Daftar Istilah dan Pengertian Bisnis Online Yang Wajib Dipahami

0
413

Dalam dunia bisnis online, ada beberapa istilah atau pengertian yang mungkin tidak dipahami oleh mereka yang merupakan pemula. Mengapa pengertian bisnis online ini perlu untuk dipahami alasannya adalah agar kita juga tidak tampak sebagai pedagang pemula yang mungkin malah dapat membuat kita salah. Lalu apa sajakah pengertiannya dari dunia bisnis online tersebut? Berikut beberapa istilah beserta pengertian yang sering dijumpai di dunia bisnis online.

1. K

Istilah K ini biasanya mengikuti suatu angka yakni seperti 100K. K tersebut diartikan sebagai seribu dengan jumlah 3 buah nol atau 000. Maka dari itulah dalam pengertian bisnis online ini 100K berarti 100 ribu.

2. WA

Pengertian bisnis online selanjutnya adalah WA. WA disini merupakan singkatan dari aplikasi chatting online yakni Whatsapp. Jadi apabila konsumen anda menanyakan nomor WA maka itu berarti anda perlu memberikan nomor telepon anda yang sudah terdaftarkan di WA.

3. Ongkir

Selanjutnya ada Ongkir yang merupakan singkatan dari Ongkos Kirim. Ongkos Kirim ini bisa dicek di situs pengiriman paket. Hal ini penting untuk mengecek ongkos kirim produk karena anda harus menambahkannya pada harga barang anda.

4. Nego

Pengertian bisnis online lainnya adalah Nego yang merupakan kependekan dari negosiasi. Negosiasi ini berarti anda dapat mengajukan atau menerima penawaran harga tertentu sehingga mencapai kesepakatan baru.

5. Sold Out

Pengertian bisnis online selanjutnya adalah Sold Out yang dalam bahasa Indonesia berarti habis terjual. Anda dapat menuliskan kata ini di toko online anda atau akun toko online anda ketika barang yang anda jual habis.

6. Available

Pengertian bisnis online yang merupakan lawan dari Sold Out adalah Available. Available berarti barang yang anda sediakan masih tersedia stoknya.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Untung

7. Slow Respon

Selanjutnya pengertian bisnis online yang sering digunakan adalah slow respon atau lengkapnya adalah slow response. Anda bisa menggunakan istilah ini apabila anda sedang tidak dapat secara cepat membalas pesanan atau membalas chat. Bisa karena anda sedang beristirahat atau mungkin anda sedang mengurus pesanan sebelumnya. Slow respon ini memiliki istilah lawannya yakni quick respon.

8. Item / pcs

Selanjutnya ada istilah untuk satuan dari barang yang dibeli. Istilah yang digunakan bisa item atau per barang dan juga pieces yang juga berarti sama. Misal ada konsumen akan membeli 5 item atau 5 pieces itu artinya anda harus menyediakan 5 buah produk.

9. Price List

Pengertian bisnis online lainnya yang juga sering digunakan yakni Price List. Price List sendiri berarti daftar harga yang mana memuat harga dari produk anda. Namun apabila anda hanya menjual satu jenis produk saja, maka anda sepertinya tidak perlu menuliskan atau mengumpulkan price list.

10. PM

Pengertian bisnis online lainnya yang juga sering digunakan adalah PM. PM ini merupakan singkatan dari Private Message yang mana berarti anda perlu untuk mengirimkan chat pada konsumen atau sebaliknya. Pembahasan melalui PM berarti anda tidak perlu menuliskan di kolom komentar. Alasannya bisa saja agar lebih nyaman dan aman dalam memberikan informasi tertentu. Istilah ini sering dilakukan dalam jual beli online melalui Media Sosial.

11. SCDD

Pengertian bisnis online selanjutnya adalah SCDD yang mungkin masih jarang dibaca. SCDD bukanlah singkatan dari bahasa Inggris melainkan bahasa Indonesia yakni Siapa Cepat Dia Dapat. Biasanya istilah ini diberikan untuk barang yang stoknya terbatas. Jadi, gunakan SCDD ini pada waktu tertentu saja.

Baca Juga :  Pilihan Bisnis Online Mudah dari Rumah

12. On Model

Selanjutnya ada istilah On Model yang mana pengertian bisnis nya adalah apa yang dipesan oleh konsumen, khususnya untuk warna dipilih sesuai dengan modelnya.

13. COD

Pengertian bisnis selanjutnya yang juga banyak dan sering digunakan adalah COD atau Cash On Delivery. COD ini merupakan salah satu sistem pembayaran yang mana pembayaran dilakukan bersamaan dengan datangnya barang. Hal ini seringkali dipilih oleh konsumen agar konsumen merasa nyaman dengan barang yang dia pesan. Konsumen takkan membayar apabila barang tidak sesuai pesanan dan barang kembali pada penjual.

14. TRF/TF/XFR

Selanjutnya istilah yang sering digunakan pada jual beli online adalah TRF, TF atau XFR. Ketiga singkatan ini merupakan singkatan dari transfer yang mana seringkali ditanyakan melalui bank apa.

15. Full Payment

Pengertian bisnis selanjutnya adalah Full Payment. Full Payment ini berarti pembayaran penuh atau pembayaran yang harus dilunasi terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu sistem pembayaran yang mana seperti sistem lainnya seperti COD atau Credit.

16. Stock Opname

Pengertian bisnis ini tidak ada hubungannya dengan rumah sakit. Stock Opname memiliki arti mengecek stock barang secara keseluruhan. Biasanya ini digunakan oleh supplier yang masih mencari stok sebelum menerima pesanan.

17. PO

Selanjutnya ada PO yang merupakan singkatan dari Pre Order. Pre Order artinya konsumen harus memesan barang terlebih dahulu sebelum stock barang datang. Sistem PO ini umumnya digunakan saat barang yang akan dijual merupakan barang yang pertama kali datang atau sedang melakukan proses restock dan agar tidak kehabisan konsumen bisa melakukan PO.

18. DP

DP adalah singkatan dari Down Payment yang dalam pengertian bisnis online berarti uang muka. DP juga terkait dengan PO dimana konsumen harus membayar sejumlah uang sebelum melakukan proses PO.

Baca Juga :  Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun

19. Hit and Run

Selanjutnya ada istilah Hit and Run yang merupakan pengertian bisnis online bagi konsumen yang memesan namun tidak kunjung melakukan transfer dana dan kemudian kabur. Istilah ini mirip dengan kasus tabrak lari yang mana pelaku langsung kabur melarikan diri. Anda bisa meletakkan istilah ini di bagian deskripsi produk untuk memperingatkan pengunjung agar tidak hit and run.

20. Refund

Selanjutnya yang juga menjadi istilah yang digunakan dalam jual beli barang secara online adalah refund. Refund memiliki pengertian bisnis online berarti pengembalian dana. Biasanya refund ini dilakukan apabila konsumen tidak puas dengan produk yang dipesan, seperti karena tidak sesuai dengan apa yang dipesan atau mengalami kerusakan. Refund ini dilakukan apabila produk juga dikembalikan pada pihak penjual sehingga dapat dikatakan transaksi gagal.

Itulah 20 istilah dan pengertian bisnis online yang sering dipakai dalam bisnis online. Pengertian ini terus berkembang yang bahkan juga menggunakan istilah kata bahasa daerah atau bahasa gaul. Beberapa contohnya adalah seperti CLBK yang dulunya berarti Cinta Lama Berseri Kembali namun oleh para penjual online diplesetkan sebagai Chat Lama Beli Kagak. Contoh lainnya adalah Japri yang merupakan istilah Jaringan Pribadi.

Dengan anda membaca beberapa pengertian bisnis online tersebut maka anda yang masih merupakan pemula dapat beradaptasi dengan istilah istilah campuran dari bahasa asing maupun bahasa daerah. Semoga pengertian-pengertian tersebut bisa anda pahami.