Apa Yang Perlu Disiapkan Untuk Bisnis Online Pemula

0
65

Siapa bilang memulai usaha itu selalu sulit, punya modal besar dan lama untungnya. Di era digital seperti sekarang ini, membuka sebuah usaha atau bisnis tidak selamanya sulit. Apalagi untuk urusan modal bisa digoyang sehingga bisa dimulai dengan modal yang tidak memberatkan bahkan terkesan seadanya. Nah, untuk anda yang berniat untuk mencoba bisnis online pemula, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan. Tentunya hal yang perlu anda siapkan tersebut nantinya akan bermanfaat untuk anda nanti saat sudah mulai dalam bisnisnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Rekening Bank

Ya, setiap pembayaran yang dilakukan melalui internet selalu menggunakan rekening bank terutama yang sudah memiliki akses internet banking atau mobile banking. Alasannya tentu saja karena memang keduanya sangat membantu anda dalam bisnis nantinya. Oleh karena itu, siapkan rekening bank yang juga sebaiknya anda memiliki akses intenet dan lainnya.

Sebagai tips tambahan, jika ini pertama kalinya bagi anda untuk memulai bisnis online anda, maka akan ada baiknya jika anda memulanya dengan satu rekening terlebih dahulu. Memang umumnya pembeli pun ingin agar penjual memiliki lebih dari satu rekening, namun mengingat anda masih baru akan memulai bisnis tersebut maka untuk sementara anda tawarkan saja rekening bank yang sudah anda miliki.

2. Model dan Jenis Bisnis Online

Hal penting ketiga yang perlu disiapkan dalam membangun bisnis online untuk pemula adalah dengan memahami dan selanjutnya memiliih model bisnis online tersebut. Ada banyak pilihan model dan jenis bisnis online mulai dari bagaimana cara mendapatkan barang hingga yang tidak membutuhkan modal sekalipun. setelah itu yang perlu anda lakukan adalah dengan memahami seluk beluk model dan jenis bisnis online tersebut.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Terpercaya dengan Membaca Ini!

Sebagai contoh yang paling banyak digemari saat ini adalah model bisnis online dropshipper. Model bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali, selain itu model bisnis ini juga tidak mewajibkan anda untuk membeli produk dan menjualnya. Yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan promosi dari produk yang dimiliki oleh supplier. Nah, dalam memilih supplier ini pun anda juga perlu memperhatikan banyak hal mulai dari harga yang dipatok, kepercayaan terhadap supplier serta juga kesepakatan yang mungkin ada antara anda selaku dropshipper dan juga supplier.

3. Brand

Hal penting ketiga yang perlu anda siapkan untuk bisnis online pemula anda adalah dengan brand atau merk. Jika kamu sering mendengar istilah branding, ya itu artinya sedang ada sebuah proses yang mana lebih ke arah promosi agar merk anda dikenal oleh masyarakat. Nah, hal yang sama bisa anda lakukan untuk brand yang anda miliki sehingga kustomer atau pelanggan pun dapat menemukan anda dengan brand tersebut.

Tips tambahan untuk anda yang baru akan membuat brand untuk bisnis online pemula yakni yang pertama:

1. Nama Yang Unik

Pilihlah nama yang unik dan juga menarik perhatian. Namun anda juga sebaiknya memilih nama yang tidak mudah diplesetkan seperti mengandung SARA contohnya.

2. Mempresentasikan Produk

Selain nama yang unik, ada baiknya juga anda memilih nama untuk brand anda yang mempresentasikan produk anda. Misalnya anda membuat sebuah produk jus Mangga. Anda bisa membuat brand yang berhubungan dengan produk jus mangga tersebut misal JuMaSe, Jus Mangga Segar.

3. Logo Brand

Selain nama brand ada baiknya juga jika anda melengkapi produk anda dengan logo yang menarik. dan sekali lagi, pastikan logo tersebut berhubungan dengan produk anda.

Baca Juga :  Tak Punya Modal? Coba Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Ini

4. Nama Pemilik

Selain berhubungan dengan produk anda, anda juga bisa membuat nama brand dengan menggunakan nama pemilik yakni seperti contoh Bakso Pak Kumis yang merepresentasikan Pak Kumis sebagai pemilik dari warung Bakso tersebut.

Diharapkan dengan memiliki brand tersebut, maka konsumen juga semakin mudah mengenali produk anda terutama nama dari produk anda. alasannya, bukan tidak mungkin produk anda nanti memiliki pesaing.

4. Media Social

Di era digital semacam ini media sosial tidak hanya berperan sebagai media komunikasi saja, namun juga dapat sebagai media edukasi dan juga bahkan media promosi. Jadi, membuat akun media sosial dengan menggunakan nama produk anda bisa dikatakan menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Apalagi jika anda rajin mengunggah promosi, mengunggah konten kreatif yang menarik konsumen untuk membeli produk di toko online anda.

Tips:

Apabila anda sudah memiliki media sosial untuk toko online anda, janganlah malas untuk mengunggah suatu konten setiap harinya. hal ini juga demik eksistensi dari brand anda nantinya. Selain itu, konten yang diunggah ke akun media sosial toko online anda tersebut tidak selalu harus melulu konten promosi dari produk-produk yang anda jual. Anda juga bisa mengunggah konten konten lucu seperti joke, meme dan juga ucapan untuk hari spesial seperti hari libur nasional, hari raya dan lainnya.

Jika memungkinkan, anda juga bisa mengunggah quiz yang mana hadiahnya berupa potongan harga dari produk anda. DIjamin selain anda akan mendapatkan banyak followers, anda juga telah mempromosikan brand anda lebih luas lagi. Bisa dibilang, promosi tidak selalu harus memberikan timbal bali berupa keuntungan dalam bentuk dana melainkan juga bisa dalam bentuk pengaruh branding yang lebih luas.

Baca Juga :  9 Tips Cara Bisnis Online Yang Jitu

5. E Commerce

Selain media sosial, anda juga perlu memainkan bisnis anda atau ikut bergabung dengan e commerce. Diakui atau tidak, e commerce memiliki pangsa pasar yang besar meskipun juga didalamnya memiliki persaingan yang sengit. Hanya saja dengan bergabung dengan e commerce anda juga menambah peluang untuk produk anda dilihat oleh banyak orang. Hal ini sangat penting bagi bisnis online untuk pemula yang cenderung masih belum diketahui banyak orang.

Tips: agar tidak repot, anda bisa memilih untuk menggabungkan dua peluang dari media sosial dengan e commerce sekaligus. Sebagai contoh, anda memposting promosi produk anda di media sosial namun juga tidak lupa menyertakan link ke e commerce dimana anda menjual produk tersebut. Hal ini juga merupakan strategi yang baik dalam mengikat konsumen. Pasalnya tidak semua konsumen menyukai media sosial dan tidak semua pengguna media sosial mau membuka toko online e commerce tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membangun bisnis online untuk pemula. Memang terlihat sulit dan bertele-tele, namun ketika anda sudah memahaminya semuanya itu akan terlihat mudah dan juga tidak merepotkan. Oleh karena itulah tidak sedikit orang yang menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan mereka yang tidak mengganggu pekerjaan utama mereka. Nah, semoga anda sukses dengan bisnis yang akan anda mulai. Tetap berusaha dan jangan lupa untuk terus menambah pengetahuan anda dalam berbisnis.