5 Langkah Membuka Bisnis Online Untuk Pemula

0
91

Peluang usaha yang dapat dikembangkan melalui keberadaan internet sangatlah luas. Anda bisa menjadi pedagang, content writer, profesional dan lainnya. Namun, seringkali ada juga pemula yang gagal atau tidak dapat berkembang. Oleh karena itu, sebagai dasar ada beberapa langkah yang harus dipenuhi sebelum anda yang masih menjadi pemula membuka bisnis anda. lalu apa sajakah langkah tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Namun sebelum kita memulai dengan langkah membuka bisnis online untuk pemula, ada baiknya jika kita mengetahui apa yang membuat bisnis online untuk pemula ini cukup laris diminati saat ini.

  1. Bisnis online cenderung mudah. Meskipun sebenarnya perlu manajemen yang baik pula dalam mengatur keuangannya. Jikalau tidak, apapun bisnisnya takkan berkembang.
  2. Bisnis online juga cenderung instan, anda bisa saja tiba-tiba ingin berjualan sesuatu di media sosial dan anda tidak perlu waktu lama untuk mempersiapkannya. Namun, persiapan matang juga dibutuhkan untuk pengembangan usaha anda kedepan.
  3. Bisnis online cenderung lebih diminati konsumen ketimbang bisnis konvensional. Alasannya adalah karena dengan sistem online ini konsumen tidak perlu bertemu penjual, bisa dilakukan dimana saja dan memperkecil jarak.
  4. Bisnis online juga diminati karena konsumen dapat memilih lebih banyak pilihan daripada masuk dalam toko dengan produk yang terbatas. Oleh karena itulah promosi yang dibutuhkan juga harus lebih matang penuh perhitungan dan juga tepat sasaran agar upaya promosi anda tidak sia sia.

Nah, sekarang kita mulai 5 langkah membuka bisnis online untuk pemula yang semoga dapat mengantar mereka yang ingin membuka bisnis online.

1. Memahami Sistemnya

Yang paling awal dan harus dipahami oleh anda pertama kali dalam membuka bisnis online untuk pemula adalah dengan memahami sistem dari bisnis online tersebut. Ada beberapa sistem bisnis online yang paling banyak diminati di tanah air seperti contohnya adalah dropship. Sistem dropship banyak dipilih karena memiliki modal kecil meski usaha anda harus keras. Namun apabila anda memahami sistemnya, dijamin anda akan terus mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :  Selalu Rugi Ketika Bisnis? Sudah Tahu Peluang Usaha yang Menguntungkan Ini?

Hal ini juga penting dipahami untuk sistem bisnis lainnya yang mana pasti diberikan kesempatan untuk memahaminya terlebih dahulu sebelum memulai untuk menawarkan atau mempromosikan produknya ke konsumen yang ada.

2. Survey Produk

Yang kedua sebagai langkah bisnis online untuk pemula adalah tentu saja dengan mencari produk apa yang nantinya akan lebih dekat. Carilah produk yang kira-kira dibutuhkan masyarakat saat ini, kekinian dan juga memiliki kualitas yang baik. Setelah anda melakukan survey, anda bisa mulai mencari produk yang sesuai baik di sisi harga maupun di sisi yang sesuai dengan keinginan atau standar jualan anda.

Setelah anda mendapatkan produk, anda bisa melakukan survey apakah produk tersebut dapat diterima dan yang terpenting adalah apakah produk tersebut akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Jika iya nantinya produk dibutuhkan maka nantinya akan banyak yang akan membeli produk anda, namun jika kurang diminati maka penjualan juga bisa terlalu lama.

3. Mencari Supplier Tepat dan Juga Murah

Baik sistem dropship ataupun sistem reseller, kunci dari anda agar mampu untuk bertahan di tengah pasar adalah dengan mencari supplier tepat yang menjual produknya secara murah. Mengapa? Karena dengan supplier yang tepat dan terpercaya anda tidak akan kehilangan kualitas dari produk jualan anda. Dan yang terpenting adalah anda tidak akan mendapatkan harga yang sudah ditambahkan oleh reseller lainnya. Padahal disini anda harus bersaing untuk mendapatkan konsumen dan harga dari produk anda pun bisa berubah-ubah.

Apabila anda mendapatkan harga produk terendah, maka anda bisa melakukan penjualan dengan harga yang lebih fleksibel dengan mengikuti pasaran. Mengapa kita harus mengikuti pasaran? Tentunya berhubungan dengan promosi atau penawaran spesial. Ini menjadi langkah penting bagi bisnis online untuk pemula.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Untung

4. Membuat Rekening Bank

Langkah ke empat ini dapat mengikuti kemampuan anda yakni berapa dari dana yang anda miliki sehingga cukup untuk membuat rekening bank. Hal ini penting karena anda harus memiliki rekening bank yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Memang akan lebih baik jika anda memiliki beberapa rekening bank sekaligus agar pembeli atau konsumen mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi.

Namun, sebagai langkah awal anda bisa mengandalkan satu rekening saja. Anda bisa mengembangkan jumlah rekening yang anda miliki menjadi dua atau tiga buah rekening dari bank yang berbeda. Sebagai tips tambahan, ada baiknya jika rekening pribadi anda berbeda dengan rekening untuk anda berjualan. Pasalnya dengan dua rekening yang berbeda, maka manajemen keuangan diantara keduanya akan lebih mudah. Tanpa itu, anda akan kesulitan untuk memilah mana uang hasil penjualan dan mana uang yang didapatkan dari pekerjaan utama anda.

5. Mulai Promosi

Langkah terakhir yang harus anda lakukan setelah langkah-langkah diatas sudah terpenuhi adalah dengan mulai melakukan promosi. Promosi yang bisa dilakukan pun di berbagai media sosial seperti Instagram, facebook, twitter dan juga lainnya. Umumnya memang kita lebih familiar dengan aplikasi media sosial. Namun jangan lupa juga untuk berusaha untuk bergabung dengan e commerce yang ada di tanah air.

Nah, setelah memilih media yang tepat, promosi juga perlu dilakukan dengan kreatifitas tertentu yang mana juga dengan melihat pasar. Apabila produk anda dikucilkan karena belum dikenal, anda dapat melakukan pendekatan secara personal seperti yang dilakukan Sales Promotion Girl hanya saja pendekatan ini mungkin bisa dilakukan melalui chat atau mention atau bahkan lainnya yang memungkinkan namun tetap tidak mengganggu kenyamanan konsumen.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Banyak Modal

Itulah ke lima langkah bagaimana memulai bisnis online untuk pemula yang bisa anda ikuti atau bisa anda jadikan landasan untuk membuka bisnis anda. Sedangkan untuk bentuk dari bisnis online tersebut sendiri anda bebas memilih apakah anda lebih suka memilih sistem dropship yang minim modal ataukah sistem reseller yang lebih dapat meyakinkan pelanggan untuk melakukan transaksi.

Selain sistem dropship dan reseller, masih ada sistem bisnis yang sebenarnya bisa untuk dipilih. Namun mengingat karena ini digunakan sebagai pedoman bagi mereka yang masih pemula, maka dua jenis bisnis online yang digunakan adalah sistem reseller produk ataupun sistem dropship barang atau produk.

Semoga 5 langkah membangun bisnis online untuk pemula tersebut dapat memberikan manfaat bagi anda. sukses selalu dan jangan menyerah dengan penawaran anda kepada konsumen. Terakhir, jangan pernah berhenti untuk terus belajar tentang bagaimana melakukan survey pasar, survey pembeli, kecenderungan pembelian barang, hingga promosi apa yag dibutuhkan oleh masyarakat dan yang lainnya. Tentu saja agar toko atau bisnis online anda selalu dipercaya dan dibutuhkan oleh konsumen anda sehingga anda memiliki langganan untuk hal tersebut.