Alasan Memilih Bisnis Dengan Modal Kecil Serta Macam-Macamnya

0
1336
bisnis dengan modal kecil

Memiliki bisnis bukan lagi hal yang sulit. Meskipun telah bekerja sebagai karyawan tidak ada salahnya mencoba berbisnis. Saat ini sudah banyak bisnis dalam berbagai ranah yang dapat dijalankan. Baik bisnis berbentuk online maupun offline, lakukan mulai dari sekarang apa mampu dijual. Tidak perlu menunggu modal banyak, memulai bisnis dengan modal kecil mulai marak dilakukan.

Mengapa Memilih Bisnis Modal Kecil?

Berbisnis tidak hanya menambah tambahan uang, memiliki bisnis juga dapat digunakan sebagai tabungan dan kesibukan masa tua. Banyak ilmu yang didapatkan seorang pebisnis yang tidak diperoleh saat menjadi pekerja atau karyawan. Berikut ini 5 alasan mengapa memilih bisnis modal kecil :

1. Dapat Belajar Melakukan Pengaturan Keuangan Lebih Bijak

Menjadi pebisnis berarti telah berani memutuskan untuk membangun perusahaan bagi diri sendiri. Bagi pemula yang menjalani bisnis dengan modal kecil hal keuangan adalah yang paling krusial dan perlu pengaturan yang lebih bijak. Maka dari itu, dengan berbisnis berarti belajar melakukan pengaturan dan pengelolaan uang dengan lebih bijak.

2. Dapat Berinovasi Dan Mengikuti Tren

Yang juga perlu diketahui seorang pebisnis yaitu selalu berinovasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan pebisnis untuk terus berinovasi agar dapat mengikuti perkembangan trend. Sangat penting untuk melakukan pembaruan produk ataupun jasa agar pelanggan tidak beralih ke produk yang lain. Menjadi pebisnis berarti telah belajar untuk terus berinovasi.

3. Bisa Belajar Gigih Dan Tidak Menyerah

Segala sesuatu yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan yaitu selalu gigih dan tidak mudah menyerah. Seorang pengusaha tidak hanya sekali atau dua kali nantinya akan mengalami penolakan saat menjalani usahanya, maka dari itu juga perlu kegigihan. Saat menjadi karyawan tentu tidak akan mendapatkan ilmu ini, dengan menjadi pebisnis akan belajar untuk selalu semangat dan tidak menyerah.

4. Bisa Membuka Lapangan Kerja Baru

Hal yang paling penting mengapa harus berbisnis, karena dengan berbisnis juga mengurangi jumlah pengangguran. Bisnis yang memiliki prospek bagus tentu ingin berkelanjutan hingga ke depannya. Sehingga tentu akan membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia dan membuka lapangan pekerjaan.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Macam-Macam Bisnis Dengan Modal Kecil

Banyak sekali macam bisnis dengan modal kecil yang dapat dipilih. Mulai dari bidang kuliner, bidang fashion, hobi bahkan hingga pelayanan jasa. Tak perlu menunggu mahir saat menjalankan karena ketika kita mulai berbisnis dengan sendirinya kemahiran dapat terpelajari. Berikut ini macam bisnis dengan modal kecil yang dapat dicoba :

1. Katering Makan Pagi (Sarapan) Untuk Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang memiliki kesibukan kian padat, terkadang kewalahan untuk mengatur menu sarapan. Membeli makanan yang jaraknya jauh juga memerlukan waktu, sehingga membuka usaha makanan katering mahasiswa menjadi salah satu solusinya

Mendirikan bisnis catering untuk sarapan mahasiswa tidak perlu tempat atau lahan yang besar. Dana juga demikian, hanya tunggu berapa jumlah pemesan baru, dapat memasaknya. Modal yang dikeluarkan juga minim karena satu hari, modal akan kembali dalam waktu satu. Beberapa juga dapat menerapkan pembayar di depan sebagai bentuk kepastian atau keseriusan.

2. Bisnis Baju Online

Bisnis ini kian marak akhir-akhir ini. Perkembangan fashion telah menggeluti masyarakat. Tidak hanya wanita, para pria pun ikut serta update dalam hal fashion. Fashion sudah menjadi kebutuhan dan terus update sepanjang masa.
Untuk memulai usaha ini juga cukup mudah, bahkan beberapa memulai tanpa modal sama sekali. Jika tanpa modal dapat menjualkan barang orang atau dengan menjadi reseller.

Menjadi reseller cukup menarik, dan menghasilkan untung yang lumayan jika ditekuni. Atau memilih memasok barang di rumah dengan menjadi dropship. Dropship memang lebih memudahkan customer untuk mendapatkan barang ketimbang reseller. Namun bagi yang memilih bisnis dengan modal kecil menjadi reseller terlebih dahulu tak ada salahnya.

3. Usaha Pemesanan Kue Basah Atau Kering

Usaha ini juga cukup famous terutama di kalangan para ibu-ibu atau wanita. Dari hobi dapat menghasilkan uang dari kegiatan yang menyenangkan. Setelah seharian bekerja, lalu sorenya dapat menyalurkan hobi dengan membuat kue. Marketnya pun cukup luas dapat dijajakan ke teman kantor, ke tetangga, ataupun dititipkan ke pedagang di pasar. Hal yang pasti akan menyenangkan jika bisa melakukan hobi dengan mendapatkan penghasilan.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Kekinian Untuk Mahasiswa

Kue yang dapat dijual bisa berbentuk kue basah atau kue kering. Terkait resep saat ini cukup mudah untuk mendapatkannya. Modal yang digunakan tidak perlu banyak atau berjuta-juta. Atau bagi yang sangat minim dapat juga hanya membuat kue ketika ada pesanan saja. Sehingga bahkan tidak membutuhkan modal, karena saat ada pemesanan, tentu pemesanan akan membayar di awal sebagai DP.

4. Membuka Jasa Pengetikan

Perkembangan teknologi memang kian pesat. Segala sesuatu membutuhkan bentuk digital. Berkirim surat, melamar pekerjaan bahkan tak jarang tugas siswa dan pekerjaan kantor semua digital. Sehingga membuka jasa pengetikan adalah peluang yang menjanjikan.

Cukup menyediakan laptop dan printer, usaha ini sudah dapat dimulai. Tak perlu tempat yang besar pula, hanya halaman depan rumah sudah mampu memulai usaha ini. Jasa pengetikan kadang dibutuhkan oleh pekerja atau pelamar pekerjaan atau sesepuh yang membutuhkan jasa ini. Tak jarang pula mahasiswa juga menggunakan jasa ini untuk mengerjakan tugas akhir.

5. Warung Makan Depan Rumah

Bisnis satu ini masih berkaitan dengan para ibu yang memiliki hobi masak, tapi saat ini juga tak jarang kaum bapak yang pandai masak. Di Indonesia lahan yang luar biasa, di depan rumah saja kita sudah dapat membuka usaha tanpa perlu ijin dan segala hal resmi saat membuka usaha. Membuka warung makan merupakan bisnis dengan modal dan cukup menjanjikan.

Ditambah jika masakan yang dihasilkan pas dengan lidah pembeli, tentu akan banyak pelanggan setia yang akan kembali lagi. Selain itu, kebanyakan para pekerja enggan untuk memasak karena sudah lelah bekerja dan membeli menjadi alternatif yang cukup menjanjikan. Sajikan beragam menu seperti masakan padang dengan varian menu sehingga memudahkan pelanggan untuk berganti-ganti varian

Baca Juga :  Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Dan Fungsinya

6. Jual Aneka Minuman Dalam Bentuk Jus Atau Sop Buah

Selain makanan yang digemari masyarakat yaitu minuman dalam bentuk jus buah. Minuman ini tentu menarik minat banyak orang. Tidak hanya menyehatkan, tentu juga menyegarkan. Apalagi saat siang hari tentu banyak pelanggan yang menginginkan minum yang mampu melegakan tenggorokan.  Tidak perlu membutuhkan banyak keahlian  karena pembuatan jus buah tidaklah susah.

Bisnis dengan modal kecil ini cukup menghasilkan banyak keuntungan jika dijalankan dengan serius. Lokasinya dapat mengandalkan halaman depan rumah. Biasanya paling pas jika berjualan di sekitar sekolah atau dekat kantor. Selain itu modalnya tidak seberapa. Beberapa peralatan seperti blender umumnya dimiliki ibu-ibu di rumah. Hanya perlu membuat gerobak atau membeli etalase agar jualannya terlihat menarik

7. Cuci Motor Atau Mobil

Ide bisnis satu ini lebih cocok untuk para pemuda atau bapak-bapak. Banyaknya jumlah kendaraan membuka peluang usaha yang cukup besar. Terutama membuka usaha cuci motor atau mobil ini. Selain mudah dan tidak membutuhkan keterampilan khusus, usaha ini tidak membutuhkan modal besar.

Hanya perlu beberapa pekerja dan air keran beserta alat pencuci lainnya. Bisnis dengan modal kecil ini dapat dibuka di halaman rumah yang cukup luas. Jika tidak ada maka perlu menyewa halaman atau petak ruko yang mampu menampung mobil dan motor. Bisnis ini cukup menjanjikan dan mampu dijadikan bisnis jangka panjang