8 Tips Memilih Bisnis Online Shop Untuk Peluang Usaha

0
66

Bisnis online shop adalah salah satu bisnis yang bisa dibilang sangat populer saat ini. bagaimana tidak, bisnis yang membutuhkan jaringan internet ini kini semakin dimanjakan dengan jaringan internet yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Alhasil pangsa pasar bisnis ini pun juga semakin membesar dimana smartphone atau gadget lainnya yang juga memanfaatkan internet semakin menjamur.

Karena bisnis online shop yang juga menjamur, maka dari itu bisa dibilang anda juga akan memiliki lebih banyak pesaing yang mana bisa mempengaruhi bisnis anda apabila anda tidak menerapkan strategi yang sesuai. Oleh karena itulah, penting untuk anda dalam menentukan strategi dalam bisnis online ini. Berikut ini ada 8 tips memilih bisnis online untuk anda kembangkan. Semoga bisa meningkatkan penjualan anda selanjutnya.

1. Tentukan Produk Yang Masih Memiliki Pangsa Pasar Besar

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam bisnis online shop adalah dengan menentukan produk apa yang masih memiliki pangsa pasar besar. Sebaiknya anda menghindari bisnis meskipun itu merupakan bisnis online dengan kemudahan promosi dan penjualan. Produk dengan pangsa pasar yang kecil ini bukan berarti produk yang tidak populer di pasaran. Produk yang populer pun terkadang dapat memiliki pangsa pasar yang kecil.

Seperti contoh adalah penjualan gadget seperti smartphone. Meskipun produk smartphone ini merupakan produk yang populer dan sangat banyak dicari oleh pembeli, namun penjual dari produk ini sangatlah banyak dan juga diisi oleh penjual-penjual dengan modal besar. apabila anda ingin melanjutkan bisnis ini, maka ada baiknya jika anda menjual produk smartphone ini secara offline.

2. Tentukan Pangsa Pasar

Selanjutnya yang juga perlu diperhatikan saat memilih bisnis online adalah juga dengan memilih atau menentukan pangsa pasar anda sendiri. Pangsa pasar yang terlalu luas cakupannya juga bisa berdampak negatif untuk promosi anda. Karena anda disini tidak dapat menentukan karakteristik dari produk yang anda jual.

Baca Juga :  Mengapa Berbisnis Online Dan Alasan Bisnis Online 2019 Anti Mainstream

Karakteristik dari bisnis online shop anda dapat menjadi sebuah poin promosi yang baik yang akan memungkinkan untuk lebih dikenal oleh konsumen. Seperti misalnya adalah produk anda dikenal murah atau bisnis anda dikenal cepat untuk dilakukan pengiriman. Oleh karena itulah, penting bagi anda menentukan pangsa pasar sebelum anda mulai untuk mempromosikan produk anda.

3. Sesuaikan Dengan Modal Anda

Selanjutnya yang juga menjadi tips dalam memilih bisnis online shop adalah dengan mengetahui berapa besar modal anda dan juga apa yang sesuai dengan jumlah modal anda tersebut. Hal ini penting agar anda juga memiliki dana atau sedikit dari modal anda untuk promosi. Memang banyak promosi gratisan yang bisa dipilih namun promosi yang berbayar juga memilik dampak yang lebih baik daripada promosi gratis.

Tidak sedikit bisnis online shop yang tidak membutuhkan modal dana yang besar seperti bisnis dropshipper. Namun, jangan tergiur dengan awalnya saja karena anda juga harus dapat memperhatikan dua poin diatas yakni menentukan produk apa dan juga pangsa pasar yang mana yang akan anda sasar nantinya.

4. Memiliki Kredibilitas

Selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan sebelum memilih bisnis online shop adalah dengan memilih supplier dengan kredibilitas yang baik. Tidak sedikit penipuan yang dilakukan oleh pemilik toko online dan anda jangan sampai juga ikut terjerat didalamnya. Apalagi jika anda juga berperan untuk mempromosikan produk dari supplier yang tidak memiliki kredibilitas.

Oleh karena itu, selain penting juga bagi anda untuk memiliki dan menjaga kredibilitas, anda juga wajib memilih suplier atau partner yang juga memiliki kredibiltas agar produk yang anda tawarkan nantinya juga memiliki peluang besar untuk berkembang semakin jauh.

Baca Juga :  Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Sederhana

5. Jangan Mudah Tergiur

Selanjutnya yang juga anda perlu lakukan saat memilih bisnis online shop anda adalah jangan mudah tergiur dengan iming iming yang jauh dari realita. Seperti misalnya anda ditawarkan untuk menjual sebuah pakaian yang memiliki harga yang murah meski merupakan produk dari brand ternama. Pelajari brand tersebut termasuk dengan produknya yang mana bisa saja produk yang ditawarkan dengan harga murah tersebut merupakan produk palsu atau tiruan.

Anda juga sebaiknya tidak mudah tergiur untuk bergabung dengan penawaran bisnis online shop yang menawarkan keuntungan tinggi seperti contohnya bisnis MLM. Bisnis MLM ini memang tidak selalu negatif, namun memiliki sistem yang sulit bagi anda yang baru ingin bergabung dengan bisnis online shop.

6. Rating dan Testimoni

Meskipun seringkali dua hal ini diremehkan, namun rating dan testimoni terhadap suatu bisnis online shop sangatlah penting. Dari situlah kita bisa melihat karakteristik suatu bisnis online. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa rating dan testimoni dalam suatu bisnis online bisa dibuat-buat atau bahkan merupakan rating dan testimoni palsu, namun sistem juga dapat menghindari hal ini.

Baca baik baik rating dan juga testimoni dari bisnis online shop sebelum anda memilihnya sebagai supplier untuk peluang usaha anda nantinya. Mengapa demikian? Karena meskipun ada testimoni yang bisa saja palsu, akan ada juga testimoni asli yang memberikan nilai lebih atau bahkan nilai minus dari bisnis tersebut yang tersimpan oleh sistem.

7. Banyak Memiliki Member atau Rekanan

Dalam memilih bisnis online shop yang terpercaya, salah satu tips atau ciri yang bisa ditemukan dalam suatu bisnis adalah dengan banyaknya klien, member atau rekanan yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Hal itu merupakan jaminan yang bisa dibilang positif karena itu artinya bisnis tersebut dipercaya oleh banyak orang.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Banyak Modal

Hal tersebut akan semakin meyakinkan apalagi dalam rekanan yang sekarang ada tersebut sudah terjalin semenjak lama. Itu artinya rekanan tersebut masih mempercayai bisnis online shop terrsebut meski mungkin dan pastinya pernah ada kesalahan atau miskomunikasi diantara pihak pemilik toko maupun pihak konsumen yang ingin memesan barang.

8. Informasi Yang Jelas

Selanjutnya yang juga menjadi salah satu poin dalam memilih bisnis online shop adalah dari informasi bisnis tersebut. Sebuah perusahaan yang baik atau perusahaan dengan bisnis yang baik pasti tidak akan mempermasalahkan apabila ada informasi seperti nomor telepon atau alamatnya diletakkan dalam kolom informasi. Hal tersebut bisa menjadi promosi pula apabila ada pihak yang berkeinginan untuk datang langsung ke lokasi produksi.

Namun, akan aneh jika sebuah perusahaan tidak ingin informasi tersebut diketahui oleh kliennya atau bahkan oleh calon pembeli atau konsumen. Informasi yang tersembunyi inilah yang perlu anda garis bawahi dari sebuah bisnis online shop sebelum anda memutuskan bekerjasama seperti menjadikannya sebagai supplier dari produk anda.

Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan sebelum memilih bisnis online shop yang bisa anda jadikan sebagai rekanan usaha atau supplier untuk produk anda nantinya.