Ingin Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal? Ini Yang Harus Dilakukan

0
1096
Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Dalam memulai suatu usaha, seringkali sebagai pemula terkendala dengan masalah modal. Modal tersebut tentunya berfungsi sebagai pengadaan awal barang dalam usaha. Namun, yang perlu diketahui, bahwa tidak semua bisnis usaha memerlukan modal, apakah bisa? Tentu bisa, salah satunya adalah bisnis online shop tanpa modal yang keuntungannya sangat menggiurkan. Bagi yang ingin menggeluti bisnis tersebut, maka berikut ini adalah informasi mengenainya.

Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Sebelum memulai melakukan bisnis online shop tanpa modal, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, yakni antara lain sebagai berikut:

1. Pc Atau Laptop

Alat pertama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online shop tanpa modal ini adalah pc atau laptop. Jika tidak mempunyai pc atau laptop, maka bisa mampir sebentar ke warnet untuk membuat website atau toko online serta akun jejaring sosial untuk sarana promosi. Setelah itu maka bisa mengontrol website serta akun jejaring sosial cukup menggunakan smartphone saja.

2. Koneksi Internet Atau Kuota

Sedangkan yang kedua adalah harus mempersiapkan koneksi internet atau kuota.  Karena koneksi internet atau kuota sendiri menentukan segalanya. Selama koneksi internet atau kuota masih ada, maka bisnis online shop pun akan tetap eksis.

3. Website Toko Online

Jasa pembuatan website toko website online memanglah sedikit memakan biaya, namun bagi untuk pemula bisa menggunakan domain blogspot atau wordpress sebagai lahan bisnis online. Cara membuatnya pun sangat mudah, asalkan mempunyai akun google atau yahoo. Maka dari itu blog pun bisa segera dimanfaatkan sebagai lahan bisnis online.

4. Pengetahuan Tentang Internet Marketing

Berjualan di internet tentu halnya berbeda dengan tatap muka di pasar. Jika ingin berjualan di internet, maka para penjual akan berbicara dengan konsumen tanpa melihat wajahnya. Dengan begitu, maka para penjual diwajibkan mengetahui bagaimana cara menarik minat konsumen serta meladeni nego harga. Semakin menarik cara internet yang dipakai, maka bisnis online shop pun akan semakin menguntungkan.

Baca Juga :  Kata Siapa Usaha Perlu Modal Besar? Iniloh Ada Peluang Usaha Modal Kecil

Cara Melakukan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Setelah mengetahui apa saja yang harus disiapkan, maka hal berikutnya adalah mengetahui langkah untuk melakukan bisnis online shop tanpa modal itu sendiri. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Kelengkapan

Langkah pertama adalah memastikan kelengkapan fasilitas yang sudah disebutkan di atas. Selain itu jangan lupa untuk memastikan bahwa kuota pun aman sampai batas waktu tertentu, sehingga komunikasi untuk jual beli pun akan lancar. Karena bagaimanapun juga bisnis online jual beli ini tidak akan berjalan jika tidak ada internet.

2. Tentukan Jenis Barang Yang Dijual

Langkah yang selanjutnya adalah menentukan jenis pasar yang dijual. Banyak pilihan kategori barang yang bisa dipilih dalam cara memulai bisnis online shop tanpa modal. Yakni bisa dengan cara menjadi reseller atau menjadi seorang dropshipper fashion korea terkini, gamis batik, atau baju muslimah.

Selain itu bisa juga menjadi dropshipper alat elektronik seperti smartphone, laptop, dll. Atau bisa juga sebagai dropshipper kecantikan pembersih jerawat, pelangsing tubuh, kesehatan herbal, peninggi badan, serta produk-produk yang lain sebagainya. Dengan menentukan bidang bisnis tersebut maka bisa lebih jeli melihat tingkat konsumsi produk serta menghitung presentasse peluang kebersihan dalam berbisnis online shop.

3. Membuat Katalog

Langkah berikutnya jika ingin bisnis online shop tanpa modal adalah membuat katalog. Membuat katalog sendiri bisa dilakukan pada website toko online atau blog serta pada halaman facebook.

Beberapa fasilitas gratis tersebut bisa diubah menjadi lahan memasarkan produk dengan memajang foto produk, manfaat dari produk, detail produk, serta hasil pemakaian dari produk yang berupa dari katalog.

Salah satu cara memulai bisnis online shop tanpa modal ini terbukti sangat ampuh. Bahkan sebagai bagian dari strategi dari pemasaran internet marketing itu sendiri. Pengunjung serta para calon pembeli pun bisa melihat apa saja yang ditawarkan serta harga dan kondisi dari produk yang sedang dijual. Disinilah para penjual pun bisa mengetahui traffic pengunjung laman bisnis online shop yang sedang digeluti.

Baca Juga :  Selalu Rugi Ketika Bisnis? Sudah Tahu Peluang Usaha yang Menguntungkan Ini?

Setelah memasang katalog penjualan produk, maka bisa juga dibagikan pada jejaring sosial seperti facebook, grup penjualan, instagram, dll. Yang lebih kerennya membuat ini gratis, alias tanpa mengeluarkan modal sepeser pun.

4. Sediakan Chat Service Jika Perlu

Pasanglah CP serta chat service yang siap sedia saat jam-jam santai. Biasanya pengunjung yang menyambangi online shop akan lebih aktif pada jam makan siang, setelah makan siang sampai pulang kerja.

Gunakanlah fasilitas messenger gratis seperti Yahoo messenger, whats app, facebook chat, BBM, dan masih banyak lagi fasilitas messenger lainnya. Jangan lupa cantumkan juga nomor yang bisa dihubungi pelanggan setiap waktunya.

5. Pelayanan Yang Prima

Langkah terakhir jika ingin bisnis online shop tanpa modal adalah melakukan pelayanan yang prima. Aktif dan ramah serta informatif pada calon pembeli pun harus diperhatikan. Hal tersebut, merupakan sebagai bagian dari upaya menarik pengunjung agar betah dalam berbisnis.

Maka dari itu seorang penjual online pun dituntut untuk menjadi ramah dan informatif mungkin dalam menanggapi setiap pertanyaan dari konsumen. Dampaknya adalah konsumen pun akan merasa nyaman serta kembali membeli produk terbaru di kemudian hari.

Keuntungan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Selain fasilitas yang harus disediakan dan langkah-langkah dalam menggeluti bisnis ini, maka bisnis online shop tanpa modal pun mempunyai banyak sekali keuntungannya. Adapun keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Jangkauannya Luas

Keuntungan pertama dari bisnis online shop tanpa modal ini jangkauannya sangat luas. Setiap barang yang dijual akan tersedia bagi masyarakat yang tinggalnya sangat jauh bahkan bisa saja orang yang tinggal di luar negeri. Maka dari itu, bisnis ini pun merupakan bisnis yang sangat menguntungkan.

Baca Juga :  Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Sangat Menguntungkan

2. Memberikan Kemudahan

Keuntungan selanjutnya adalah memberikan kemudahan baik kepada penjual maupun pembeli. Kemudahan bagi penjual adalah tidak usah repot-repot untuk membuka toko, karena bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan smartphone saja, bahkan bisa juga sambil tiduran.

Sedangkan kemudahan bagi pembeli adalah tidak usah repot-repot untuk keluar dan menghabiskan waktu membeli sebuah barang, karena cukup mengklik barang di smartphone saja sudah cukup.

3. Pemasarannya Gratis

Keuntungan dari bisnis ini pun adalah pemasarannya yang gratis. Jika dalam bisnis offline harus membayar banyak uang untuk mempromosikan produk yang dijual, maka jika menggeluti bisnis online maka pemasarannya pun tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. Dengan begitu maka akan banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika menggeluti bisnis ini dengan serius.

4. Tidak Ada Batasan

Menjual secara online pun memungkinkan bisnis yang sedang digeluti menjangkau khalayak yang lebih luas lagi. Setiap orang dengan koneksi internet dapat mengakses ke situs produk yang sedang dijual diberbagai macam belahan bumi mana pun.

5. Transaksi Jauh Lebih Cepat

Transaksi menggunakan bisnis ini pun jauh lebih cepat. Karena bisa mentransfer uang bisa dikelola dari perangkat mobile manapun. Karena perangkat tersebut bisa mentransfer uang ke hampir semua orang, bahkan ke berbagai macam negara mana pun.

Itulah beberapa informasi sebelum memulai bisnis online shop tanpa modal. Dengan memperhatikan beberapa poin di atas, maka saat ingin memulai bisnis tersebut pun akan lebih mudah.