Peluang Usaha Bisnis Rumahan Berbasis Jasa Online

0
943

Di jaman sekarang ini kebutuhan akan internet memang semakin tak tergoyahkan. Bahkan bisa dibilang jika kebutuhan akan internet ini menjadi kebutuhan primer sehari-hari. Oleh karena itulah, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan internet ini sebagai media untuk peluang usaha. Apa sajakah peluang usaha bisnis rumahan berbasis jasa online yang bisa kita coba? Berikut ini adalah ulasannya lengkap dengan tipsnya.

1. Jasa Laundry Berbasis Online

Siapa bilang bisnis laundry bukanlah bisnis yang berbasis online? Bisnis laundry konvensional bisa anda ubah dengan bisnis rumahan yang kekinian. Modalnya tentu saja adalah mesin cuci serta kebutuhan mencuci lainnya. Sedangkan untuk basis onlinenya ini adalah anda bisa bekerjasama dengan ojek online untuk melakukan antar jemput pakaian atau bahkan juga pembayaran yang menggunakan transaksi melalui uang digital yang dimiliki oleh ojek online tersebut.

Pemasarannya juga akan sangat mudah karena jasa laundry ini akan selalu nampak di aplikasi ojek online. Namun, anda juga dapat memaksimalkannya dengan menggunakan promosi melalui media sosial ataupun dengan menggunakan poster atau selebaran untuk branding dari jasa laundry berbasis online anda.

Jangan salah, jasa laundry dengan model bisnis seperti ini akan semakin menarik konsumen karena kita memberikan jasa lebih untuk konsumen selain jasa membersihkan pakaian yang sudah pasti konsumen tidak memiliki waktu untuk itu. Jadi, pelajari bagaimana bisnis ini dapat berjalan di kediaman anda.

2. Jasa Pembuatan Website

Tak hanya kaum wanita saja yang bisa membuka bisnis sampingan di rumah. kaum pria juga bisa memilih salah satu dari bisnis rumahan yang cocok untuk mereka yakni seperti jasa pembuatan website. Untuk anda yang sudah menjadi pakar IT tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk anda. namun bagi anda yang belum memiliki keahlian di bidang tersebut, anda bisa mencoba tips berikut:

  1. Pelajari tutorial yang ada, baik di internet maupun di YouTube
  2. Masuk ke komunitas yang berdiskusi tentang pembuatan website, bisa di media sosial maupun di dunia nyata
  3. Beli buku tentang pembuatan website, karena terkadang sulit untuk menemukan tutorial yang lengkap di internet
  4. Mencari tutor yang mau untuk melatih
Baca Juga :  Bisnis Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Laris

Jasa pembuatan website terbilang masih menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Pasalnya modalnya pun tidak terlalu besar. anda hanya membutuhkan akses internet dan juga PC atau laptop untuk menjalankan pesanan pembuatan website tersebut. Memang untuk meraih posisi dimana anda sudah ahli dan meminta bayaran tinggi atas website tersebut, anda harus selalu tekun untuk berlatih dan juga membaca informasi tentang website ini.

Dijamin, dengan pemahaman tersebut anda dapat meraih kesuksesan meski tanpa harus meninggalkan rumah anda.

3. Jasa Desain

Tak selalu berjualan produk berupa pakaian ataupun makanan. Seringkal bisnis rumahan berbasis online juga merupakan bisnis yang berkaitan dengan teknologi seperti salah satunya adalah jasa desain. Untuk jasa desain ini anda memiliki dua kemungkinan yang ada yakni anda menjual atau mengikuti kompetisi desain yang sudah anda, atau anda membuat desainnya sesuai dengan pesanan.

Apabila anda ingin menjadikan bisnis rumahan ini sebagai bisnis sampingan untuk anda, maka sebagai tips akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan pesanan anda. atau jika tidak memugkinkan anda dapat mengerjakan proyek anda tersebut di malam harinya.

Untuk tarif dari jasa desain ini bergantung pada rumitnya desain. Apabila anda hanya diminta untuk mendesain MMT untuk warung makan, anda bisa mematok harga desain Rp. 100.000,- tanpa biaya MMT. Sedangkan apabila untuk desain yang rumit seperti desain undangan, anda bisa meminta biaya desain yang lebih tinggi.

4. Jasa Content Writer

Yang selanjutnya bisa anda pilih sebagai bisnis rumahan yang juga bisa menjadi bisnis sampingan berbasis jasa online adalah dengan menjadi content writer. Ya, content writer atau penulis konten merupakan pekerjaan freelance yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan. Pasalnya sebagai konten writer anda hanya perlu untuk mengirimkan naskah yang sudah anda buat tanpa harus menemui konsumen atau kustomer.

Baca Juga :  Tips dan Ide Peluang Usaha Kecil Rumahan

Umumnya jasa konten writer ini juga dikumpulkan oleh pihak pengepul yang mencari tema tulisan tertentu untuk dikerjakan. Anda tidak perlu mencari pelanggan atau konsumen yang akan menerima tulisan anda. Anda hanya perlu membuat konten sesuai dengan pesanan yang anda terima dan mengirimnya ke pihak pengepul.

Bisnis ini memiliki modal yang sangat minim karena anda tidak membutuhkan uang untuk membuat konten tersebut. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah perangkat yang bisa digunakan sebagai media mengetik dan jaringan internet yang bisa digunakan untuk mengirim konten. Bagaimana? Anda berminat untuk menjadi seorang content writer?

5. Jasa Penerjemah

Selanjutnya yang juga menjadi salah satu bisnis rumahan yang bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan adalah dengan menjadi jasa penerjemah bahasa. Jasa penerjemah ini dilakukan untuk menerjemahkan dokumen tertulis sehingga anda tidak perlu banyak membuang waktu atau meninggalkan rumah untuk bekerja.

Anda bisa ikut ke agen penerjemah atau juga anda bisa membuka jasa penerjemah anda sendiri dengan mengandalkan promosi melalui internet seperti melalui media sosial maupun e commerce. Namun, karena jasa penerjemah ini banyak dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen resmi, anda juga harus lebih serius dan fokus agar bisnis anda ini tetap berjalan dan dapat dipercaya oleh konsumen.

6. Jasa Pengisi Survey

Yang satu ini mungkin belum banyak anda ketahui namun sebenarnya ini memang benar ada. bisnis rumahan berbasis jasa online ini adalah jasa pengisi survey. Seperti yang kita ketahui, terkadang survey dibutuhkan sebagai suatu pertimbangan tertentu. Namun sayangnya tidak semua orang mau untuk mengisi survey tersebut. Pada akhirnya survey tersebut dilakukan dengan menggunakan perusahaan yang membayar jasa pada pengisi surveynya.

Baca Juga :  Sudah Bisnis, Tetapi Gagal Terus? Sudah Coba Bisnis Online Rumahan Ini!?

Nah, anda yang tidak ingin banyak terlalu keluar tenaga namun ingin mendapatkan tambahan pendapatan dapat memanfaatkan kesempatan jasa pengisi survey ini. tercatat ada 7 situs survey online Indonesia yang memberikan kesempatan untuk anda menjadi pengisi survey yakni sebagai berikut:

  1. Viewfruit
  2. YouGov Indonesia
  3. Clixsense
  4. Opinion World
  5. Global Test Market
  6. Mobrog
  7. SurveyOn

Bahkan beberapa survey akan melakukan pembayaran menggunakan dolar yang mana meski tidak terlalu besar namun apabila anda bersabar anda akan mendapatkan tabungan dolar di akun Paypal anda. Atau jika anda tidak ingin menunggu terlalu lama, anda bisa menukarnya dengan pulsa sehingga anda bisa menikmati hasilnya langsung. Tertarik untuk ikut bergabung dengan bisnis ini?

Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha bisnis rumahan berbasis jasa online yang bisa anda lakukan atau anda pilih untuk dilakukan selanjutnya. Semoga sukses dengan peluang usaha anda dan tetap kreatif dalam berwirausaha.