Usaha Yang Menjanjikan Bagi Pemula Dan Tips Memulainya

0
898
usaha yang menjanjikan

Usaha yang menjanjikan untuk pemula banyak yang dapat dilakukan dan yang pasti juga menguntungkan. Bagi seorang pengusaha baru atau pemula itu tidak mudah dalam menentukan bidang usaha apa yang dipilihnya. Karena belum adanya pengalaman atau kurangnya pengetahuan mengakibatkan rasa ragu-ragu ketika akan usaha.

Selain itu juga akan muncul rasa kekhawatiran terhadap bisnis yang akan dijalankannya. Rasa seperti apakah bisnis dapat sukses atau akan gagal. Perasaan takut ini sebenarnya adalah hal yang wajar, sebelum mencobanya. Sebab untuk menjadi seorang pengusaha itu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu, terutama mental. Dan juga harus siap dengan segala resiko yang akan dialami ketika melakukan usaha. Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang tips memulai serta macam-macam usaha yang menjanjikan bagi pemula dan juga sukses.

Tips Memulai Usaha Bagi Pemula

Membuka sendiri usaha yang menjanjikan dapat menjadi suatu peluang untuk dapat menghasilkan uang. Apabila tertarik membuka usaha sendiri, Dibawah ini akan dijelaskan tips langkah-langkah bagi pemula yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

1. Mengetahui Jenis Usaha Terkait

Untuk bisa melakukan usaha yang menjanjikan, ada baiknya jika mengetahui dulu usaha yang dijalankan itu adalah usaha yang dibutuhkan dan diminati. Hal ini dapat akan lebih efisien apabila pelaku bisnis memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang usaha tersebut.

Sebelumnya baiknya lakukanlah penelitian terlebih dahulu untuk dapat mengetahui potensi yang ada terhadap usaha yang akan dijalankan. Selanjutnya bisa jabarkan planning dengan menyusun apa yang akan dilakukan. Seperti halnya menyusun cara pemasarannya untuk usaha tersebut.

2. Fokus pada Satu Peluang Bisnis

Semakin berkembangnya dan majunya tekhnologi, maupun dunia maya pada internet. Hal ini membuat seakan begitu banyak peluang usaha yang dapat dilakukan. Mungkin dengan begitu akan membuat bingung ketika akan memilih usaha apa yang akan dipilih. Maka dari itu pada tips ini menganjurkan bagi pengusah untuk dapat fokus pada satu peluang bisnis saja.

Karena jika bagi pemula atau baru memulai usaha. Penting untuk menekuni satu usaha yang dilakukannya terlebih dulu. Dengan cara terus mengembangkan dan disiplin terhadap usaha atau bisnisnya. Jika sudah begini, usaha yang dilakukan akan lebih bisa terarah dan jelas.

3. Siapkan Modal

Modal adalah pondasi utama sebelum membuka agar bisa mendapatkan usaha yang menjanjikan. Kebanyakan orang ingin memulai usaha, tetapi tidak mempunyai modal sehingga tidak dapat berjalan. Modal sendiri dapat diperoleh dari hasil menabung, pinjaman, ataupun mencari modal dari investor dan partnership.

Baca Juga :  Memulai Bisnis Trading Untuk Pemula

Dengan sudah memiliki modal sebelum usaha, akan dapat membangun usaha yang sesuai dengan modal tersebut. Jangan takut ketika belum memiliki modal, karena banyak cara untuk mendapatkan modal. Yang terpenting adalah konsep dan kemauan yang kuat untuk melakukan usaha. Selain itu sekarang ini juga ada bisnis/ usaha tanpa modal. Yaitu dengan menjadi reseller dari sebuah produk atau barang.

4. Lakukan Hal Yang Disukai

Ketika melakukan sesuatu hal jika dilandasi dengan rasa suka, maka hal itu akan berjalan dengan maksimal juga. Karena saat menjalankannya tidak ada paksaan dan benar-benar ikhlas mengerjakannya. Konsep ini berlaku untuk semua pekerjaan maupun usaha yang dikerjakan. Sukai dulu pekerjaan tersebut, maka dalam mengerjakannya akan menikmatinya dengan senang.

Kemudian saat akan membuat usaha atau menjalankan bisnis. Sebisa mungkin jangan dilandasi hanya sekedar untuk mendapatkan untung. Namun, usahakan landasi dengan perasaan suka pada usah tersebut. Contohnya usaha karena berdasarkan hobi, atau kemampuan yang dimiliki. Dengan begini usaha yang dilakukan akan dapat bertahan lama dan akan terus bisa berkembang.

5. Perluas Networking

Networking perlu dijadikan dalam landasan menjalankan usaha. Dengan cara ini para pelaku usaha dapat mulai bergabung dengan beberapa komunitas yang terkait.  Baik itu usaha yang sedang dijalankannya ataupun bisa usaha yang lain. Jika sebelumnya sudah dapat memperluas jaringan networking kepada orang atau pengusaha lainnya. Cara ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha nantinya.

Pada saat bisnis atau usaha sudah berjalan. Networking inilah yang akan membantu dalam memasarkan produk usaha yang dijalankan.  Sangat penting bagi setiap pengusaha itu memiliki sikap yang terbuka dengan pandangan pemikiran yang luas. Perbanyaklah berteman dengan berbagai orang atau pengusaha-pengusaha lainnya. Karena ini juga akan berpengaruh dalam pembentukan karakter yang baik sebagai pengusaha.

Macam-Macam Usaha yang Menjanjikan

Setelah mengetahui tips memulai usaha yang menjanjikan di atas, untuk yang mempunyai rencana membuka usaha sendiri, berikut ini beberapa ide usaha yang menjanjikan yang patut untuk dicoba. Di antaranya :

Baca Juga :  Kata Siapa Usaha Perlu Modal Besar? Iniloh Ada Peluang Usaha Modal Kecil

1. Kuliner Sederhana

Usaha yang menjanjikan yang pertama adalah bisnis makanan sederhana. Usaha makanan atau kuliner ini sekarang semakin maju perkembannya. Setiap waktu pasti selalu ada usaha kuliner baru, dan pada usaha yang lama tutup karena gulung tikar. Dalam melakukan usaha kuliner ini memang diperlukan ide yang kreatif dalam menjual atau memasarkan aneka kulinernya.

Salah satu cara agar usaha yang dijalankan bisa kreatif. Yaitu bisa gabungkan usaha kuliner dengan berbagai makanan yang sedang populer sekarang ini. Contohnya seperti nasi goreng, pelaku usaha dapat membuat bakso dengan berbagai cita rasa yang unik. Dengan bisa menambahkan berbagai pilihan varian rasa tambahan dan harga yang bervariasi pula. Hal ini yang akan membuat usaha akan berbeda dari lain dan dapat menarik.

2. Buka Usaha Percetakan

Seperti yang di ketahui, bahwa di awal tahun 2019 ini, negara indonesia akan mengadakan Pemilihan Umum serentak dan juga Pemilihan calon presiden baru. Dengan adanya kegiatan tersebut tentunya membuka peluang usaha yang bagus. khususnya pada usaha percetakan ini. Karena pada pemilu akan membutuhkan beberapa atribut peraga dan perangkat lainnya. Seperti halnya pamflet, kaos, baliho, dan lain-lain.

Nah bagi yang akan memulai bisnis tidak ada salahnya melakukan usaha percetakan ini. Sambil menyongsong pemilu pada bulan april 2019 nanti. Usaha ini tidak hanya akan laris pada saat musim pemilu. Namun usaha percetakan pada setiap harinya memang sangat diperlukan bagi banyak orang. Selain itu dapat menghasilkan penghasilan yang sangat menjanjikan pula. Jadi ide membuka usaha ini juga patut untuk dicoba.

3. Jual Produk Fashion

Usaha yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan menjual produk-produk fashion atau busana. Industri fashion atau pakaian sekarang ini terus mengalami perkembangan. Khususnya bagi kaum wanita yang begitu menyukai akan fashion busana pakaian terkini. Bisnis atau usaha fashion masih menjadi usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Terutama bagi para pemula yang akan membuka usaha.

Segala macam produk fashion atau pakaian yang dapat dijual bisa berupa kaos, kemeja, hijab, celana, tas, ataupun sepatu dan lain-lainnya. Selain itu pelaku usaha ini juga dapat membuat produk-produknya sendiri yang memiilki merk sendiri pula. Dan juga bisa menjadi reseller dengan menjual produk yang sudah ada. Silahkan sekarang bisa memilih bagaimana akan menjual produk yang akan dijual di pasaran pada usaha ini.

Baca Juga :  Kriteria Dan Contoh Bisnis Online Untuk Pemula

4. Usaha Waralaba

Waralaba yaitu merupakan konsep usaha atau bisnis yang dimana disitu akan membentuk sebuah kesepakatan. Atau melakukan kerja sama antara dua belah pihak untuk menjalankan usaha. Pemilik atau pemberi usaha biasa disebut dengan franchisor. Lalu mitra atau pihak penerima waralaba adalah franchisee. Bisnis ini dilakukan dimana pihak franchisee diberikan izin untuk memakai dan menjalankan bisnis dari pemberi usaha. Izin tersebut dapat berupa brand usaha, hak inteletktual, merek, dan resep produk.

Itu semua dilakukan untuk agar kedua belah pihak bisa dapat mendapatkan keuntungan dalam bisnisnya. Namun sebelumnya kedua belah pihak perlu membuat perjanjian bersama dan disepakati. Kemudian jika melakukan usaha waralaba ini, bagi para pengusaha baru atau pemula. Akan memberikan keuntungan dalam merintis usahanya dengan cepat. Karena ketika menjalankan usaha pasti akan dipandu oleh para pelaku bisnis yang menjadi mitranya. Tetapi untuk melakukan bisnis ini. Sebelumnya harus memerlukan modal yang cukup besar untuk bergabung dan langsung membuka usahanya.

5. Flip Cover Komputer Tablet

Smartphone atau tablet pada jaman sekarang ini adalah sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagi sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia. Mulai dari anak-anak dan orang dewasa selalu menggunakan smartphone atau tablet. Dengan perubahan gaya hidup pada masyarakat ini. Membuat peluang usaha yang menjanjikan dalam usaha menjual berbagai macam flip cover pada tablet atau smartphone ini.

Sekarang ini sedang marak dijual berbagai macam flip cover. Dengan berbagai pilihan motif unik yang ada. Para konsumen juga bisa meminta desain flip cover yang sesuai dengan keinginannya. Berbicara tentang prospek kesempatan usaha ini, tentu cukup bagus. Karena usaha seperti ini masih jarang, dan ditambah lagi dengan pengguna smartphone yang setiap waktu terus bertambah. Maka usaha ini patut dicoba, terutama bagi para pengusaha baru atau pemula.

Itulah beberapa penjelasan tentang usaha yang menjanjikan bagi pemula. Bahwa sudah dijelaskan bagaimana tips memulai usaha untuk pemula yang baik dan benar. Serta berbagai macam ide usaha bagi pemula yang menjanjikan dan yang pasti menguntungkan.