6 Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar

0
1298

Siapa bilang berbisnis harus dimulai setelah mendapatkan gelar Sarjana? Orang orang tanpa pendidikan khusus pun ternyata dapat berbisnis tak terkecuali bisnis online. Alasannya? Karena bisnis online dapat dipelajari secara otodidak atau mandiri sehingga dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Apalagi bisnis online saat ini yang mengandalkan internet sehingga dapat menekan biaya modal hingga tanpa modal sekalipun. Nah, untuk anda yang masih dalam usia pelajar atau masih bersekolah maupun kuliah. Berikut ini ada beberapa bisnis online terbaik untuk pelajar yang semoga dapat memberikan inspirasi untuk membuka peluang usaha sendiri. Berikut ulasannya.

1. Jualan di Marketplace

Di era internet seperti sekarang ini, tempat berjualan yang ada seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Shopee, dan masih banyak lagi memberikan kemudahan bagi pembeli dan penjual untuk bertransaksi tanpa harus bertemu. Media berjualan tersebut diciptakan tak hanya untuk mempermudah orang mencari barang yang diinginkan juga untuk mempermudah penjual untuk menjual barangnya sehingga terjadi transaksi jual beli antara pihak satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, akan sia sia apabila kamu tidak pernah memanfaatkan fasilitas tersebut termasuk para pelajar yang mungkin hanya memiliki modal kecil. Nah, fasilitas ini memungkinkan untuk kamu membangun bisnis kecilmu. Lalu apa yang akan dijual? Kamu bisa menawarkan produk yang dijual di toko sebagai suplier dan kamu mengambil keuntungan disitu. Berjualan di marketplace adalah salah satu pilihan bisnis online terbaik yang bisa kamu pilih.

2. Dropship

Selanjutnya yang menjadi salah satu bisnis online terbaik adalah dengan sistem dropship. Nah, memang yang satu ini lebih bnayak menguntungkan karena seringkali tidak membutuhkan modal banyak. Bagi yang belum mengerti apa itu dropship, dropship adalah sistem bisnis dengan cara menjualkan produk orang lain dengan harga yang lebih tinggi dengan harga yang ditawarkan supplier. Selisih dari harga tersebut itulah yang akan menjadi keuntungan kamu. Sedangkan supplier adalah orang yang memasok barang/penyetok barang.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Anda dengan Bisnis Online Terlaris Ini

Sistem dropship ini masih bisa dikatakan populer hingga saat ini, lho. Salah satu alasannya memang karena bisnis online terbaik ini tidak perlu menggunakan modal yang banyak. Apabila kamu ingin memulai untuk mencoba bisnis dropship ini, caranya sangatlah mudah. Yang terpenting adalah kamu dapat mencari supplier dengan harga yang cocok kemudian ambil semua post atau barang yang tersedia atau ready, lalu promosikan ke marketplace atau website kamu. cara termudah lainnya adalah dengan melalui media sosial yang pastinya kamu menguasainya.

3. Menjadi Blogger

Salah satu bisnis online terbaik yang juga masih sangat diminati hingga sat ini adalah dengan cara membuat blog atau menjadi blogger. Memang kamu mungkin akan membutuhkan sedikit usaha dan juga kesabaran dalam membangun blogmu. Hanya saja ketika kamu berhasil mencapai semua tantangan tersebut, pundi pundi uang yang tidak sedikit akan datang kepadamu.

Dalam bisnis online terbaik melalui blogger kamu hanya perlu mengisi dengan artikel dan konten yang menarik. Apabila blog kamu menarik dan banyak dikunjungi oleh netizen, kamu dapat melakukan monetisasi dengan memanfaatkan Google Adsense. Jika sudah sampai disini, yang perlu kamu lanjutkan adalah bagaimana mempertahankan agar blogmu selalu dapat menarik pengunjung.

Selanjutnya kamu juga perlu mengoptimalisasinya menggunakan SEO atau search engine optimization. Memang hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan, namun tidak sedikit mereka yang sukses dengan terus belajar dan mencari informasi sebagai salah satu kuncinya.

4. Youtuber

Sedikit sama dengan blogger hanya saja dalam media video, YouTuber adalah salah satu bisnis online terbaik yang bisa kamu coba. Di jaman sekarang ini pasti hampir semua orang mengenal YouTube dan mereka yang populer di YouTube bahkan dapat mengalahkan popularitas dari selebirti atau artis sekalipun. Youtube adalah salah satu ruang dari para content creator yang kreatif untuk menuangkan segala ide, bakat dan ekspresinya dalam dunia video yang mana kemudian YouTube tersebut menjadi tempat mencari pundi-pundi uang.

Baca Juga :  Bisnis Menguntungkan Tanpa Modal Banyak

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, YouTube dapat menghasilkan uang dengan sistem yang hampir sama seperti blogger. Caranya tentu saja dengan melakukan monetisasi yang mana juga harus menggunakan google adsense. Akan tetapi, banyak yang merasa bahwa untuk melakukan monetisasi melalui YouTube ini sedikit lebih sulit karena syaratnya adalah anda harus memiliki channel dengan 1000 subscriber serta 4.000 jam tayang.

Namun, mengingat kepopuleran YouTube, rasanya bagi mereka yang memang berniat untuk berbisnis disini adalah hal yang cukup mudah. Kamu bisa mengisi channelmu dengan berbagai video ngevlog, rekaman main game, ataupun sekedar membuat video lucu yang akan mengundang banyak penonton. Apabila video kamu itu viral sehingga banyak yang nonton, pendapatan dari monetisasi tersebut serta popularitas akan datang padamu.

5. Membuka Jasa Design Grafis

Tak hanya berjualan dan mengandalkan blog atau YouTube saja yang dapat diandalkan sebagai peluang bisnis online terbaik atau peluang usaha untuk pelajar. Ada juga bisnis dengan membuka jasa desain grafis yang juga dapat kamu ikutsertakan dalam kompetisi grafis. Dengan kamu menjadi seorang designer grafis, kamu akan memenuhi kebutuhan tidak hanya bagi perorangan saja melainkan juga bagi perusahaan yang mana jelas apabila pesanan tersebut baik hasilnya pun juga akan baik.

Dalam bisnis online terbaik desain grafis ini bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari desain logo, banner, website template, edit photo, dan juga beberapa lainnya. Hanya saja untuk bisnis dengan keuntungan yang tidak sedikit ini kamu harus banyak belajar dan juga banyak mencari ide. Untuk modalnya bisa kamu sebut saja aplikasi desain seperti photoshop, corel draw, after effect yang wajib kamu pelajari dan kuasai.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bisnis Online Terpecaya Bagi Pemula

6. Cari Followers Untuk Peluang Endorse

Selanjutnya yang juga dapat menjadi salah satu bisnis online terbaik adalah dengan menjadi selebgram. Hal ini bukan ide atau cita-cita yang naif karena ini merupakan adalah ide yang tepat untuk kamu yang masih pelajar atau mahasiswa yang mana kamu dianugerahi memiliki paras cantik.  Dengan memanfaatkan kelebihan tersebut, isilah secara rajin akun Instagrammu yang kemudian kamu dapat menambah jumlah followers yang banyak, serta engagement atau hubungan yang baik dengan para followers.

Tidak perlu menunggu, kamu bisa memposting foto dengan produk yang kira-kira dapat menarik para pemilik produk. Apabila menarik maka kamu akan dihubungi sebagai endorser mereka. Oleh karena itulah daripada hanya sekedar bermain saja, perbanyak followers aktif serta jaga engagementmu agar memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan endorse.

Nah itulah ke enam bisnis online terbaik yang bisa kamu lakukan meskipun kamu masih berstatus sebagai pelajar maupun mahasiswi atau mahasiswa. Yang terpenting adalah kemauan serta keinginan untuk terus belajar dan menambah berbagai pengalaman dan pembelajaran yang bahkan tidak ada di sekolah maupun di kampus. Sukses selalu!