Manfaat Serta Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Dicoba

0
1646
bisnis ibu rumah tangga

Masa kini peran ibu rumah tangga tidak hanya sebagai pengurus rumah tangga saja, namun banyak diantaranya memutuskan untuk berbisnis. Salah satu motif mereka tentunya untuk menambah penghasilan. Namun disamping itu bisnis bagi ibu rumah tangga ternyata banyak membawa manfaat. Berikut manfaat serta ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

Manfaat Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

Zaman sekarang berbisnis memberikan peluang pada siapa saja yang ingin menjalankan. Baik anak sekolah, anak kuliah maupun ibu rumah tangga. Inilah manfaat yang akan didapatkan bila seorang ibu rumah tangga melakukan bisnis :

1. Mengasah Potensi

Dalam hal ini aktivitas ibu rumah tangga tidak hanya berpusat pada mengurus rumah tangga saja. Namun skill dapat diasah melalui berbisnis. Misalnya dalam hal marketing, ketrampilan khusus seperti menjahit, membuat kue dan lainnya. Selain dapat menghasilkan uang, potensi diri juga dapat tersalurkan dengan baik.

2. Lebih Pandai Dalam Memanajemen Keuangan Keluarga

Ibu rumah tangga yang sedang menekuni bisnis pasti mengerti sulitnya mencari uang. Mereka cenderung mampu memanajemen keuangan keluarga dengan baik. Dengan begini keuangan keluarga akan selalu terjaga dan mampu berjalan dengan baik.

3. Secara Tidak Langsung Mengajari Anak-anak Untuk Berbisnis

Ibu rumah tangga yang kebetulan telah memiliki anak, berbisnis juga menjadi bahan pengajaran untuk anak-anak. Misalnya dengan berjualan dapat mengajari mereka untuk berinteraksi dengan pembeli. Dengan begitu anak-anak tidak akan menjadi pemalu. Selain itu mereka akan lebih menghargai uang karena ikut terjun langsung untuk mendapatkannya.

4. Keuangan Keluarga Menjadi Lebih Stabil

Manfaat berbisnis bagi ibu rumah tangga adalah yang pasti bisa menghasilkan pendapatan sendiri di luar pemberian suami. Secara otomatis perekonomian keluarga akan tetap stabil. Hal ini dikarenakan sumber keuangan keluarga tidak hanya berasal dari pihak suami saja, tapi dari pihak istri juga.

5. Menjadi Wanita Mandiri

Ibu rumah tangga yang berbisnis juga mampu menjadi pribadi yang mandiri. Oleh karena dapat menghasilkan uang sendiri, ketika menginginkan sesuatu untuk dibeli bisa langsung gunakan uang sendiri. Tidak perlu lagi meminta pada suami.

Baca Juga :  Hal Yang Perlu Dipersiapkan Dan Kriteria Bisnis Online Pemula

6. Menciptakan Keluarga Yang Sejahtera

Banyak kasus keluarga yang kurang sejahtera seperti kriminalitas, perceraian karena masalah keuangan dan hal buruk lainnya. Saat ibu rumah tangga yang ikut membantu keuangan keluarga dengan berbisnis, kemungkinan hal buruk tersebut tidak akan terjadi. Kesejahteraan keluarga sangat penting diupayakan serta berkaitan dengan kesehatan, pendidikan serta kecukupan papan, sandang dan pangan.

7. Sarana Menyalurkan Passion

Menjadi ibu rumah tangga sangat disayangkan bila waktu hanya dihabiskan dengan hal – hal yang kurang produktif. Lebih baik waktu digunakan untuk berbisnis. Salah satunya dengan menyalurkan passion yang dimiliki menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Dengan begini akan lebih bermanfaat dan bangga bisa menjalankan usaha sendiri sesuai passion.

8. Memperbanyak Wawasan

Ketika berbisnis, secara otomatis mengharuskan untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang. Seperti berhubungan dengan konsumen, atau sesama pebisnis lainnya. Dengan begitu akan semakin mengenal banyak orang. Wawasan juga makin luas karena ketika berbisnis akan banyak melalui proses belajar. Selain itu juga dapat memberikan banyak pengalaman yang baru.

9. Memperkecil Resiko Dalam Rumah Tangga

Membina sebuah keluarga tidak bisa lepas dari berbagai masalah yang beresiko. Misalnya suami gagal dalam usahanya atau kebetulan harus keluar dari pekerjaan. Saat itu pasti keuangan keluarga ikut terganggu. Namun jika istri berbisnis, resiko tersebut setidaknya dapat diminimalisir. Bisa mengandalkan penghasilan dari bisnis istri ketika keuangan keluarga sedang kurang baik.

10. Dapat Menjadi Insiprasi Wanita Lain

Ketika memutuskan menjadi ibu rumah tangga yang juga berbisnis, tidak menutup kemungkinan bahwa usaha yang dirintis akan makin sukses. Saat bisnis yang dirintis sukses, bisa juga menjadi inspirasi wanita lain yang juga ibu rumah tangga untuk mencoba menekuni bisnis tersebut.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga di masa kini tidak hanya terbatas pada mengurus rumah dan mendidik anak saja. Namun bisa juga sambil berbisnis karena dapat memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba

Baca Juga :  Bisnis Tanpa Modal, Pilihan Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

1. Membuka Tempat Les

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba adalah membuka tempat les untuk anak-anak yang tinggal di sekitar rumah. Hal yang paling penting ketika menjalankan bisnis ini adalah kemampuan akademik yang benar-benar harus mumpuni. Tidak hanya les akademik saja namun bisa juga ketrampilan lain misalnya les alat musik atau menjahit.

Jika suatu hari bisnis ini banyak peminatnya bisa diupayakan untuk memperbesar usaha dengan mencari tenaga pendidik lain untuk membantu mengajar.

2. Bisnis Tanaman

Bagi yang gemar berkebun dan merawat tanaman bisa mencoba salah satu ide bisnis ibu rumah tangga ini.  Bisa dimulai dengan menjual tanaman hias yang saat ini mulai banyak peminatnya. Selain tanaman hias, tanaman herbal juga bisa menjadi pilihan. Biasanya tanaman herbal ini banyak digunakan untuk keperluan dapur seperti bumbu masak.

Pemasaran dapat ditujukan pada tetangga, kenalan atau teman. Jika memungkinkan bisa juga dicoba dengan menawarkan secara online atau mengikuti pameran tanaman hias yang banyak digelar.

3. Jasa Pengetikan Dan Fotokopi

Mengetik sejumlah pesanan dapat menjadi ide bisnis ibu rumah tangga. Bisnis ini dapat dilakukan saat waktu senggang setelah selesai mengurus rumah. Selain pengetikan, bisa juga dengan membuka jasa fotokopi. Bisnis ini akan semakin menguntungkan bila lokasi tempat usaha misalnya rumah sendiri berada dekat dengan sekolah, kampus atau perkantoran.

4. Membuka Pom Bensin Kecil

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba yaitu dengan membuka pom bensin kecil atau biasa disebut pertamini. Bisnis ini cukup berpeluang karena masa kini semua telah memakai kendaraan bermotor. Akan semakin menguntungkan bila rumah yang menjadi tempat usaha kebetulan berada jauh dari pom bensin besar.

Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, yakni di depan rumah memasang alat penampungan BBM kecil yang sudah dibeli sebelumnya. Kemudian segera mengurus surat izin usaha agar terdaftar menjadi bisnis yang sudah legal.

Baca Juga :  Peluang Usaha Minuman, Bisnis Strategis dengan Keuntungan yang Manis 

5. Bisnis Membuat Bumbu Kemasan Siap Jadi

Bisnis membuat bumbu masakan siap jadi cukup menguntungkan. Dengan aktivitas tinggi para ibu rumah tangga masa kini, banyak diantara mereka menggunakan bumbu siap pakai untuk memasak. Sayangnya yang dijual di pasaran lebih banyak mengandung pengawet. Peluang ini bisa dipakai yaitu membuat bumbu masak siap pakai dengan bahan asli tanpa pengawet.

Coba membuat bumbu siap pakai untuk masakan soto, rawon atau masakan lainnya. Bisa ditawarkan pada tetangga, rekan, teman atau secara online.

6. Pembuatan Parsel

Ada banyak pembuatan parsel yang diperuntukkan dalam berbagai hal. Misalnya hantaran pernikahan, parsel bingkisan hari raya, natal dan lainnya. Kunci sukses dari bisnis ini adalah membuat produk yang unik dan mengkombinasikannya dengan harga kompetitif. Barang yang biasa dibuat parsel biasanya berupa makanan, pakaian, atau barang pecah belah.

Jenis barang untuk parsel juga umumnya telah disiapkan oleh customer, jadi hanya tinggal menyiapkan keranjang serta wadah khusus parsel serta bahan untuk menghiasnya. Disini tinggal pintar pintar menghias dan menjadikannya parsel unik sehingga terlihat lebih menarik.

7. Bisnis Mengolah Sampah Dan Barang Bekas

Mengolah sampah dan barang bekas menjadi barang yang lebih bernilai juga merupakan salah satu ide bisnis ibu rumah tangga. Kunci sukses menjalankan bisnis ini adalah ketrampilan dan kreativitas yang tinggi. Bisnis ini tergolong tidak perlu modal yang besar bahkan tidak membutuhkan sama sekali karena memanfaatkan barang bekas.

Misalnya memanfaatkan kain perca atau baju yang sudah tidak terpakai menjadi tudung saji, penutup tv atau kulkas. Bisa juga dengan memanfaatkan botol minuman bekas untuk bunga penghias meja dan lainnya. Gunakan media online untuk memasarkan produk-produk tersebut.

Itulah uraian beberapa manfaat dari ibu rumah tangga yang menekuni bisnis. Selain itu terdapat juga contoh ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba.