Bisnis Online Untuk Mahasiswa Yang Modern Dan Manfaatnya

0
104
Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bisnis online untuk mahasiswa, sudah tidak asing bagi para mahasiswa sekarang ini. Menjadi mahasiswa bukanlah sekedar menikmati dunia perkuliahan dan untuk belajar saja. Mahasiswa juga harus terlatih untuk hidup mandiri sehingga lebih siap dalam menghadapi kehidupan nyata.

Saat ini sudah banyak  para mahasiswa yang menjalankan bisnis online. Di kalangan mahasiswa, fenomena online shop sedang mewabah sampai sekarang. Jika dahulu praktik wirausaha hanya dilakoni oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagai tuntutan materi kuliah, kini justru sebaliknya. Mahasiswa jurusan mana pun banyak yang berbisnis online. Keseriusan para mahasiswa mengelola bisnis juga tidak bisa diremehkan. Terbukti dengan tingginya keuntungan yang dapat di peroleh

Macam-Macam Bisnis Online

Para mahasiswa terkadang dalam memulai bisnisnya harus terkendala dengan modal yang dibutuhkannya untuk memulai bisnis. Tetapi kini ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa, salah satunya adalah dengan bisnis online. Pilihlah bisnis online yang berbeda dengan memanfaatkan peluang yang ada. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa yang modern dan sukses:

1. Paid Survey

Bisnis online untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan menjadi paid survey. Banyak jenis survey yang ditawarkan secara online untuk mencari tingkat kepuasan maupun penggunaan dalam suatu bisnis yang dijalankan. Lembaga survey ini biasanya menawarkan insentif baik bisa berupa barang maupun uang.

Bagi mahasiswa yang menginginkan tambahan uang tapi tidak dapat bisa mengeluarkan modal yang besar. Menjadi bagian dari paid survey atau survey berbayar ini pastinya akan menambah pendapatan penghasilan yang cukup menjanjikan apabila bisa menekuninya. Cukup dengan meluangkan waktu selama 10-30 menit untuk mengisi sebuah survey, sudah bisa mendapatkan penghasilan. Sebuah peluang bisnis online yang cukup mudah dan praktis bukan.

2. Buzzers

Menjadi seorang buzzers, yaitu berarti harus membagikan postingan maupun hal yang menarik untuk bisa mendapatkan sebuah insentif. Besarnya insentif yang bisa didapatkan ketika melakukan bisnis ini tergantung dari seberapa aktif  untuk membagikan artikel tersebut dan berapa banyak postingan yang bisa dibagikannya. Buzzers jika pada sosial media pada kenyataannya memiliki peran yaitu sebagai alarm.

Baca Juga :  Macam-Macam Usaha Kecil Rumahan Yang Menggiurkan Dan Keuntungan Menjalankannya

Maksudnya adalah orang yang akan terus menerus sesuai jadwal yang telah ditetapkan melakukan suatu promosi atau iklan mengenai suatu produk. Pembayaran seorang buzzers ini bisa dapat diterima ketika nominalnya sudah mencapai angka minimal sebesar Rp 150.000. Banyak mahasiswa yang mendapatkan pembayaran lebih dari angka 1 juta dari menekuni bisnis menjadi seorang buzzers ini.

3. Bisnis Camilan

Bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya dengan bisnis camilan makan. Apabila urusan makanan, bisa memulai bisnis camilan ini yang tidak kalah menggiurkan hasilnya. Jangan salah, bisnis makanan ini tidak hanya bisa dijalankan secara offline saja. Tetapi juga bisa menawarkan camilan yang akan dijual secara online. Bisnis yang satu ini patut dicoba untuk mahasiswa yang ingin bisa sukses dengan usaha bisnisnya.

Saat ini sangat banyak penjual yang menawarkan aneka snack, aneka kripik dan lainnya secara online. Kunci utama dari bisnis ini adalah untuk bisa membuat inovasi yang baru dan terus berkreatifitas.

Jika mahasiswa belum bisa membuat camilan sendiri? Tenang, caranya bisa mencari produsen makanan ringan kemudian menawarkan makanan ringan tersebut ke konsumen di dunia maya. Tentunya bisnis ini juga bisa dilakukan tanpa modal, jadi sangat cocok untuk para mahasiswa.

4. Jualan Materi Kuliah

Bisnis ini bisa dicoba jika setidaknya memiliki nilai akademis lebih, sehingga bisa lebih dipercaya saat jualan pada teman kampus atau ke mahasiswa dari kampus lain. Karena sekarang sudah jaman serba online, bisa menggunakan media yang sering digunakan yaitu facebook dan instagram untuk mempromosikannya secara gratis. Mahasiswa bisa jualan materi kuliah, misal seperti ada banyak materi yang mungkin tidak dipahami oleh teman kampus.

Dari situ bisa membuat materi yang berhubungan dengan tema itu, lalu dijual dalam bentuk DVD ataupun file. Tapi usahakan jangan di jual dalam bentuk file yang berbentuk pdf, karena pada dasarnya bagi mahasiswa yang malas membaca maka tidak akan bisa memberi pengaruh terhadapnya. Jadi pelaku bisnis ini, bisa meringkas dalam bentuk file presentasi yang menarik. Lalu dengan video dan lainnya yang intinya bisa untuk di pahami nantinya.

Baca Juga :  Inilah Hal Mengenai Bisnis Sampingan Yang Wajib Diketahui

5. Guru Private Online

Siapa bilang jika belajar itu harus ketemu langsung? Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini. Dapat memunculkan peluang bisnis, untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan memulai bisnis menjadi guru private online. Tentunya bisnis online gratis ini cocok bagi para mahasiswa yang pintar dalam ilmu pengetahuan atau sudah memiliki keahlian khusus.

Manfaat Bisnis Online Bagi Mahasiswa

Bisnis online untuk mahasiswa, selain dapat menghasilkan keuntungan. Mahasiswa juga bisa lebih mengerti makna tanggung jawab, baik itu kuliah maupun bisnis yang sedang dijalankannya. Salah satu manfaat utama dalam menjalankan bisnis online adalah mahasiswa akan dapat menghemat banyak uang. Berikut adalah beberapa penjelasan manfaat bisnis online untuk mahasiswa yang didapat.

1. Menyimpan Uang

Salah satu manfaat utama menjalankan bisnis online untuk mahasiswa adalah dapat menghemat banyak uang . Ini termasuk dalam menghemat tempat usaha dan berbagai tagihan yang datang dengan menyewa atau membeli tempat. Selain itu, bisa melakukan penghematan di daerah-daerah seperti biaya perjalanan dan semacamnya.

Dengan ini dapat memotong banyak biaya untuk memulai bisnis jika memutuskan untuk menyiapkannya secara online. Bagi mahasiswa yang memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ini adalah solusi yang ideal.

2. Sederhana Dan Nyaman

Menyiapkan dan menjalankan bisnis itu bisa menjadi tantangan nyata. Namun, saat beroperasi online  bisa menghilangkan banyak stres dan kerumitan yang terlibat. Ini adalah metode bisnis yang nyaman, sederhana, dan sangat populer akhir-akhir ini.

Sekarang ini banyak konsumen ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan berbelanja barang dan jasa secara online . Dengan pengaturan online, mahasiswa yang sebagai pelaku bisnis akan memenuhi permintaan ini. Hari-hari ini, orang terbiasa berbelanja barang apa saja yang diinginkan kapan saja siang dan malam.

3. Mengasah Daya Kreatifitas

Manfaat bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya, yaitu bisa mengasah daya kreatifitas. Pengalaman bisnis online inilah yang nantinya akan menjadi bekal untuk menghadapi lingkungan diluar ketika sudah lulus. Dalam bisnis online mampu mengasah tingkat kreatifitas dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga :  8 Pilihan Bisnis Online 2019 Menjanjikan

Misalkan saja seperti, harus menemukan kesempatan usaha yang ada di sekitar, kemudian mencari bagaimana menjadikannya bisnis. Tidak berhenti sampai disitu saja, mahasiswa yang menjalankan bisnis online juga akan mencari cara bagaimana bisnisnya diminati banyak orang.

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan tidak hanya perlu harus memiliki IPK yang tinggi saja. Jika sulit mendapatkan pekerjaan maka  lebih baik mulai menjalankan bisnis meskipun hanya kecil-kecilan. Dalam menjalankan suatu bisnis pasti dibutuhkan jaringan yang luas.

Jika mahasiswa ketika kuliah sudah menjalankan sebuah bisnis tentunya hal tersebut membuat dirinya berhubungan dengan orang banyak dengan latar belakang yang beraneka ragam juga. Hal ini akan memperluas jaringan bisnis ketika nantinya akan memulai bisnis yang nyata.

5. Mudah Untuk Tetap Berhubungan Dengan Pelanggan

Pelaku bisnis online dapat menggunakan buletin dan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan calon pelanggan baru yang telah memberi alamat email mereka. Ini lebih murah daripada media periklanan tradisional dan juga, karena pelanggan juga tahu nama pelaku bisnis ini, pesan akan diperhatikan di kotak masuk.

Di situs, itulah dapat menyediakan bentuk komunikasi tambahan seperti live chat, forum atau formulir pertanyaan. Saluran media sosial, seperti Twitter, instagram dan Facebook, juga menyediakan cara lain untuk tetap berhubungan dengan klien. Jadi manfaat bisnis online untuk mahasiswa satu ini, pasti juga akan berguna dikemudian hari bagi mahasiswa. Baik ketika sudah lulus atau jika sudah bekerja dan ingin memulai bisnis online lagi sebagai penghasilan tambahan.

Misalnya seperti keahlian menari, bermain musik, melukis dan sebagainya. Selain bisa mengajarkan keahlian pada orang lain, mahasiswa yang melakukan bisnis online ini juga dapat mengasah kemampuannya tersebut. Jangan salah, selain mudah bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini menawarkan keuntungan yang tidak kalah besar dari menjadi guru les secara offline.