Alasan Memilih Serta Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

0
2762
usaha dengan modal kecil

Seperti kita tahu sampai saat ini banyak orang yang masih ragu memulai bisnis karena masalah modal. Padahal banyak usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan saat ini. Hal tersebut bisa menjadi solusi terutama bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha. Untuk yang penasaran, simak penjelasan berikut ini.

Alasan Memilih Usaha Dengan Modal Kecil

Selain usaha yang modalnya besar, tentu ada juga usaha yang bisa dijalankan meski dengan modal kecil sekalipun. Ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin merintis bisnis dari nol maupun yang masih pemula. Dan berikut akan dijelaskan kenapa bisa memilih usaha yang modalnya kecil. Diantaranya:

1. Biaya Pengeluaran Lebih Bisa Ditekan

Alasan memilih usaha dengan modal kecil yang pertama tentu untuk menekan biaya pengeluaran. Hal ini jelas karena umumnya orang memilih bisnis modal kecil karena diberatkan pada jumlah modal yang dimiliki. Meski begitu usaha modal kecil sekalipun jika dikerjakan sistem yang baik justru bisa berkembang menjadi bisnis besar.

2. Meminimalisir Utang

Selain bisa menekan biaya pengeluaran untuk modal, memilih usaha dengan modal kecil juga bisa meminimalisir utang. Seperti kita tahu sampai saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa pebisnis harus memiliki banyak modal. Teori itulah yang sering menjadi momok bahkan memaksa orang untuk berhutang.

Padahal bisnis bisa dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Modalnya pun bisa sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Untuk itu hilangkan statemen bahwa bisnis harus punya uang karena jika ada niat dan usaha semua yang diinginkan pasti terwujud.

3. Bisa Membuka Usaha Sesuai Keahlian

Alasan lainnya kenapa orang lebih memilih memulai bisnis dengan modal kecil adalah karena memiliki keahlian tertentu. Keahlian ini bisa didapatkan dari kursus maupun secara otodidak. Dan biasanya jika bekerja pada perusahaan, keahlian yang dimiliki tidak digunakan 100%. Bahkan yang paling buruk adalah tertekan oleh sistem kerja.

Baca Juga :  Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian Dan Keuntungan Menjalankannya

Jika mengalami hal semacam ini cobalah membuka usaha sesuai keahlian. Tidak perlu menyewa tempat kalau di rumah pun bisa menjalankan usaha yang diinginkan. Selain bisa menciptakan sistem kerja sendiri, usaha juga bisa menjadi tolak ukur sejauh mana orang bisa mengembangkan mentalnya.

4. Peluang Pasar Masih Terbuka

Seperti kita tahu, selera konsumen di pasaran jelas beraneka ragam. Tidak semua orang melirik produk atau barang yang mahal. Dari situlah bisnis modal kecil bisa dijalankan. Selain itu jika sesuai dengan selera pasar, bisnis yang dijalani juga pasti akan berkembang dengan baik.

5. Bisa Melihat Progress Bisnis Secara Terstruktur

Alasan lainnya kenapa orang bisa memilih usaha dengan modal kecil adalah bisa melihat progress bisnis yang dijalani. Selain itu jika menjalankan usaha dari 0 maka akan lebih merasakan apa itu perjuangan. Tidak hanya itu, jika kelak bisnis yang dijalani berkembang dengan baik, maka akan ada kepuasan sendiri bagi pelakunya.

Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Keuntungan Besar

Setelah memahami alasan mengapa bisa mencoba usaha yang modalnya kecil, kini kita masuk ke jenis usaha yang bisa dijalankan. Meski terbilang modalnya kecil, nyatanya beberapa usaha ini cukup menjanjikan. Dan berikut diantaranya:

1. Membuka Warung Makan

Usaha dengan modal kecil yang pertama adalah membuka warung makan. Seperti kita tahu di kota besar saat ini jarang sekali orang yang punya waktu untuk memasak. Dan beberapa diantaranya lebih memilih untuk membeli di warung agar lebih praktis.

Melihat hal tersebut, membuka warung makan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain harganya yang terjangkau, variasi menu juga perlu diperhatikan. Dengan jeli melihat selera konsumen, maka bisnis warung sederhana pun bisa menjadi bisnis warung yang besar.

Baca Juga :  Kriteria Dan Rekomendasi Usaha Yang Menguntungkan Saat Ini

2. Bisnis Jasa Cuci Sepatu

Seperti kita tahu saat ini sepatu bisa dibilang kebutuhan manusia yang cukup penting untuk menunjang penampilan. Tidak heran jika tingkat penjualan baik produk impor maupun lokal terus mengalami peningkatan. Selain menjual, pernahkah terpikir untuk membuka jasa cuci sepatu? Jika belum cobalah untuk melirik bisnis menjanjikan ini.

Hal tersebut dikarenakan sepatu sangat rentan terhadap kotoran. Bahkan beberapa orang tidak ada waktu untuk membersihkan alas kaki kesayangan mereka. Nah, melihat fenomena ini tentu bisnis jasa cuci sepatu adalah usaha yang menjanjikan. Cara promosinya pun mudah yaitu bisa memanfaatkan media sosial atau website yang dimiliki. Menarik bukan?

3. Membuka Jasa Loundry

Selain sepatu, jasa loundry pakaian juga termasuk bisnis yang menjanjikan saat ini terlebih jika tinggal di perkotaan. Dimana orang di perkotaan sering tidak ada waktu untuk mencuci baju. Melihat hal tersebut jasa loundry pakaian bisa dijadikan sumber penghasilan yang menguntungkan.

Meski sering dilihat membutuhkan modal besar, bisnis loundry nyatanya juga termasuk usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan saat ini. Hal tersebut menguntungkan terutama bagi mereka yang memiliki mesin cuci sendiri. Selain cuci dan setrika, sediakan pula jasa antar jemput agar minat pelayanan lebih variatif.

4. Usaha Rental Playstation

Usaha lainnya yang bisa dijalankan meski dengan modal kecil adalah membuka rental Playstation. Seperti kita tahu kecenderungan anak bermain game masih tinggi saat ini. Hal tersebut tentu bisa menjadi peluang bisnis dengan membuka rental Playstation. Selain modal yang bisa dibilang terjangkau, bisnis ini juga bisa dijalankan di rumah.

5. Menjual Produk Handmade

Punya keahlian membuat produk handmade? Jika iya cobalah menekuninya sebagai sumber penghasilan. Ini dikarenakan sampai saat ini masih banyak orang yang lebih menyukai produk handmade karena keunikannya. Untuk itu dengan sistem promosi yang baik dan model produk yang unik, tentu bisnis ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Baca Juga :  Bisnis Terbaru 2019 Yang Bisa Dicoba

6. Jasa Penitipan Sepeda Motor

Punya lahan tak terpakai? Jika iya, cobalah memanfaatkannya sebagai bisnis jasa penitipan sepeda motor. Ini tentunya menguntungkan bagi mereka yang ada tinggal di dekat stasiun, terminal, maupun pusat keramaian di kota. Dengan pelayanan yang baik dan tingkat keamanan yang bagus, bisnis ini bisa mendatangkan rupiah setiap harinya.

7. Usaha Cutting Sticker

Selain beberapa jenis usaha yang sudah dijelaskan, masih ada jenis usaha dengan modal kecil lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya usaha cutting sticker. Meski terlihat sederhana, jangan remehkan bisnis yang satu ini.

Selain tidak membutuhkan modal besar, bisnis ini bisa dipelajari secara otodidak. Tidak hanya jasa cutting saja, bisa juga menambah jasa desain sticker custom. Dengan hasil pengerjaan dan pelayanan yang bagus, tentu usaha ini bisa menjadi lahan penghasilan yang bagus.

8. Usaha Cetak Sablon

Dari beberapa usaha yang sudah dijelaskan, masih ada jenis usaha lainnya yang tidak memerlukan modal besar yaitu usaha cetak sablon. Selain cetak, bisa juga membuka jasa  pembuatan desain custom. Dengan usaha keras dan inovasi, bisa saja bisnis ini akan berkembang dengan baik dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Berdasarkan penjelasan diatas sudah sangat jelas selain melakukan usaha dengan modal besar, seseorang juga bisa mencoba usah yang modalnya kecil. Selain itu beberapa jenis usaha dengan modal kecil tersebut bisa dicoba bagi pemula sekalipun. Dengan inovasi dan terus berusaha, tentu bisnis yang dijalani akan berkembang dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.