Bisnis Sampingan Karyawan, Solusi Menambah Penghasilan

0
121
Bisnis Sampingan Karyawan

Saat menjadi seorang karyawan di perusahaan besar atau kecil,  pasti memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat  terpenuhi. Maka dari itu, terkadang karyawan terpikir untuk memiliki bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan tapi tidak mengganggu pekerjaan utama. Berikut adalah alasan-alasan lain untuk memulai  bisnis sampingan karyawan dan macam-macam bisnis sampingan karyawan yang dapat dicoba untuk menambah penghasilan.

Alasan Untuk Memiliki Bisnis Sampingan Karyawan

Ada banyak alasan untuk memulai bisnis sampingan karyawan. Berikut ini adalah berbagai alasan yang dapat menjadi pertimbangan  untuk memulai bisnis sampingan :

1. Memerlukan Uang Tambahan

Biasanya hal ini menjadi alasan utama seseorang mencari bisnis sampingan. Ada para karyawan yang memiliki gaji yang kurang sesuai, sehingga perlu memikirkan sumber penghasilan lain. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan. Anda dapat memanfaatkan sela-sela waktu bekerja, atau dapat dilakukan bersamaan tanpa harus mengganggu jam kerja.

2. Menjalani Tahap  Aktualisasi Diri

Selama bekerja sebagai karyawan, pasti ada masa dimana karyawan merasa karir stuck (mentok) atau mengalami kebuntuan  saat bekerja. Oleh karena itu, karyawan perlu mencari kegiatan lain, seperti melakukan hobi yang bisa dijadikan bisnis sampingan. Memiliki bisnis sampingan dapat mengajarkan banyak hal seperti mengembangkan passion yang tidak tersalurkan di kantor.

3. Persiapan Untuk Masa Pensiun

Bagi para pekerja kantoran, memikirkan masa depan sangatlah penting. Termasuk didalamnya adalah tabungan untuk masa pensiun. Karyawan dapat lebih mudah mengumpulkan pundi rupiah untuk masa pensiun dengan memiliki bisnis sampingan. Bisa jadi bisnis sampingan karyawan tersebut dapat terus dijalankan meskipun sudah masa pensiun, sehingga karyawan tetap menjadi individu yang produktif.

4. Peluang Pasar Masih Terbuka

Jangan bingung saat memiliki usaha atau bisnis sampingan. Banyak hal yang dapat dijadikan bisnis sampingan karyawan saat ini. Jika individu tersebut kreatif, semua hal bisa dijadikan bahan bisnis sampingan. Peluang pasar masih terbuka lebar dan kreativitas dapat dikembangkan lebih jauh, sehingga sangat perlu untuk memulai bisnis sampingan.

Baca Juga :  Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian Dan Keuntungan Menjalankannya

e. Ide Bagus Dan Kemampuan Unik

Kebanyakan perusahaan besar yang terkenal di dunia berawal dari bisnis sampingan karyawan. Bisnis sampingan tersebut merupakan buah dari hasil pikiran yang bagus serta kemampuan untuk menjalankan ide tersebut. Untuk memanfaatkan ide sangat disarankan untuk memulai sebuah bisnis sampingan.

Tingkat kompetisi  untuk memulai bisnis makin rendah dan peluang sukses menjadi besar  jika ide tersebut unik atau  jarang dipikirkan orang lain. Setelah itu, tinggal merancang strategi atau langkah-langkah untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

Macam-Macam Bisnis Sampingan Karyawan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk  mendapat penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama sebagai karyawan. Ada yang dapat dikembangkan dari hobi. Selain itu, ada juga pekerjaan yang mudah dan dapat dikerjakan kapan saja. Agar lebih jelas, berikut ini adalah pembahasan dari jenis bisnis sampingan tersebut;

1. Admin Sosial Media

Saat ini, sosial media merupakan ladang basah untuk mencari penghasilan. Salah satunya dengan menjadi admin di salah satu akun media sosial seperti  online shop. Pekerjaan ini dapat dilakukan tanpa harus mengganggu jam kerja di kantor dan dapat dikerjakan di rumah. Biasanya pekerjaan admin adalah membuat laporan, mencermati penjualan produk, atau mempromosikan produk secara online.

2. Jasa Fotografer

Jasa fotografer selalu diminati dari dulu sampai sekarang. Orang membutuhkan jasa ini untuk mengabadikan moment acara penting seperti pernikahan atau wisuda. Selain itu, banyak online shop memerlukan jasa fotografer untuk memotret dagangan agar menarik pembeli. Bagi yang menyukai fotografi, pekerjaan ini dapat dicoba untuk menambah penghasilan.

3. Mendownload Aplikasi Yang Dapat Menghasilkan Uang

Saat ini banyak aplikasi yang dapat memberi reward berupa uang. Aplikasi-aplikasi tersebut misalnya ;  Newscat, Snapcart, dan lain-lain. Pengguna aplikasi dapat memperoleh reward apabila melakukan tugas-tugas tertentu dari aplikasi tersebut. Misalnya, aplikasi Newscat yang memberi reward uang dengan membaca berita. Masih banyak lagi aplikasi-aplikasi demikian yang bisa dicoba. Uangnya memang tidak seberapa, tapi lumayan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Baca Juga :  Alasan Memilih Dan Contoh Bisnis Online Mudah Yang Bisa Jadi Referensi

4. Menjadi Web Developer

Web Developer saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan, sehingga sangat cocok dijadikan bisnis sampingan karyawan bagi yang ahli di bidang ini. Web developer sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis- bisnis seperti e-commerce, website, dan bisnis start up. Untuk harga jasanya, berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per-website. Untuk mematok harga, tentu  disesuaikan dengan kemampuan dan desain website yang dikerjakan.

5.  Translator

Translator berbagai bahasa sangat banyak diperlukan saat ini. Pekerjaan ini cocok bagi yang memiliki kemampuan bahasa yang baik. Ada dua pilihan yaitu menjadi translator lisan  atau tulisan. Untuk translator lisan bahasa asing, dapat dikerjakan untuk mengisi waktu libur.

Hanya menemani tamu atau klien, lalu dibayar dengan fee yang cukup besar. Untuk menjadi translator tulisan, ada banyak situs yang menyediakan pekerjaan untuk translator tulisan yang akan dibayar per artikel.

6. Make Up Artist

Pekerjaan Make up artist sangat cocok bagi yang memiliki kemampuan tata rias dan ingin memanfaatkan alat make up yang dimiliki. Pekerjaan ini dapat  dijadikan bisnis sampingan karyawan karena dapat dilakukan di sela hari libur atau bahkan dapat merias klien di kantor.

Bisnis ini pun masih banyak memiliki peminat, terutama untuk acara seperti wisuda atau pernikahan.  Tarif MUA  (Make Up Artist) ini cukup beragam, anda bisa sesuaikan tarifnya dengan harga make-up yang dipakai juga kemampuan anda.

7. menjadi Asisten Online

Tugas dari pekerjaan ini serupa dengan asisten atau sekretaris yang membantu owner untuk menjalankan bisnisnya. Cakupan pekerjaan ini cukup luas seperti ; penulisan, editing,  copywriting, manajemen media sosial, input data, dan lain-lain (disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan). Bayarannya diperoleh per jam mulai dari $10 hingga lebih dari $50 per jam kerja.

Baca Juga :  Menjalankan Bisnis Online Tanpa Modal Dan Jenisnya

8. Mengisi Survey Online

Ini adalah bisnis sampingan karyawan yang cocok bagi yang memiliki waktu terbatas. Ada banyak situs yang menyediakan survey online yang berbayar misalnya  di global test market.  Mengikuti survey berbayar dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya situs ini membayar dengan dollar sehingga hasilnya cukup banyak apabila sering dikerjakan.

9. Menjual Makanan Sarapan Pagi

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar, mengingat karyawan biasanya lupa atau tidak sempat sarapan pagi. Namun menggeluti bisnis ini harus pintar memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Misalnya berangkat ke kantor pukul 8, maka harus bangun pagi sekitar pukul 4 untuk menyiapkan dagangan. Apabila bisnis sarapan pagi ini semakin besar bisa jadi akan berkembang menjadi usaha catering sendiri.

10. Membuka Jasa Jahit

Bisnis sampingan karyawan ini cocok bagi yang bisa menjahit dan ingin memanfaatkan mesin jahit di rumah. Untuk permulaan, jasa jahitnya bisa dibuka di hari sabtu atau minggu. Dapat juga dimulai dengan menerima jahitan-jahitan kecil seperti memperbaiki celana atau baju yang robek. Selain dapat memanfaatkan hobi dan mesin jahit, pekerjaan ini juga dapat menghasilkan uang yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan.

Itulah dia bisnis sampingan karyawan yang dapat dicoba untuk menambah pundi-pundi rupiah. Pilihlah bisnis sampingan yang sesuai passion atau kemampuan. Tak perlu harus bingung dan repot, cukup manfaatkan apa yang ada di sekitar sekaligus mengembangkan ide bisnis. Dari ide tersebut, maka jadilah sebuah peluang usaha. Selamat mencoba!