting dalam bisnis terutama bagi perusahaan yang membuat suatu produk. Sebagus apapun produk yang telah dibuat namun kalau pemasarannya tidak ada maka sudah pasti omzet penjualan akan menurun bahkan tidak sebanding dengan modal yang telah dikeluarkan. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai pengertian pemasaran menurut para ahli dan tugas serta pemasaran itu sendiri.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Saat mendengar kata pemasaran yang terpikir pastilah sebuah promosi yang dilakukan oleh orang untuk mengenalkan produk yang mereka jual. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, pemasaran diadakan karena memang untuk membuat bisnis atau usaha lebih dikenal banyak orang. Nah, agar lebih pahamnya berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai arti dari pemasaran.

1. Menurut William J. Stanton

William mengungkapkan pendapatnya bahwa pemasaran merupakan kegiatan terpadu dari bagian usaha atau bisnis yang didalamnya berisikan perencanaan, penentuan harga barang atau jasa, berbagai strategi promosi, pendistribusian barang atau jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen hingga konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

2. Menurut Philip Kotler

Pengertian pemasaran menurut para ahli selanjutnya dikutip dari Philip Kotler yang mengatakan bahwa pemasaran adalah aktivitas manusia yang telah diatur sedemikian rupa oleh suatu kelompok atau individu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan cara membuat produk, melakukan proses penawaran, dan menukarkan produk tersebut dengan sejumlah uang yang telah disediakan pihak lain.

Baca Juga :  10 Macam Bisnis Rumahan Yang Mengeluarkan Modal Kecil Beserta Tips Memulainya

3. Menurut Basu Dan Hani

Kedua tokoh ini juga angkat bicara mengenai pengertian pemasaran. Basu dan Hani berpendapat bahwa pemasaran yaitu sebuah rangkaian kegiatan perencanaan yang meliputi pengelolaan barang maupun jasa, proses pendistribusian serta promosi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen (pelanggan) agar tercapainya sebuah keuntungan atau laba bagi perusahaan.

4. Menurut Kotler Dan Amstrong

Pemasaran menurut para ahli selanjutnya diambil dari Kotler dan Amstrong. Kedua tokoh ini berpendapat bahwa pemasaran yaitu adalah proses manajerial yang didalamnya terdapat kelompok atau individu yang saling berperan dalam memenuhi kebutuhan dan mendapatkan keinginan melalui penciptaan serta pertukaran produk yang memiliki nilai jual bagi konsumen atau pelanggan.

5. Menurut Sofyan Assauri

Jika mengacu pada pengertian manajemen pemasaran yang didalamnya terdapat sebuah perencanaan dan evaluasi maka pemasaran juga dapat diartikan sebagai suatu perencanaan, pelaksanaan, dan distribusi dalam hal pertukaran ataupun relasi yang langsung mengarah pada keuntungan untuk melengkapi sebuah kebutuhan konsumen. Nah, itulah pendapat terakhir dari para ahli.

Itulah pendapat para ahli mengenai arti dari sebuah pemasaran. Untuk pemahaman lebih lanjut berikut ini akan dilampirkan pengertian pemasaran menurut wikipedia. Menurut wikipedia, pemasaran ialah aktivitas atau kegiatan yang berisi serangkaian institusi dalam menciptakan hingga mempertukarkan tawaran yang mempunyai arti bagi pelanggan, mitra, rekan, serta masyarakat.

Tugas Pemasaran

Pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Nah, setelah memahami pengertian pemasaran hal yang perlu diketahui lagi adalah tugas dari pemasaran itu sendiri. Tugas ini nantinya akan membantu perusahaan menjadi lebih maju. Jika tugas pemasaran ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, maka sudah pasti bisnis juga akan berjalan lancar.

Baca Juga :  Bisakah Bisnis Online Tanpa Modal Sepersenpun? Simak Ulasannya Disini

Adapun tugas utama dari pemasaran adalah membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dijual kepada masyarakat. Dengan adanya tugas ini, maka produk yang telah diciptakan akan banyak dikenal orang sehingga dengan begitu dapat meningkatkan penjualan dari produk tersebut. Tanpa adanya tugas ini, maka bisnis akan sulit untuk berkembang hingga gulung tikar.

Selain itu tim pemasaran juga bertugas dalam pencapaian goals atau target perusahaan. Untuk mencapai sebuah target, tim pemasaran harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi kebutuhan serta keinginan masyarakat saat ini. Cobalah untuk melakukan survey untuk mencari tau produk yang laris di pasar saat ini serta barang-barang yang banyak diinginkan masyarakat.

Tim pemasaran juga dituntut kreatif dalam mengembangkan produk yang akan diciptakan baik dari mode, warna, ukuran, dan hal spesifik lainnya. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tugas pemasaran dalam memuaskan konsumen atau pelanggan. Jika konsumen sudah puas terhadap produk dan pelayanan perusahaan, maka bisa dikatakan kegiatan pemasaran sudah berhasil.

Nah selain tugas-tugas yang telah dijelaskan diatas ternyata masih banyak lagi tugas pemasaran seperti mengontrol penjualan atau distribusi, melakukan kegiatan promosi,  mengatur harga, memperluas relasi atau hubungan, mengatur ulang dan mengembangkan strategi serta membuat rekapitulasi yang berisikan laporan data-data penjualan. Laporan ini nantinya akan berguna untuk di masa yang akan datang.

Fungsi Pemasaran

Pemasaran itu banyak manfaatnya untuk kelangsungan sebuah perusahaan atau bisnis. Jika pemasaran tidak berjalan dengan baik, maka bisnis lama-lama akan mengalami kemunduran atau istilahnya bangkrut. Semua pebisnis pasti menginginkan usaha yang dia jalani tetap awet dalam jangka yang panjang. Maka dari itu, perusahaan perlu yang namanya melakukan pemasaran.

Baca Juga :  Boomingnya Bisnis Database, Kerja Ringan Banyak Untung

Nah, apa saja fungsi pemasaran yang bisa memberikan manfaat? ada beberapa fungsi pemasaran, yang paling utama adalah konsumen dapat mengetahui produk yang akan dibelinya. Dengan begini konsumen akan mendapatkan produk dengan cara menukar uang dengan barang tersebut atau dapat dilakukan dengan menukar sesama barang. Fungsi ini disebut dengan fungsi pertukaran.

Selanjutnya ada fungsi distribusi dimana akan dilakukan penyimpanan dan pengangkutan produk. Setelah produk disimpan, maka untuk mengantarkannya kepada konsumen produk tersebut akan diangkut dengan berbagai jalur seperti jalur darat, jalur udara, bahkan jalur air sekalipun. Pemasaran juga berfungsi untuk menetapkan harfa. Fungsi pemasaran berikutnya adalah fungsi perantara.

Fungsi perantara adalah fungsi pemasaran yang berkaitan dengan kegiatan penyampaian barang dari produsen atau perusahaan ke tangan konsumen lewat perantara pemasaran yang terhubung langsung dengan proses pertukaran dan juga distribusi. Fungsi-fungsi ini harus berjalan dengan baik demi kepentingan sebuah perusahaan. Nah, itulah beberapa fungsi dari pemasaran.

Setiap perusahaan pasti akan membutuhkan orang-orang yang ahli untuk mengisi bidang pemasaran atau marketing. Orang yang memasarkan produk tersebut harus memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai konsep serta strategi pemasaran yang baik dan benar. Tidak hanya itu, pemasar harus pandai bercakap untuk menarik konsumen. Pemasaran adalah kunci utama kesuksesan.

Nah, itulah pembahsan mengenai pemasaran menurut para ahli beserta tugas dan fungsinya bagi perusahaan yang bekerja di bidang penciptaan produk ataupun di bidang jasa. Kegiatan promosi saat memasarkan produk yang telah diciptakan bagi perusahaan sangat membantu kenaikan pendapatan penjualan. Dengan adanya pemasaran kebutuhan konsumen akan terpenuhi.