Peluang, Produk Dan Cara Membuka Bisnis Online Shop

0
2475
bisnis online shop

Online shop menjadi primadona baru di bidang bisnis saat ini, sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Jika dahulu sebelum internet merambah semua kalangan, windows shopping masih dilakukan di mall, namun tidak untuk saat ini. Windows shopping terbaru saat ini bisa dilakukan di rumah dengan membuka online shop yang ada, sehingga bisnis online shop semakin menjanjikan.

Seolah saat ini semua kegiatan belanja beralih dari cara konvensional menjadi online melalui online shop yang lebih praktis. Kesibukan di era millenial seperti sekarang ini membuat semua orang menyukai yang lebih praktis dan mudah yaitu serba online. Jika melihat fakta-fakta tersebut memang memberi banyak peluang bagi bisnis online shop.

Peluang Online Shop Saat Ini

Membaca peluang bisnis online shop saat ini sangat mudah, karena semua sudah nampak jelas dan bisnis ini sangat berpeluang untuk sukses. Online shop akan melakukan kegiatan jual beli bersama konsumen secara online. Banyak sekali konsumen yang menginginkan kemudahan yang ditawarkan online shop yang menyediakan semua kebutuhannya.

Hal itu menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk membuat online shop yang bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen secara online. Dari segi modal, bisnis online membutuhkan modal yang lebih kecil karena bisa memangkas modal untuk tempat usaha. Tidak mengherankan jika saat ini banyak sekali online shop yang dibuka dan menjual berbagai produk usaha.

Produk Yang Bisa Dijual Melalui Online Shop

Banyak produk usaha yang bisa dijual secara online karena memang online shop tidak memiliki batasan dalam hal produk yang dijual. Secara umum produk usaha dibagi menjadi dua kategori yaitu produk barang dan produk jasa. Setiap kategori tentu memiliki banyak jenis barang yang bisa dijual, di bawah ini adalah beberapa inspirasi barang jualan menurut kategorinya:

  • Barang. Sebuah online shop bisa menjual produk usaha berupa barang, barang apa pun selama tidak melanggar hukum. Contoh barang yang bisa dijadikan inspirasi produk jualan seperti: baju, sepatu, makanan kering, kosmetik, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Jasa. Online shop juga bisa menjual produk jasa kepada konsumen, seperti saat ini jasa transportasi bisa dipesan melalui website online.
Baca Juga :  Tips Dan Trik Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Langsung Dapat Uang

Nah, itulah produk baik barang maupun jasa yang bisa dijual oleh online shop, bisa dipilih sesuai target pasar. Daftar di atas bisa dijadikan referensi produk bisnis online shop yang bisa dijual atau dipasarkan. Tertarik untuk membuat online shop tetapi masih bingung bagaimana caranya? Di bawah ini akan diulas caranya agar lebih jelas.

Bagaimana Cara Membuka Bisnis Online Shop?

Untuk membuat sebuah online shop memang tidak boleh sembarangan agar bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan di masa depan. Ada langkah-langkah yang harus dilalui saat memulai bisnis agar bisnis online shop yang dibangun bisa sukses. Berikut ini step by step cara membuka online shop agar sukses:

1. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset pasar untuk menentukan target pasar yang akan di sasar online shop. Pasar adalah yang akan menerima produk jualan online shop, yang akan menentukan produk apa yang cocok untuk dijual. Riset pasar dengan melakukan pengamatan sekitar, dan pertimbangkan berbagai parameter seperti range usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi.

Semua hal yang mempengaruhi kemampuan pasar menerima produk harus dipertimbangkan. Faktor-faktor tersebut sebagai penentu seberapa besar pasar yang akan menerima produk dan mempengaruhi juga produk apa yang akan dijual.

2. Lakukan Riset Produk Yang Akan Dijual

Setelah mengetahui pasar yang akan disasar selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan riset pasar. Coba amati apa yang diperlukan oleh sekitar khususnya target pasar yang sudah ditentukan, temukan masalah yang mencuat di sana. Usahakan bisnis online shop shop menjadi sebuah problem solver untuk semua.

Namun tentu selain memperhatikan pasar juga harus memperhatikan passion dan kemampuan diri, agar bisa menyediakan produk dengan baik. Produk barang atau pun jasa yang paling dibutuhkan atau diminati akan segera diterima oleh pasar.

Baca Juga :  Item Bisnis Dropship Paling Banyak Diminati

3. Menyiapkan Toko Online

Setelah menentukan produk yang akan dijual tentu harus mulai menyiapkan tempat jualan, adalah hal ini adalah toko online. Bisnis online shop tidak membutuhkan bangunan ruko atau toko untuk berjualan tetapi hanya membutuhkan sebuah toko online. Banyak cara menyiapkan toko online untuk mulai berjualan produk agar lebih efektif.

Bagi yang memiliki modal awal terbatas, bisa menggunakan marketplace yang sudah ada saat ini, seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Jika menggunakan marketplace biaya yang dibutuhkan adalah nol rupiah, namun tentu tidak sebebas jika memiliki website toko online sendiri. Memiliki website toko online sendiri akan lebih baik, namun memang dibutuhkan modal yang lebih besar untuk membuat website toko online.

4. Pelajari Dan Aplikasikan Pemasaran Digital

Setelah semua tool untuk berjualan siap maka yang perlu dilakukan adalah mempromosikan usaha dan produk usaha tersebut. Caranya dengan mulai mempelajari pemasaran digital yang lebih efektif dan murah harganya. Banyak pemasaran digital yang bisa dilakukan secara gratis, seperti menggunakan media sosial, apalagi jika target pasar adalah anak muda.

Setelah mempelajari aplikasi digital yang ada maka segera aplikasikan untuk melakukan promosi usaha dan produk yang akan dijual.Promosi akan membuat toko online dikenal khalayak umum, jika menggunakan market place maka sudah ada program promosi di dalamnya. Namun jika menggunakan website toko online sendiri harus lebih aktif mempromosikannya agar memiliki penjualan yang bagus.

5. Belajar Juga Tentang Manajemen Keuangan

Sebuah usaha atau bisnis tentu tidak lepas dari manajemen keuangan, tak terkecuali bisnis online shop. Manajemen keuangan sangat penting dilakukan apalagi jika bisnis dilakukan sendiri, pencatatan pemasukan, pengeluaran kas dan modal penting dilakukan. Selain itu wajib hukumnya untuk memisahkan keuangan toko online dengan uang pribadi agar mudah dikontrol.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Terpercaya dengan Membaca Ini!

Agar lebih mudah melakukan manajemen keuangan bisa menggunakan aplikasi online yang akan memudahkan semua pekerjaan manajemen. Cukup dengan satu aplikasi bisa mengatasi semua pekerjaan pembukuan yang dibutuhkan.

6. Lakukan Penambahan Produk Jika Online Shop Sudah Berjalan Baik

Pasar, produk, toko online, promosi, manajemen sudah diatasi saatnya menjalankan bisnis online yang sudah dipersiapkan. Jalankan toko online dengan baik, pelayanan yang ramah agar konsumen puas dan melakukan repeat order.

Setelah toko online berjalan lancar dan stabil penjualan produknya maka bisa menambah produk jualan di toko online. Caranya sama lakukan riset produk terlebih dahulu, bisa dari pengamatan atau dengan menerima masukan dari konsumen. Lalu tentukan produk yang peru ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Itulah bagaimana cara membuka bisnis online shop yang benar, step by step di atas harus dilakukan agar menghasilkan online shop terbaik. Pembahasan peluang, produk dan cara membuat bisnis online shop di atas bisa dijadikan referensi bagi yang berminat memulai bisnis ini.