Hal Mengenai Bisnis Internet Yang Wajib Diketahui Calon Pebisnis

0
204
bisnis internet

Siapa yang tidak ingin menjalankan suatu bisnis yang sukses, pasti semua ingin hal itu terjadi. Untuk itu ada baiknya mencoba bisnis internet yang terkenal mudah baik dalam meraup untung ataupun menjalankannya. Segmentasi pasar yang luas para pengguna internet membuat bisnis yang berjalan melalui internet sangatlah mudah mendapatkan konsumen.

Berbisnis melalui internet sangatlah menguntungkan,namun namanya bisnis tentu saja harus dilakukan dengan serius dan penuh kerja keras sehingga bisnis akan berjalan lama. Untuk itu harus memahami mengenai beberapa hal. Seperti kelebihan dan kekurangan serta contoh dari bisnis yang bisa dijalankan. Sehingga tidak akan salah langkah dan dapat meminimalisir kesalahan yang akan terjadi.

Kelebihan Bisnis Melalui Internet

Kelebihan ini merupakan alasan dari setiap calon pebisnis percaya dan tergoda dengan hal yang diberikan jika menjalankan bisnis melalui internet. Berikut kelebihan berbisnis melalui internet yang bisa jadi pertimbangan sebelum memulai bisnis:

1. Modal Cukup Kecil

Bisnis internet memang memerlukan modal yang cukup kecil karena tidak perlu menyiapkan ruko, kantor, ataupun tempat menjalankan bisnis seperti biasa. Hanya perlu menyiapkan modal untuk menyetok barang, bahkan jika tidak memiliki modal bisa menjalankan sistem dropshipper dimana supplier yang akan mengirimkan barang ke pembeli atas nama penjual.

2. Bisnis Bervariasi

Dalam dunia bisnis tersedia banyak variasi yang dapat dipilih, mulai dari menjual jasa, barang dan informasi. Semua dapat dilakukan melalui bisnis yang terhubung dengan internet, sehingga di setiap transaksi dilakukan secara online. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan, sehingga menjalankannya tidak akan sulit.

3. Dapat Dikerjakan Siapapun

Pebisnis dalam dunia internet tidaklah terpatok dengan ijasah ataupun sertifikat. Bisnis melalui internet dapat dijalankan oleh lapisan masyarakat seperti karyawan kantor, mahasiswa, pelajar bahkan ibu rumah tangga. Modal utamanya adalah paham mengoperasikan bisnis dengan menggunakan internet.

Baca Juga :  9 Tips Cara Bisnis Online Yang Jitu

4. Segmentasi Pasar Yang Luas

Membuka bisnis internet sangatlah mudah dan menguntungkan karena segmentasi pasar yang luas, dimana promosi dilakukan melalui media yang terhubung dengan internet. Selain itu fakta bahwa saat ini setiap lapisan masyarakat baik di dalam negeri ataupun luar tidak terlepas dari internet akan sangat membantu dalam proses bisnis.

5. Proses Transaksi Cepat

Proses transaksi dalam berbisnis melalui internet terbilang cukup cepat, baik itu proses penyetokan barang, penjualan bahkan pembayaran oleh pembeli. Semua dapat dilakukan dengan cepat karena setiap hal yang dilakukan melalui internet, tidak perlu meninggalkan rumah. Untuk pembayaran bisa melalui e-banking dan proses pemesanan akan langsung terinput secara otomatis setelah uang diterima penjual.

6. Dapat Dikerjakan Dari Mana Saja Dan Kapan Saja

Hal terakhir yang menjadi kelebihan menjalankan bisnis melalui internet adalah dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Selama memiliki akses internet, bahkan di dalam ataupun luar rumah semua dapat dilakukan. Bisnis bisa terus berjalan sambil beriringan melakukan pekerjaan yang lain, tidak peduli waktu dan tempat.

Kekurangan Bisnis Melalui Internet

Setelah mengetahui kelebihan dari bisnis internet haruslah mengetahui juga mengenai kekurangannya. Sehingga dalam setiap proses bisnis walau dilakukan dengan mudah haruslah tetap fokus dan serius, sehingga kesalahan akan minim terjadi. Berikut kekurangan berbisnis melalui internet yang bisa jadi pertimbangan sebelum memulainya :

1. Persaingan Ketat

Kemudahan dalam menjalankannya membuat banyak orang tertarik juga memulai bisnis internet. Hal ini tentu akan membuat persaingan ketat tercipta, dimana saingan bukan hanya di dalam negeri namun di luar negeri juga. Akan banyak bisnis yang bergerak di bidang sejenis, untuk itu harus mampu mempertahankan eksistensi.

Baca Juga :  Perhatikan 6 Hal Sebelum Membuka Bisnis Laundry

Untuk mempertahankan eksistensi bisa dengan cara membuat produk yang dijual jauh lebih unik, berbeda san up to date, sehingga konsumen tidak akan berpindah walaupun banyak toko yang menyediakan hal yang sama.

2. Penipuan Marak Terjadi

Kekurangan berbisnis melalui internet yang sangat fatal adalah penipuan yang marak terjadi. Semua hal itu karena setiap transaksi yang dilakukan melalui internet tidak memungkinkan tatap muka langsung, sehingga akan mudah terkena penipuan. Dimana barang yang dikirim mungkin tidak sesuai, ataupun barang telah dikirim namun pembeli mengaku tidak menerima.

3. Butuh Keterampilan Serta Kemampuan

Meskipun membangun bisnis melalui internet tidak memerlukan status pendidikan, namun keterampilan dan kemampuan tetaplah utama. Sehingga tidak akan mudah ditipu, proses promosi dan strategi lainnya mudah diterapkan, serta produk dapat terus dikembangkan.

Untuk itu sebelum memulai bisnis, setidaknya bekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai cara berbisnis di internet yang baik dan benar, sehingga akan mampu meminimalisir kesalahan. Selain itu paculah otak untuk selalu berfikir kreatif dan inovatif, sehingga produk akan terus diminati.

Contoh Bisnis Melalui Internet

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis internet namun tetap memutuskan akan menjalankan bisnis melalui internet tentunya memerlukan referensi bisnisyang dapat dijalankan. Bisnis yang dijalankan harus disesuaikan dengan kemampuan, sehingga tidak akan ada kesalahan. Berikut contoh berbisnis melalui internet yang bisa dijadikan referensi:

1. Online Shop Di Marketplace

Bisnis internet tentunya dijalankan secara online, karenanya dengan membuat online shop atau toko online di marketplace (pasar online) merupakan pilihan yang tepat. Dimana tidak akan perlu menyewa toko dan lain hal hanya perlu menyetok barang dagangan dan menjajakannya melalui online shop.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bisnis Online Terpecaya Bagi Pemula

Barang dagangan yang bisa dipilih beraneka ragam, mulai dari fashion seperti baju, celana,sepatu, tas dan juga alat make up. Hingga menjual pernak-pernik lainnya, yang memang banyak digemari masyarakat saat ini.

2. Menjual Produk Melalui Website

Selain online shop, jika sudah memiliki produk yang akan dijual bisa dilakukan melalui website juga. Dimana menjual produk dengan website saat ini sedang digemari. Karena saat ini pengunjung website sudah sangatlah banyak. Mulai untuk sekedar melihat-lihat ataupun memang ingin membeli sesuatu. Sehingga berjualan melalui website cukup patut untuk dicoba.

3. Usaha Jasa Desain Grafis

Untuk yang memiliki bakat dalam menggambar dan dapat menuangkannya melalui desain grafis bisa mencoba bisnis internet yang satu ini. Sangat banyak perusahaan yang membutuhkan desain untuk membantu promosi ataupun membuat simbol perusahaannya.

Modal utama dalam bisnis ini adalah pemahaman program atau software desain grafis dan mampu merealisasikannya secara kratif dan unik. Sehingga produk yang dihasilkan akan membuat konsumen puas dan menarik konsumen lainnya.

4. Bisnis Sistem Dropship

Untuk yang tidak memiliki modal sama sekali dapat menjalankan berbisnis melalui internet dengan sistem dropship dimana tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyediakan produk. Hanya perlu menjalin kerjasama dengan supplier dan mereka yang akan mengirimkan produk kepada pembeli. Disini aktivitas utamanya dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk.

Itulah hal mengenai bisnis internet yang wajib diketahui calon pebisnis. Dengan memahami mengenai hal tentang bisnis melalui internet, tentunya akan membuat bisnis mudah dijalankan serta bisa terus berkembang. Untuk itu pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat, sehingga dalam prosesnya akan jauh lebih ringan dan tidak menjadi beban.