Bisnis Indonesia Yang Dikenal di Mancanegara

0
607

Ide bisnis di Indonesia masih sangat banyak untuk dikembangkan. Upaya pemerintah untuk menangani bisnis kecil menengah atau UKM juga semakin meningkat. Buktinya adalah tidak sedikit UKM yang dikenal di mancanegara atau go internasional. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengembangkan bisnis anda, jangan khawatir dan berputus asa. Karena segalanya masih dapat terjadi untuk kesuksesan anda. Berikut ini beberapa contoh bisnis Indonesia yang dikenal di mancanegara.

1. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan adalah salah satu jenis usaha yang mungkin paling banyak dicari oleh pasar internasional. Pasalnya, kerajinan tangan di Indonesia dikenal sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai seni tinggi, dan juga sangatlah beragam akibat beragamnya budaya di Indonesia. Maka tidak heran jika usaha kerajinan tangan nusantara ini banyak dikenal dan memiliki tingkat permintaan yang tinggi.

Sebagai contoh bisnis Indonesia yang dikenal di mancanegara untuk kerajinan tangan adalah Gendhis Bag yang dibuat dari enceng gondok. Pemanfaatan tanaman Enceng Gondok ini sendiri merupakan pemanfaatan yang sangat positif karena seperti yang kita tahu jika tanaman tersebut merupakan benalu dan berakibat buruk untuk lingkungan karena penyebarannya yang cepat dan menyedot banyak air.

Gendhis Bag sendiri dibuat oleh Ferry Yuliana yang merupakan seorang dokter gigi. Awalnya Ferry merasa prihatin karena petani menjual tanaman enceng gondok dengan harga yang murah. Dengan ketekunan, Ferry mengajak petani untuk memanfaatkan enceng gondok menjadi sebuah produk bernilai tinggi. Kini bisnis Indonesia Gendhis Bag melayani berbagai pesanan dari Jepang dan Amerika Serikat.

Selain Gendhis Bag, ada juga keset perca karya seorang difabel yakni Keset Perca Irma Suryati. Bisnis Indonesia ini sendiri sudah mampu untuk mencapai pasar Australia, Turki, Jepang dan juga Jerman.

Baca Juga :  8 Bisnis Menjanjikan Untuk Cewek

2. Fashion

Untuk urusan fashion, Indonesia sebenarnya banyak diberitakan menjadi salah satu pusat fashion yang mana dalam hal ini adalah fashion busana Islami. Hal ini tak lepas dari berbagai desainer busana muslim tanah air seperti Dian Pelangi serta beberapa desainer lainnya. Tak heran jika Indonesia menjadi trendsetter untuk busana fashion Muslim.

Selain busana muslim, Indonesia juga memiliki brand yang namanya sudah sampai ke ke mancanegara yakni Schmiley Me. Schmiley Me merupakan salah satu bentuk bisnis Indonesia yang sukses meski berasal dari UKM. Bisnis ini sendiri didirikan oleh Dina Rikasari yang mana koleksi busananya pernah dipamerkan di London.

Jadi apabila anda memang memiliki ketertarika di bidang fashion, tidak ada salahnya untuk mencoba berkarya terutama melalui fashion Islami. Tentunya anda juga membutuhkan modal yang tidak sedikit dan juga keuletan dan ketekunan yang tak boleh ada kata menyerah.

3. Berternak

Ketika membaca kata ternak, pastinya anda akan berpikir bahwa anda nantinya akan repot dengan segala sesuatunya tentang ternak. Padahal tidak semuanya repot atau anda mungkin belum melihat keuntungan dari bisnis ini. Indonesia yang diberkahi oleh sumber daya alam yang luar biasa ini juga memberikan manfaat bagi kita.

Salah satu contoh dari bisnis Indonesia di bidang ternak yang sukses mencapai pasar mancanegara atau pasar internasional adalah bisnis ternak ikan kerapu yang digeluti oleh nelayan di Bali. Manfaat dari ekspor ikan ini tentu saja sangat menggiurkan. Bahkan beberapa negara menjadi pelanggan untuk jenis ikan ini.

Negara negara seperti Hong Kong, CIna, Thailand, Singapura, Korea, Jepang dan juga bahkan Amerika Serikat menjadi pelanggan tetap untuk ekspordari pihak nelayan tersebut. Ikan berjenis kerapu macan ini sendiri dikirimkan atau diekspor dalam dua cara yakni dengan ikan yang dikeringkan terlebih dahulu atau ikan dibekukan sebelum dikirim.

Baca Juga :  8 Bisnis Sampingan Kekinian Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Hanya saja memang untuk bisnis Indonesia dalam kegiatan beternak ini membutuhkan upaya yang lebih. Pasalnya anda juga harus memahami bagaimana budidaya ikan atau hewan ternak lainnya dan selanjutnya anda juga harus memahami tentang seluk beluk usaha agar dapat mengekspor produknya. Terakhir, anda juga mungkin perlu belajar tentang food processing sehingga produk anda semakin dapat diandalkan dan juga menguasai pasar dengan produk anda.

4. Kuliner

Tak hanya benda benda saja yang dapat dikelola sehingga menjadi barang-barang bernilai tinggi. Salah satu contohnya adalah upaya ekspor dari makanan ingan seperti salah satu contohnya adalah Jenang Kudus dari Jenang S. Seperti yang kita sudah sering konsumsi, Kudus adalah produsen dari jenang.

Jenanng Kudus yang merupakan jajanan manis yang disukai oleh masyarakat kita. Hanya saja ternyata manisnya jenang kudus ini juga ternyata diminati oleh pasar luar negeri. Adalah Hilmi yang mendesain semuanya sehingga mampu mengekspor jenang Kudus ke berbagai negara seperti contohnya adalah Cina, Taiwan, Amerika Serikat dan juga beberapa negara lainnya.

Tak hanya jenang saja yang menjadi produk ekspor dari bisnis Indonesia. Seperti rendang misalnya yang sudah ada dalam bentuk pemrosesan  dan dapat diperoleh dengan mudah terutama untuk kualitas ekspornya. Hanya saja kembali anda harus melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan keterampilan memasak anda hingga pemasaran dan juga tentu saja bahasa Inggris yang akan menjadi bahasa komunikasi.

5. Produk Lainnya

Masih banyak produk lain yang dipilih sebagai peluang untuk memajukan bisnis Indonesia di mancanegara. Hanya saja kita perlu jeli apakah yang nantinya dapat ditingkatkan nilai jualnya atau apa yang dapat diterima oleh pasar dan menjadi produk yang layak untuk diekspor. Salah satu yang menarik adalah dari PT. Ika Indo Industrik Karbonik.

Baca Juga :  7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Kekinian Tanpa Modal

Industri Karbonik tersebut merupakan eksportir dari karbon aktif yang mana karbon tersebut diperoleh dari batok kelapa yang mana jarang dimanfaatkan atau hanya dibuang begitu saja. karbon aktif ini banyak dipesan oleh Amerika Serikat dan juga Eropa yang mana produk CSAC atau Karbon aktif tersebut terlebih merupakan karbon aktif berkualitas tinggi.

Hanya saja bisnis Indonesia yang satu ini telah digeluti sejak 1988 ini membutuhkan ketekunan yang luar biasa sehingga dapat menyentuh tenaga kerja yang jelas juga akan membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

Itulah ke lima bisnis Indonesia yang sudah go internasional atau sudah dipasarkan di berbagai negara. Tentu saja upaya untuk dapat hingga ke level sekarang ini bukanlah selalu jalan yang mulus. Setiap usaha pasti juga akan menemui kendala. Kendala tersebut bisa saja berat dan bisa saja ringan. namun yang terpenting adalah bagaimana anda dapat meningkatkan apa yang anda belum pahami dari kendala-kendala tersebut sehingga selanjutnya dapat anda lewati sebelumnya.

Semoga artikel ini membantu anda dalam memotivasi anda sehingga anda dapat memimpin bisnis anda nantinya atau bisnis yang masih anda rencanakan dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat untuk anda sekeluarga. Semoga sukses dan tetap berusaha untuk kesuksesan di masa mendatang.