Kriteria Dan Jenis Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Yang Cocok Dijalani

0
157
Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Mencari pekerjaan di zaman sekarang ini tidaklah mudah. Lapangan pekerjaan yang disediakan pemerintah maupun pihak swasta kurang cukup untuk menutupi jumlah tenaga kerja di Indonesia. Nah, bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan untuk membantu suami dalam meningkatkan finansial rumah tangga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti membangun bisnis online. Berikut ini adalah Kriteria dan Jenis Bisnis Online Ibu Rumah Tangga yang cocok dilakukan:

Kriteria Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga (IRT)

Ibu rumah tangga pasti memiliki kesibukan sendiri untuk mengurus rumah, suami, dan anak-anak. Kesibukan itu merupakan kewajiban ibu rumah tangga pada umumnya. Oleh karena itu tidak semua bisnis cocok dijalankan bagi ibu rumah tangga. Berikut ini ada beberapa kriteria yang kira-kiranya cocok dan aman dijalankan bagi ibu rumah tangga. Inilah perincian dan penjelasan kriteria bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga.

1. Bisnis Yang Dibutuhkan Oleh Semua Orang

Kriteria pertama yang harus dipenuhi sebelum membangun bisnis online adalah harus masuk kedalam bisnis yang banyak dibutuhkan oleh semua orang. Apabila bisnis tersebut hanya sesekali dicari oleh orang lain dan keberadaannya tidak memiliki banyak manfaat sebaiknya jangan dijalankan. Carilah bisnis yang sekiranya selalu dibutuhkan oleh orang lain dan mempunyai banyak peminatnya.

2. Bisnis Yang Dijalankan Tidak Musiman

Umumnya bisnis yang mengalami gulung tikar atau bangkrut terjadi karena pemilik bisnis tersebut salah perhitungan atau tidak menganalisis terlebih dahulu apakah bisnis itu tepat dijalankan untuk jangka panjang atau hanya musiman saja.

Bisnis Online di bidang sandang, pangan, dan papan bisa dipilih karena banyak variasi dan jenisnya. Untuk menentukan bisnis tersebut tahan lama mungkin bisa dilakukan riset.

3. Memiliki Minat Terhadap Bisnis Tersebut

Minat adalah hal yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis. Jika dari awalnya sudah  tidak menyukai bisnis tersebut pasti untuk kedepannya akan susah mengembangkan bisnis itu. Orang yang mengawali bisnisnya karena ada ketertarikan terhadap suatu usaha akan berbeda dengan orang yang mengawali bisnis karena suatu paksaan atau suruhan orang lain.

Baca Juga :  Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun

Menurut survey yang dilakukan, orang yang memulai bisnisnya karena hobi akan berusaha setotalitas mungkin dalam menjalani bisnis itu. Pebisnis yang mengembangkan usahanya karena satu jalur dengan minat pasti akan berusaha mati-matian untuk memajukan bisnis tersebut sehingga apapun rintangan pasti akan bisa dihadapi.

4. Bisnis yang Tidak Terikat Waktu

Kehidupan seorang ibu rumah tangga pasti akan sibuk dalam membersihkan rumah, mengurus keperluan suami, dan juga anak. Oleh karena itu, kriteria bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga yakni bisnis yang akan dijalani tidak terikat oleh waktu. Carilah bisnis yang bisa dikerjakan di sela-sela kesibukan sehingga tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Bisnis online dengan sistem paruh waktu juga bagus untuk dicoba. Misalnya seperti bisnis online shop, cobalah untuk mengatur jam pelayanannya hanya berlaku dari jam tujuh pagi sampai jam sebelas siang. Selain bisa mengurus keperluan rumah, ibu rumah tangga juga dapat menjalankan bisnis di rumah tanpa terikat waktu.

5. Paham Akan Bisnis Yang Akan Dijalani

Kriteria bisnis online ibu rumah tangga selanjutnya adalah harus memahami bisnis yang akan dijalankan. Jika seorang pebisnis tidak paham akan usaha tersebut maka untuk mengembangkannya akan susah. Pengusaha harus belajar bagaimana cara menyikapi suatu masalah dengan berbagai solusi, mengetahui kelebihan bisnis tersebut, mengetahui cara kerjanya.

Seorang pebisnis haruslah menganalisis dengan cermat peluang bisnis yang akan dijalani. Hal ini berfungsi untuk menimalisirkan kerugian besar yang didapati saat berbisnis. Jika pebisnis tidak paham bisnis tersebut, maka bisa jadi akan mudah ditipu oleh rekan kerja ataupun bawahan. Membaca buku dan melihat pengalaman orang lain dalam berbisnis dapat membantu meningkatkan kualitas skill bisnis.

Baca Juga :  Yuk Mulai Bisnis Online Via Hp Tanpa Modal Dengan Mudah

5 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga waktu akan lebih banyak dihabiskan di rumah. Walaupun begitu, ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan uang yaitu dengan berbisnis online. Nah, Setelah mengetahui kriteria yang cocok dan tepat untuk menjalani bisnis online bagi ibu rumah tangga, Berikut ini akan dijelaskan mana saja jenis bisnis online yang memenuhi kriteria bisnis untuk ibu rumah tangga:

1. Mendirikan Bisnis Handmade

Bisnis pertama yang cocok bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuat kerajinan tangan atau handmade lalu dijual secara online. Kenapa bisnis ini masuk ke dalam kategori diatas? Hal ini karena bisnis handmade dapat dilakukan kapanpun tanpa terikat waktu. kerajinan rajutan bisa menjadi pilihan ibu rumah tangga. Selain bisa membuat pesanan pelanggan, ibu rumah tangga juga dapat membuatkan bandana lucu untuk anaknya.

2. Membuat Bisnis Minuman Sehat dan Segar

Minuman adalah kebutuhan pokok bagi banyak orang selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, Bisnis minuman sangat banyak variasinya mulai dari minuman sehat maupun minuman yang segar seperti milkshake, jus buah, racikan jamu, dan lain-lain. Membuat minuman juga tidak memerlukan waktu yang banyak, oleh karena itu bisnis ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga.

3. Membangun Bisnis Dropship

Dropship merupakan metode penjualan online tanpa menyetok barang dan mengirim barang. Orang yang menjalani bisnis dropship hanya melakukan tugas pemasaran barang serta mendata pembeli yang ingin memesan produk tersebut.

Saat melakukan dropship harus dibutuhkan seorang supplier yang bertugas mengirim barang yang telah dipesan. Bisnis ini sangat mudah dilakukan bagi ibu rumah tangga.

4. Menjadi Admin Online Shop

Bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang admin di online shop. Bisnis ini terbilang cukup praktis dan mudah dikerjakan. Mengapa begitu? untuk menjadi seorang admin tidak diperlukan waktu yang banyak.

Baca Juga :  Peluang Usaha Tanpa Modal Ini Sangat Menjanjikan, Kamu Harus Baca Ini

Cukup dengan memantau dari monitor barang yang akan dipasang di website. Selain itu, admin juga bertugas dalam mengecek barang yang masuk, membalas chat, melakukan rekap kiriman dan lain-lain.

5. Menjadi Ambassador Sebuah Brand

Apa itu ambassador? ambassador adalah wajah dari sebuah perusahaan yang akan diwakili. Tugas ambassador adalah memperkenalkan produk perusahaan kepada masyarakat, mempromosikan produk perusahaan, serta membangun citra yang baik bagi perusahaan. Menjadi ambassador ternyata bisa dilakukan secara online seperti endorse atau paid promote yang dilakukan para selebgram.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki media sosial dengan jumlah pengikut ratusan ribu atau hanya ribuan dapat menjalani bisnis endorsment ini. Bisnis endors tidak hanya melibatkan perusahaan ternama namun juga online shop yang baru saja berkembang. Disinilah tugas brand ambassador untuk memasarkan produk dari perusahaan ataupun online shop sekalipun.

Menjalani sebuah bisnis ataupun mengembangkan bisnis tersebut haruslah diiringi dengan tekat yang kuat dan konsisten terhadap bisnis itu. Janganlah mudah terpengaruh terhadap bisnis musiman yang merajalela.

Tetap fokus dengan goals atau pencapaian yang ingin diraih. Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang memiliki optimisme yang tinggi. Itulah penjelasan mengenai kriteria dan 5 jenis bisnis online ibu rumah tangga yang cocok dijalani.